STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Tanpa Disadari, 9 Karakter Perempuan Disney Ini Dobrak Stereotip Tentang Perempuan! Ada Favorit Kamu?

Retno Anggraini | Beautynesia
Selasa, 24 Jan 2023 20:00 WIB
Tanpa Disadari, 9 Karakter Perempuan Disney Ini Dobrak Stereotip Tentang Perempuan! Ada Favorit Kamu?
Karakter perempuan Disney yang pecahkan stereotip perempuan/Foto: Pinterest.com/Seventeen

Untuk kamu penggemar Disney, pastinya kamu sudah tahu kalau setiap karakter perempuan Disney memiliki perbedaan masing-masing, dari karakter lama maupun karakter baru. Beberapa perbedaan itu meliputi kepribadian, motivasi, dan penampilan mereka. 

Namun seperti apa pun perbedaannya, setiap karakter layak untuk kita kagumi. Tidak hanya itu, beberapa di antaranya juga merupakan feminis yang menentang standar kecantikan secara tidak terduga. Siapa saja? Berikut daftarnya sebagaimana dilansir dari Brightside.

Bianca - Reflect

Karakter perempuan Disney yang pecahkan stereotip perempuan
Bianca/Foto: Instagram.com/cozyvibe.gr

Bianca merupakan karakter plus size utama pertama yang didebutkan oleh Disney. Sosok Bianca memiliki masalah dengan dysmorphia tubuh, penyakit mental yang menyebabkan orang melihat dirinya secara tidak akurat atau negatif. Namun alih-alih membiarkan dysmorphia mendefinisikan dirinya, Bianca kembali fokus untuk mengejar dan mencapai hal-hal dalam hidup yang membuatnya merasa cukup, yaitu menjadi balerina.

Moana - Moana

Karakter perempuan Disney yang pecahkan stereotip perempuan
Moana/Foto: Instagram.com/opal.stars

Merupakan seorang putri Polinesia, Moana berusaha untuk menyelamatkan rakyatnya dari kegelapan. Kisah Moana memang terdengar klise, mirip seperti kisah putri Disney yang lain.

Namun, Moana dianggap unik karena dia bertanggung jawab atas hidupnya sendiri dan tidak bergantung pada orang lain. Dia memimpin dengan memberi contoh dan membuktikan bahwa perempuan-perempuan muda dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan.

Merida - Brave

Karakter perempuan Disney yang pecahkan stereotip perempuan
Merida/Foto: Pinterest.com/Tita Ferreira

Merida merupakan sosok yang kuat dan mandiri. Ketika dipaksa menikah untuk kepentingan politik, Merida menolak pernikahan tersebut. Karakter Merida memberikan pesan kepada kita bahwa kita tidak harus diberitahu apa yang ingin kita lakukan. Kita adalah orang yang membuat keputusan untuk diri kita sendiri. Selain itu, Merida mencintai rambut ikalnya yang dinilai unik dibandingkan karakter Disney yang lain.

Mulan - Mulan

Karakter perempuan Disney yang pecahkan stereotip perempuan
Mulan/Foto: Pinterest.com/FARMVILLE

Tidak memiliki saudara pria dalam keluarganya, Mulan memutuskan menyamar menjadi pria agar bisa masuk ke medan perang. Dia berhasil mengesankan prajurit lain dengan menyelamatkan hidup mereka dengan keberanian dan keterampilan yang tidak dapat ditandingi oleh siapa pun.

Dengan kekuatan seperti itu, tidak heran mengapa Mulan menjadi sosok yang begitu menginspirasi perempuan di mana pun. Dia mengajari kita bahwa kita dapat melakukan apa pun yang ada dalam pikiran kita.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE