sign up SIGN UP

Tips Agar Tak Merasa Kesepian Saat Hidup Sendiri di Perantauan

Dyah Na | Beautynesia
Kamis, 20 Aug 2020 20:00 WIB
Tips Agar Tak Merasa Kesepian Saat Hidup Sendiri di Perantauan
caption
Jakarta -

Hidup merantau di luar kota atau luar negeri memang bisa membuat kesepian. Apalagi pada masa pandemi yang tidak memungkinkan kamu untuk pulang kampung dan bertemu keluarga. Hidup jauh dari keluarga memang punya beragam konsekuensi. Namun tak perlu sedih, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar tak terlalu merasa kesepian saat sedang merantau jauh dari keluarga.

 

Buatlah Tempat Tinggal Kamu Senyaman Mungkin

Hiasan kamar bisa didapatkan dengan mencetak gambar-gambar abstrak atau alam dengan nuansa warna yang senada dengan kamar.Buat Tempat Tinggal Senyaman Mungkin

Kamar kos kini adalah rumah kamu, jadi kamu harus membuatnya terasa nyaman. Kamu harus hati-hati mengatur ruang agar tak terasa sempit atau justru terlalu membosankan. Kamu bisa membuat kamar lebih nyaman dengan memasang dekorasi. Jangan lupa biarkan banyak cahaya alami masuk untuk mencegah munculnya rasa kesepian. Kamu juga bisa mencetak foto keluarga dan BFF kamu! Foto-foto ini bisa jadi pengingat kalau kamu tidak sendirian, meskipun mereka tidak bersama kamu secara fisik.

 

Miliki Rutinitas yang Sesuai Untuk Kamu

Sekecil apa pun, ritual harian bisa membantu kamu menikmati kesendirian. Misalnya seperti memutar lagu favorit kamu saat bangun dengan speaker, melakukan rutinitas olahraga atau sekadar menikmati saat-saat tenang. Penting juga untuk punya ritual harian yang bermanfaat bagi kesehatan mental kamu, seperti punya jadwal tidur yang teratur, tetap aktif, dan meditasi.

 

Temukan Kesempatan Kecil Untuk Keluar dari Rumah

Cara efektif hadapi pelaku catcallingTemukan Kesempatan Kecil Untuk Keluar dari Rumah/ Foto: Retno Wulandari

Saat tinggal sendiri, Kamu harus berusaha menyediakan waktu untuk keluar rumah saat Kamu bisa. Baik itu memanjakan diri kamu dengan belanja sendirian atau hanya menjalankan tugas. Penting banget untuk keluar agar kamu tidak merasa terkurung sendirian. Ini memberi Kamu kesempatan untuk berbicara dengan orang lain, menghirup udara segar, dan bersenang-senang! Tapi di saat pandemi seperti sekarang, tetap gunakan masker dan jaga jarak dengan orang lain ya, Ladies.

 

Matikan Media Sosial

Kalau kamu merasa kesepian, kamu harus mematikan media sosial sebentar. Terkadang melihat Instagramakan membuat rasa kesepian itu semakin parah, karena serasa semua orang nongkrong tanpa kamu. Penting untuk tidak membuka media social dan menikmati keberadaan kamu sendiri. Berfokuslah pada cara-cara lain untuk menghabiskan waktu luang dan belajar untuk menikmati waktu itu untuk diri sendiri.

 

Maksimalkan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

asian-freelance-business-woman-casual-wear-using-laptop-working-call-video-conference-with-customer-workplace-living-room-from-home-when-social-distancing-stay-home-self-quarantine-time_7861-2475Maksimalkan Waktu Bersama Teman dan Keluarga/ Foto: S Saraswathi

Hubungi seseorang saat kamu merasa kesepian. Kamu bisa mencoba membuat rencana dengan teman, keluarga, atau rekan kerja. Undang teman untuk menonton film atau pergi makan malam setelah bekerja. Kalau kamu pindah ke kota baru, kamu bisa mencari informasi dan bergabung dengan kelompok atau kelas di komunitas dengan minat yang sama, seperti kelas memasak, yoga, layanan sukarelawan, atau klub buku.

Di mana pun kamu berada, jangan ragu untuk mengirim pesan atau menelepon teman untuk membicarakan perasaanmu sehingga kamu tidak perlu memendamnya. Kalau kamu merasa kesepian, kamu tidak perlu berusaha menghindarinya.

 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id