STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

4 Jenis Makanan Ini Rupanya Dapat Memperburuk Kondisi Jantung, Sebaiknya Mulai Dibatasi

Talitha Putik Arawanda | Beautynesia
Kamis, 29 Sep 2022 17:15 WIB
4 Jenis Makanan Ini Rupanya Dapat Memperburuk Kondisi Jantung, Sebaiknya Mulai Dibatasi

Jantung merupakan organ vital dalam tubuh manusia. Karena, jantung berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Sayangnya, menurut data WHO, lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah. Setidaknya, ada sekitar 2.784.064 orang di Indonesia menderita penyakit jantung.

Dengan banyaknya orang yang menderita penyakit jantung, salah satu cara untuk mencegahnya yaitu dengan makan-makanan yang tepat dan gaya hidup yang sehat. Karenanya, mengetahui apa yang harus dihindari juga penting untuk menjaga kesehatan jantungmu.

Oleh karena itu Beauties perlu menghindari beberapa makanan berikut agar jantungmu tetap terjaga.  

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula/freepik.com
Makanan tinggi gula/freepik.com

Siapa yang suka makan-makanan manis? Ternyata makanan manis itu nggak baik lho untuk jantung.

Studi yang terdapat dalam Jurnal JAMA Internal Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi gula lebih dari seperlima kalori harian dapat meningkatkan risiko dua kali lebih besar mengidap penyakit jantung, dibanding mereka yang mengonsumsi makanan sehat dengan kadar gula hanya 10 persen.

Makanan tinggi gula yang perlu Beauties hindari seperti  sereal, kue kering, soda, dan pemanis buatan. Ada favoritmu?

Makanan Tinggi Garam

Makanan Tinggi Garam/Freepik.com
Makanan Tinggi Garam/Freepik.com

Sering mendengar "Jangan kebanyakan garam nanti darah tinggi"? Ternyata ungkapan tersebut ada benarnya lho. Garam merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan risiko kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.

Berdasarkan hasil penelitian Badan Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan hampir setengah dari kasus serangan jantung disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Sehingga tekanan darah tinggi menjadi penyebab utama kematian dan kecacatan pada orang dewasa di seluruh dunia.

Berbagai penelitian pun telah menunjukkan adanya hubungan langsung antara asupan garam dan tekanan darah. Lebih lanjut, penelitian yang telah dipublikasikan di PubMed menunjukkan bahwa pengurangan 4,4 gram dalam asupan garam harian menurunkan tekanan darah sekitar 4,2/2,1 mm Hg.

Daging Olahan

daging olahan / foto : pexels.com/malimaederDaging olahan / foto : pexels.com/malimaeder

Daging olahan seperti sosis dan hot dog dinilai kaya akan lemak jenuh. Selain itu, juga melibatkan jumlah garam yang tinggi. Ini juga merupakan kombinasi yang tidak sehat untuk jantung.

Penelitian yang dilakukan oleh Institutes Health of National menunjukkan bahwa lemak jenuh menyumbang lebih dari setengah kalori dalam daging. Ini dapat meningkatkan kolesterol jahat dan risiko serangan kardiovaskular atau stroke. Ketika Beauties makan daging olahan, jantung perlu bekerja lebih keras untuk memompa darah.

Selain daging olahan, mengonsumsi daging merah juga sebenarnya tidak baik untuk jantung. Daging merah memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Karena itu, kamu sebaiknya memakannya dalam jumlah sedang. Daging tanpa lemak pun bisa menjadi alternatif yang lebih sehat. Beberapa makanan yang menggunakan daging olahan di antaranya pizza, burger, dan roti.

Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak/Freepik.com @stockimagefactorycom
Makanan tinggi lemak/Freepik.com @stockimagefactorycom

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) mengatakan bahwa makanan tinggi lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular, seperti aterosklerosis.

Kita umumnya merasakan hal itu terjadi ketika kita mengonsumsi makanan tinggi lemak dalam waktu lama. Makanan tinggi lemak dapat membawa beberapa perubahan pada sel darah merah, seperti hilangnya elastisitas dalam pembuluh darah dan oksidasi kolesterol lipoprotein densitas tinggi.

Beberapa makanan tinggi lemak yang harus dihindari, di antaranya margarin, mentega, keju, makanan cepat saji dan tentu saja gorengan.

Itu dia beauties makanan yang dapat memperburuk kondisi jantung. Apa yang kamu makan akan mempengaruhi semua aspek kesehatan, termasuk kesehatan jantung. Karenanya mulai sekarang, kamu disarankan untuk makan-makanan sehat dan bergizi agar kondisi jantungmu tetap baik

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE