sign up SIGN UP

5 Perubahan Gaya Hidup Sederhana yang Bantu Ratakan Perut Buncit, Yuk Coba dari Sekarang!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 22 Sep 2022 09:30 WIB
5 Perubahan Gaya Hidup Sederhana yang Bantu Ratakan Perut Buncit, Yuk Coba dari Sekarang!
Perubahan gaya hidup yang bantu ratakan perut buncit/Foto: Pexels/Mikhail Nilov
Jakarta -

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menurunkan berat badan, termasuk dalam mengatasi lemak di perut alias perut buncit. Ya, perut buncit memang menjadi masalah pelik yang dialami banyak orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, perut buncit juga bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jika kamu bingung bagaimana cara yang tepat untuk meratakan perut buncit, jangan khawatir, Beauties. Kamu bisa mulai perlahan dengan mengubah gaya hidup. Dirangkum dari Times of India, berikut 5 perubahan gaya hidup yang bisa bantu ratakan perut buncit. Yuk, cari tahu!

Rajin Minum Air Putih

Membiasakan diri minum air putih untuk mulai hidup sehatIlustrasi minum air putih/Foto: Freepik.com/svetlanasokolova

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan, termasuk menghilangkan lemak di area perut. Jika kamu minum air yang cukup, ini juga dapat menghindarkan kamu dari mengonsumsi makanan secara berlebihan. Setidaknya, minum dua gelas air di pagi hari usai bangun tidur. Jangan sampai skip minum air di pagi hari ya, Beauties!

Hindari Makanan Manis

Ilustrasi dessertIlustrasi dessert/ Foto: Freepik/Azerbaijan_stockers

Makanan manis memang nikmat, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan dan menaikkan berat badan. Sering dikenal sebagai 'racun lambat', gula tetap berada di tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama dan sulit untuk dilepaskan. Makanan manis seperti donat, kue, dan cokelat kaya akan lemak tak jenuh yang buruk untuk berat badan.

Konsumsi Makanan Kaya Protein

young attractive asian woman who eatsIlustrasi makan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Makanan yang kaya protein bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena membutuhkan waktu untuk dicerna. Hal ini bisa menekan nafsu makan sehingga kamu terhindar dari makan berlebihan. 

Penelitian juga menemukan bahwa asupan protein tinggi terkait dengan BMI yang lebih rendah, lingkar pinggang yang lebih kecil, dan kadar kolesterol HDL yang lebih baik. Contoh makanan kaya protein yang bisa kamu konsumsi untuk bantu meratakan perut buncit adalah telur, daging tanpa lemak, sayuran hijau, kacang almond, hingga Greek yogurt.

Kurangi Konsumsi Garam

Garam/Foto:Pixabay/@mkupiec7Ilustrasi garam/Foto:Pixabay/@mkupiec7

Garam memiliki natrium yang mengurangi kembung dalam tubuh yang memperlambat metabolisme. Tingkat metabolisme yang lambat bisa membuat kamu kesulitan untuk menghilangkan lemak di perut.

Ahli gizi merekomendasikan untuk makan malam sebelum jam 8 malam. Ini karena metabolisme terus melambat seiring berjalannya hari, sehingga sulit bagi tubuh untuk mencerna makanan tersebut.

Konsumsi Biji-bijian Utuh

Bisa menyajikannya dengan direbus dan dipanggang, namun hindari mengolahnya dengan digoreng.Ilustrasi biji-bijian/Foto: Freepik.com

Biji-bijian utuh sangat serbaguna dan jauh lebih efektif dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan biji-bijian olahan. Roti, biskuit, dan produk lain yang mengandung biji-bijian olahan kurang bermanfaat, tetapi mengonsumsi biji-bijian sangat membantu untuk menurunkan berat badan.

Itulah beberapa perubahan gaya hidup yang bisa kamu terapkan demi mendapatkan perut rata dan tubuh yang sehat. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id