sign up SIGN UP

Tuai Kontroversi Karena Larang Penggunaan Hijab, Ini Deretan Fakta Marine Le Pen yang Kalah Dalam Pilpres Prancis

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Jumat, 13 May 2022 07:15 WIB
Tuai Kontroversi Karena Larang Penggunaan Hijab, Ini Deretan Fakta Marine Le Pen yang Kalah Dalam Pilpres Prancis
caption

Meskipun kini sudah diketahui Emmanuel Macron sebagai Presiden Prancis terpilih dalam Pemilihan Presiden Prancis 2022 dengan perolehan suara sebanyak 58,6 persen suara, sosok sang pesaing, Marine Le Pen, memang menarik perhatian dunia.

Dalam pesta demokrasi pilpres Perancis beberapa waktu lalu hanya menyisakan 2 kandidat di putaran akhir dari 12 kandidat yang ikut ajang tersebut, yakni Emmanuel Macron dan Marine Le Pen. Keduanya bersaing kuat dengan berbagai upaya untuk memperoleh simpati masyarakat Prancis agar menang.

Salah satu kandidat dari politik sayap kanan, yakni Marine Le Pen yang kali ketiga mengikuti pilpres Prancis mendapatkan banyak perhatian dan sinisme dari masyarakat akibat kontroversi mengenai pelarangan penggunaan hijab dalam kampanyenya. Ia menganggap hijab sebagai atribut kelompok radikal.

Ingin tahu mengenai sosok Marine Le Pen? Berikut 4 fakta menarik dari Marine Le Pen yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Kiprah Politik

Kiprah politik Marine Le Pen dimulai sejak ia bergabung dengan partai Front Nasional
Kiprah Politik/Foto: https://www.instagram.com/marine_lepen/

Kesuksesan perempuan yang memiliki nama lengkap Marion Anne Perine Le Pen ini tidak lepas dari bayang-bayang ayahnya, Jean Marie Le Pen, yang juga merupakan politikus terkenal di Prancis. Awal mula karier politiknya dimulai sejak ia bergabung dalam aparat administrasi dari partai yang didirikan dan pimpin oleh ayahnya, yaitu Front Nasional pada tahun 1998.

Kemudian pada tahun 2003 ia menjadi wakil presiden Front Nasional. Selanjutnya, ia berhasil  menang dalam pemilihan untuk menggantikan ayahnya sebagai pemimpin Front Nasional pada tahun 2011 yang kini berubah nama menjadi National Rally. Kemudian ia menjadi kandidat dalam ajang Pemilihan Presiden Prancis tahun 2017. 

Sepak terjangnya di dunia politik Prancis sebagai politikus sayap kanan dinilai penuh dengan kontroversi. Baru-baru ini dalam kampanyenya pada Pilpres Prancis 2022, ia mewacanakan pelarangan penggunaan hijab. Akibatnya, ia mendapatkan banyak kritik dan kecaman dari publik.

Bahkan ia juga menjadi trending topic pembicaraan banyak orang di jagat maya akibat wacananya tersebut. Keikutsertaannya dalam Pilpres 2022 lalu bukan pertama kalinya. Yup, sebelumnya ia juga ikut dalam Pilpres Prancis pada tahun 2017 dan kalah melawan Emannuel Macron dengan hanya mengantongi 34 persen suara. Meskipun kalah dalam Pilpres, ia berhasil memenangkan pemilihan parlemen Prancis.

Dinilai Sebagai Politikus Anti Islam

Marine Le Pen Dianggap sebagai salah satu politikus  anti Islam
Politikus Anti Islam/Foto: https://www.instagram.com/marine_lepen/

Selain pernyataannya yang menuai kontroversi akibat pelarangan penggunaan hijab dalam Pilpres 2022, ternyata Le Pen dinilai sebagai tokoh politik yang anti Islam. Dilansir dari Britannica.com, perempuan lulusan hukum dari Universitas Panthéon-Assas ini dulunya juga pernah membuat pernyataan yang tak kalah kontroversial dan memicu amarah hingga perseteruan dengan publik.

Saat serangan terorisme di Prancis pada 13 November 2015 lalu, dengan cepat ia cepat menyalahkan kebijakan imigrasi Hollande dan Prancis akibat tumbuhnya sentimen terhadap Islam di Perancis.

Penyalahgunaan Dana Uni Eropa 

Dilansir dari US News, anak dari Jean Le pen ini memang tergabung dalam organisasi Uni Eropa, namun ia tidak mendukung adanya organisasi tersebut. Bahkan ia pernah mengutarakan niat untuk melakukan referendum untuk pemilihan keanggotaan Prancis dalam Uni Eropa. Le pen pernah dituduh menyalahkan dana Uni Eropa untuk kepentingan partainya sebesar 5 juta euro. Namun ia berhasil menghindari panggilan pengadilan.   

Pecinta Hewan

Marien  Le Pen diketahui sangat menyukai hewan dan ia memiliki kucing
Pecinta Hewan/Foto:

Melansir dari Instagram pribadinya, Marine Le Pen selain membagikan kegiatan politiknya, ia juga kerap membagikan kebersamaannya dengan hewan-hewan, khususnya kucing. Yup, sepertinya ibu dari 3 anak ini cat lover nih, Beauties.  Hal ini dapat diketahui dari beberapa postingan foto yang di unggahnya. Ia mengatakan bahwa hewan layak untuk mendapatkan kasih sayang dan perlindungan.

"Jika saya memiliki hubungan khusus dengan kucing, semua hewan yang berbagi kehidupan dengan kita sehari-hari layak mendapatkan kasih sayang dan perlindungan kita," ucapnya sebagai caption pada salah satu unggahan foto di akun Instagram, @marine_le_pen.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id