sign up SIGN UP

Terkenal Baperan, Ini 4 Sisi Baik Kepribadian Melankolis yang Tersembunyi dan Jarang Diketahui

Retno Wulandari | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 16:00 WIB
Terkenal Baperan, Ini 4 Sisi Baik Kepribadian Melankolis yang Tersembunyi dan Jarang Diketahui
caption
Jakarta -

Secara psikologis, kepribadian terbagi menjadi empat jenis yaitu koleris, sanguinis, phlegmatis, dan melankolis. Di antara empat jenis kepribadian tersebut, melankolis dikenal paling sensitif dan mudah galau.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Herbert W. Helm Jr menunjukkan bahwa kepribadian melankolis memiliki sifat mudah gelisah, cukup emosional, moody, dan sensitif. Selain sifat tersebut, melankolis juga memiliki sisi baik yang tersembunyi, lho. Dilansir dari Better Help, berikut jawabannya!

Suka Menganalisa

Tidak banyak yang tahu bahwa orang yang memiliki kepribadian melankolis sangat suka menganalisa masalah, situasi, dan jalan keluar. Mereka akan melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda-beda. Dalam situasi seperti mengambil keputusan, kepribadian melankolis sangat cocok untuk diandalkan.

Karena dapat melihat dan menganalisis apa yang akan terjadi, tidak heran jika orang-orang melankolis sangat ahli dalam perencanaan, pengorganisasian, dan pemecahan masalah.

Kepribadian melankolis
Ilustrasi kepribadian melankolis / Foto: Freepik @volodymyr-t

Kreatif

Sisi baik dari kepribadian melankolis berikutnya adalah kreatif. Yup, berkat kemampuan analisis yang dimiliki, mereka memiliki ide yang out of the box. Dengan kreativitas ini, mereka cocok bekerja sebagai seniman, musisi, atau penulis.

Tidak hanya dalam memecahkan masalah, kepribadian melankolis juga cenderung kreatif dalam menunjukkan perhatian dan kasih sayangnya kepada orang terdekat, lho.

Kepribadian melankolis
Ilustrasi kepribadian melankolis / Foto: Freepik @federcap

Perfeksionis

Seseorang dengan kepribadian melankolis cenderung perfeksionis. Mereka menginginkan segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana yang diinginkan. Hal ini bertujuan agar mereka bisa mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

Sebaliknya, jika hasilnya ternyata tidak sesuai dengan harapan, perasaan mereka akan terluka dan marah. Namun, mereka bukan pribadi yang mudah menunjukkan kemarahan di depan banyak orang.

Kepribadian melankolis
Ilustrasi kepribadian melankolis / Foto: Freepik @tirachardz

Rela Berkorban

Pribadi melankolis bukanlah tipe yang suka perhitungan saat melakukan kebaikan. Mereka melakukan kebaikan dengan sangat tulus, khususnya kepada orang yang mereka sayangi. Selain itu, mereka juga tidak egois dan rela mendahulukan kepentingan orang lain.

Setia

Last but not least, setia. Jangan pernah menganggap remeh orang berkepribadian melankolis karena mereka sangat setia terhadap pasangan ataupun teman. Dari kesetiannya, mereka juga bisa menjadi pendengar yang baik, lho, Beauties. Jadi, jangan pernah sia-siakan teman atau pasangan yang memiliki kepribadian melankolis, ya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id