STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tak Kenal Maka Tak Sayang! Begini Tipe Kepribadian ISFJ, si Pendiam yang Sering Memendam Perasaan

Raudiya Nurfadilah | Beautynesia
Selasa, 28 Sep 2021 13:30 WIB
Tak Kenal Maka Tak Sayang! Begini Tipe Kepribadian ISFJ, si Pendiam yang Sering Memendam Perasaan

ISFJ  (Introvert, Sensing, Feeling, Judging) merupakan salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi pada Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Tipe kepribadian ini dikembangkan oleh Isabel Myers dan Katherine Briggs berdasarkan teori psikoanalisis dari Carl Jung.

Tipe kepribadian ISFJ ini kerap disebut sebagai ‘pelindung’ atau ‘pembela’. Jika kamu memiliki kepribadian ISFJ artinya kamu punya hati yang hangat, bertanggung jawab dan pendiam. Dikutip dari Very Well Mind, tipe ISFJ adalah kepribadian yang paling umum, yakni mencapai 9-14 persen dari populasi manusia di Bumi.

Kayak gimana, ya, tipe kepribadian orang-orang yang memiliki kepribadian ISFJ? Mari kenali lebih dalam, yuk, Beauties!

Berhati-Hati

ISFJ pandai mengingat detail seseorang
ISFJ pandai mengingat detail seseorang/ Foto: Freepik/ Cookie_studio

Biasanya orang yang introvert cenderung lebih pendiam, pengamat yang tajam, dan fokus pada orang lain. ISFJ adalah kepribadian yang sangat perseptif dan pandai dalam mengingat detail tentang orang lain.

Memendam Perasaan

ISFJ sering memendam perasaan
ISFJ sering memendam perasaan/ Foto: Freepik/ Jcomp

ISFJ adalah kepribadian yang sangat peka terhadap emosi dan perasaan orang lain. Meski tipe ini pandai memahami emosinya sendiri, tetapi sering merasa kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya. Alih-alih membagikan perasaan, ISFJ justru lebih banyak memendamnya, karena tipe ini tidak ingin membebani orang lain dengan perasaan dan masalah yang tengah dihadapi.

Orang yang Terstruktur

Kepribadian ISFJ meupakan orang yang terstruktur
Kepribadian ISFJ meupakan orang yang terstruktur/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Orang yang memiliki kepribadian ISFJ cenderung terstruktur dan berusaha untuk mempertahankannya di semua bidang kehidupan. Tipe tersebut berkembang dalam lingkungan  yang sangat terstruktur dan konsisten terhadap petunjuk langkah demi langkah serta tujuan yang jelas.

Kendati begitu, bukan berarti ISFJ tidak bisa beradaptasi dengan kegiatan yang fleksibel, melainkan lebih suka memiliki waktu untuk memikirkan dan mempersiapkan kegiatan tersebut.

Senang Membantu Orang Lain

ISFJ senang membantu orang lain
ISFJ senang membantu orang lain/ Foto: Freepik/ Freepik

Seorang ISFJ akan menempatkan kepentingan orang lain di atas diri sendiri dan merasa paling bahagia ketika bisa membantu orang lain. Mengutip laman Your Tango, karenanya tipe kepribadian ISFJ cenderung tertarik pada karier di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan bidang sosial.

Memilih Teman Berkualitas

ISFJ memiliki sedikit teman
ISFJ memiliki sedikit teman/ Foto: Freepik/ Tirachardz

Tipe kepribadian ISFJ hanya memiliki sedikit teman tetapi berkualitas, artinya teman tersebut dianggap orang yang benar-benar dapat mengerti dan memahami dirinya daripada banyak tetapi tidak ada yang peduli.

ISFJ hanya benar-benar menganggap beberapa orang sebagai teman karena mereka yang selalu ada dalam kondisi apapun

Nah, Beauties, itulah beberapa penjelasan mengenai tipe kepribadian ISFJ. Dari beberapa fakta di atas, apakah ada kepribadian kamu salah satunya?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE