
Tanggapi Isu Bullying, Brand Kosmetik CLIO Hapus Foto Stray Kids dari Medsos

Rumor aksi bullying yang dilakukan Hyunjin rupanya turut memberikan dampak bagi grup Stray Kids. Setelah pihak agensi mengungkapkan Hyunjin akan hiatus sementara, kini pihak brand kosmetik CLIO turut memberikan tanggapan.
CLIO Cosmetics merupakan merek kecantikan Korea yang pada awal Februari 2021 lalu memilih Stray Kids sebagai model terbaru merek mereka. Hal tersebut diketahui dari akun Twitter resmi merek @official_CLIO yang mulai membagikan materi promosi menarik, yang menampilkan para anggota Stray Kids, mulai dengan Bang Chan dan Hyunjin.
Isu bullying yang dituduhkan kepada Hyunjin pun membuat merek CLIO terpaksa menghapus foto Stray Kids dari akun media sosial mereka pada 1 Maret 2021 waktu setempat.
Pihak CLIO Cosmetics pun memberikan tanggapan mengenai alasan di balik hilangnya foto Stray Kids dari laman media sosial mereka. Melalui unggahan di akun instagram @clio_official, pihaknya memberikan penjelasan mengenai penghapusan konten dan tindakan di masa mendatang, khususnya terkait kontrak model grup Stray Kids tersebut.
CLIO mengatakan mereka membahas secara menyeluruh situasi yang dihadapi untuk mengambil keputusan yang cerdas tentang masalah tersebut.
![]() |
“Pelanggan CLIO yang terhormat,
Pertama-tama kami ingin meminta maaf atas keterlambatan tanggapan merek kami terhadap kontroversi seputar model anggota Stray Kids.
Segera setelah kontroversi, CLIO telah menghentikan semua promosi yang menampilkan model tersebut. Agensi model menghubungi kami dan menjelaskan bahwa proses verifikasi mereka mungkin memerlukan waktu beberapa saat. Karena itu, kami meminta semua distributor kami di Korea dan di seluruh dunia untuk berhenti menggunakan konten apa pun yang menampilkan model tersebut,” tulis CLIO dalam akun instagramnya.
Pihak CLIO Cosmetics pun meminta maaf kepada para pelanggan terkait keputusan tersebut.
“Kami mohon maaf jika, dalam proses ini, kami telah menyebabkan ketidaknyamanan pada siapa pun. CLIO saat ini sedang meninjau kontrak pemodelan. Kami akan membahas secara menyeluruh situasi yang dihadapi untuk mengambil keputusan yang cerdas tentang masalah tersebut. Saat kami mencapai kesepakatan, kami akan memberi tahu Anda tentang perubahan pada promosi di masa mendatang,” tambahnya.
Di akhir penjelasannya, pihak CLIO juga menuturkan jika seluruh konten yang berhubungan dengan Stray Kids telah dihapus dari laman akun media sosial mereka.
“Semua konten yang dibuat oleh Stray Kids hingga kontroversi telah dihapus, kecuali di beberapa distributor yang disebutkan di atas. CLIO akan terus bekerja sama dengan pelanggan setia merek untuk memberikan layanan terbaik. Terima kasih,” tutupnya.
Ini bukan pertama kalinya tuduhan terhadap seorang model memengaruhi merek kosmetik. Faktanya, merek Korea dengan cepat menanggapi kontroversi. Menurut sudut pandang bisnis, setiap kontroversi berdampak langsung pada penjualan mereka dan mereka ingin meminimalkan kemungkinan efek samping.