STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Tradisi Pernikahan Unik di Korea Selatan, dari Warna Pakaian Hingga Hadiah Uang untuk Pengantin

Sierra Muktisari | Beautynesia
Rabu, 27 Apr 2022 13:30 WIB
Tradisi Pernikahan Unik di Korea Selatan, dari Warna Pakaian Hingga Hadiah Uang untuk Pengantin

Pernikahan menjadi momen sakral yang diinginkan banyak orang, baik perempuan maupun laki-laki. Dalam setiap pernikahan yang terjadi di berbagai negara, pastinya terdapat masing-masing tradisi unik yang membedakan dengan negara lain.

Namun, ada pula beberapa tradisi pernikahan unik yang mungkin sama dengan tradisi pernikahan di negara lainnya. Berbicara mengenai tradisi pernikahan, Korea Selatan sendiri memiliki beberapa tradisi unik mengenai pernikahan, lho. Berikut ini beberapa di antaranya!

Warna Pakaian

Berperan dalam drama saeguk, para aktris Korea ini semakin cantik dengan balutan Hanbok, baju tradisional Korea / foto: tvN DramaIlustrasi perempuan memakai hanbok berwarna merah/ foto: tvN Drama

Melansir The Knot, pada upacara pernikahan Korea, pakaian menjadi salah satu unsur yang paling penting. Biasanya, pengantin pria dan perempuan menggunakan pakaian tradisional yang disebut Hanbok.

Pengantin pria harus menggunakan warna Hanbok biru, sementara pengantin perempuan harus menggunakan Hanbok berwarna merah. Bukan tanpa alasan, perpaduan warna merah dan biru ini melambangkan keseimbangan 'energi' antara keduanya, Beauties.

Sementara, ibu dari pengantin perempuan biasanya menggunakan pakaian dengan warna warm tones seperti pink atau ungu. Kemudian, ibu dari pengantin pria akan memakai pakaian berwarna biru, abu-abu, atau hijau seperti melansir Brides.

Hadiah Uang Pernikahan

Investasi Uang THRIlustrasi hadiah uang pernikahan/ Foto: pexels.com

Tak hanya di Indonesia saja, tradisi memberikan uang sebagai hadiah pernikahan juga menjadi tradisi yang umum di Korea Selatan, lho. Melansir Brides, secara tradisional, kedua pengantin akan mendapatkan banyak kalimat-kalimat penuh berkah dari orang tua, serta uang tunai sebagai hadiah pernikahan.

Sementara untuk tamu undangan yang hadir, mereka bisa memberikan amplop putih berisi uang tunai yang diletakkan dalam pouch khusus untuk mempelai pengantin.

Menghadirkan Angsa Liar

Tradisi pemberian angsaTradisi pemberian angsa/ Foto: tlc.com

Sebelum upacara pernikahan, ada tradisi unik di mana calon pengantin pria akan memberikan seekor angsa liar pada ibu dari calon pengantin perempuan. Melansir The Knot, tradisi ini disebut sebagai jeonan-rye, sebagai lambang perjanjian jika pengantin pria akan menjaga pengantin perempuan seumur hidupnya. Sementara di tradisi pernikahan modern, calon pengantin pria juga bisa memberikan sepasang miniatur angsa yang terbuat dari kayu.

Sajian Hidangan Mie di Pernikahan

Sajian mie dalam pernikahan di Korea SelatanSajian mie dalam pernikahan di Korea Selatan/ Foto: sweetandsavorhie.com

Umumnya ketika menghadiri pesta resepsi pernikahan di Indonesia, kamu akan menemukan berbagai hidangan yang tersaji. Namun lain halnya dengan tradisi pernikahan di Korea yang satu ini, Beauties.

Di perjamuan pernikahan Korea, terdapat sajian hidangan mie yang 'wajib' ada. Melansir The Knot, mie melambangkan harapan untuk kehidupan yang panjang dan bahagia, di mana mie yang disajikan merupakan mie berukuran panjang, dilengkapi dengan sayuran serta direbus dengan kaldu sapi.

----------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE