sign up SIGN UP

LIFE

Cara Mengendalikan Emosi Terhadap Hal yang Menyakitkan Hati

Jovita | Selasa, 15 Sep 2020 22:20 WIB
Cara Mengendalikan Emosi Terhadap Hal yang Menyakitkan Hati
caption

Menghadapi orang yang membuatmu sakit hati tentu bukan hal yang mudah, Beautynesian. Namun, kamu tidak boleh terbawa emosi saat menghadapi orang seperti itu.

Penting untuk tetap menjadi elegan dan mengendalikan emosi dengan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosi adalah seperti berikut.

1. Beri jeda waktu

Beri Waktu untuk Sendiri/ Foto: Pexels.com
Beri Waktu untuk Sendiri/ Foto: Pexels.com

Saat menghadapi hal yang membuat sakit hati, jangan langsung meledak-ledak dan meluapkan emosimu kepada orang lain. Saat sedang dalam kondisi emosional, manusia cenderung mengungkapkan dan melemparkan kata-kata kasar atau kalimat jahat tanpa terkendali yang bisa membuat timbulnya perasaan menyesal di kemudian hari.


Oleh karena itu, kamu perlu untuk mengendalikan emosi dengan memberi jeda waktu pada diri untuk diam sejenak. Beritahu pada orang yang ada di sekitar terutama pada orang yang menyakiti hatimu bahwa kamu sedang ingin sendiri dan tidak ingin diganggu. Setelah itu, carilah ruangan yang tenang, duduk dengan santai, tarik nafas panjang kemudian hembuskan. Hal ini akan membantumu untuk menjernihkan pikiran. 

2. Pahami karakter lawan bicaramu

Pahami Karakter Lawan Bicara/ Foto: Pexels.com
Pahami Karakter Lawan Bicara/ Foto: Pexels.com

Hal yang paling penting untuk mengendalikan emosi saat ada orang yang membuatmu sakit hati adalah dengan mengenali lawan bicaramu lebih dahulu. Di dunia ini tentu ada beragam jenis manusia dengan karakter yang berbeda-beda. Ada orang yang berpikir dulu sebelum berbicara, tapi ada juga orang yang berbicara dulu baru berpikir. 

Jika lawan bicaramu sebenarnya adalah orang yang memiliki sifat baik namun sulit peka terhadap perasaan orang lain, maka jangan masukkan perkataan atau tindakannya ke dalam hati. Mungkin saja ia tidak bermaksud untuk menyakiti hatimu, tapi karena ketidakpekaannya sehingga ia melakukan hal tersebut secara tidak sadar. Selain itu, ada juga orang-orang yang sering bertindak kasar namun dibalik itu punya tujuan yang baik. Jadi agar lebih mudah mengendalikan emosi, pahami dulu lawan bicaramu.

3. Jujur dan gunakan bahasa yang baik

Jujur dan Bicarakan dengan Baik/ Foto: Pexels.com
Jujur dan Bicarakan dengan Baik/ Foto: Pexels.com

Jika ada orang, teman, atau keluarga yang terus menerus membuatmu sakit hati padahal kamu sudah coba memaafkan, tapi ia tetap mengulangi terus menerus, maka cara terbaik adalah dengan speak up dan jujur padanya. Saat kamu sudah tenang dan tidak dalam kondisi yang emosional, ajak dia bicara empat mata dan ungkapkan apa yang kamu rasakan atas perbuatannya dengan menggunakan bahasa yang baik atau yang tidak menyinggung.

Hal ini dapat membuatmu lebih tenang dan lebih mudah mengendalikan emosi di masa mendatang. Selain itu, melalui cara ini, kamu juga membantu menyadarkan orang tersebut atas perbuatannya. Sehingga ke depannya, orang tersebut jadi lebih bisa mengerem tindakan serta mencegah kejadian yang sama terulang lagi.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id