sign up SIGN UP

Udah Lama Kerja Kok Nggak Naik Jabatan Sih? Ssstt... 4 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebab Kariermu Sulit Berkembang

Ruhil Anadiah Sabrina | Beautynesia
Rabu, 18 Aug 2021 08:15 WIB
Udah Lama Kerja Kok Nggak Naik Jabatan Sih? Ssstt... 4 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebab Kariermu Sulit Berkembang
caption

Semua orang ketika terjun di dunia kerja pasti ingin kariernya bisa meningkat. Namun ternyata tidak semua orang memiliki keberuntungan yang sama.

Sebab lama seseorang bekerja di perusahaan tidak bisa menjamin kita mudah mendapat promosi, kenaikan gaji, atau pangkat. Nah kamu sendiri pasti nggak mau kan kalau kariermu stuck dan nggak ada kemajuan sama sekali.

Supaya itu nggak terjadi padamu, yuk ketahui apa penyebab kariermu tidak mengalami perkembangan. 

1. Takut Keluar dari Zona Nyaman Pekerjaan

takut keluar zona nyaman
takut keluar zona nyaman/unsplash.com/magnet-me

Bagaimana kariermu bisa berkembang kalau kamu stuck di tempatmu sekarang. Di mana kamu terlalu takut keluar dari zona nyaman, takut untuk mencoba hal baru, dan nggak melakukan perubahan apa-apa dalam pekerjaan.

Nah kalau kamu saja tidak berani untuk keluar dari zona nyaman bagaimana kariermu bisa berkembang. Mencari pekerjaan sesuai kenyamanan kita itu nggak salah kok sebenarnya, namun jangan sampai kamu terjebak hingga malas untuk belajar hal baru di luar sana. 

2. Terlalu Takut untuk Menjajal Posisi Baru

takut pindah posisi baru
takut pindah posisi baru/unsplash.com/wotincechchat

Dalam bekerja adakalanya kita harus menjajal untuk pindah posisi. Ya nggak bisa ditampik adakalanya muncul perasaan takut dan ragu terhadap diri sendiri itu pasti ada, sebab ini pertama kali kamu melakukannya. Oleh karena itu jangan takut untuk mencoba, siapa tahu di posisi atau divisi yang baru kamu bisa belajar banyak hal, bisa mendapat ilmu, dan potensimu bisa lebih terasah secara maksimal. 

3. Tidak Mau Mencoba Hal Baru

tidak mau mencoba hal baru
tidak mau mencoba hal baru/unsplash.com/brooke cagle

Penyebab selanjutnya kenapa kariermu tidak mengalami perkembangan yaitu, kamu tidak mau mencoba hal baru. Supaya kariermu bisa maju dan kemampuan juga meningkat, jangan takut untuk mencoba hal baru.

Asah skill-mu yang lain, belajar bahasa asing, ikut pelatihan atau workshop, mau belajar di luar tugas utama, dsb. Percaya deh kalau kita tidak takut untuk belajar, mau mencoba, dan punya attitude yang bagus kariermu nanti juga bakal meningkat. 

4. Tidak Memperluas Jaringan

tidak memperluas networking
tidak memperluas networking/pexels.com/christina morilla

Kebanyakan dari kita kalau sudah fokus dengan pekerjaan, sibuk dengan tugas-tugas kantor, kita jadi lupa untuk memperluas jaringan pertemanan. Ya bisa dibilang kamu jadi terlalu fokus terhadap diri sendiri.

Padahal networking itu sangat penting di dunia kerja untuk mendukung perkembangan karier. Maka supaya pekerjaanmu berkembang jangan lupa menjalin pertemanan dengan orang di dalam maupun luar kantor, karena kesempatan besar bisa datang dari mana saja. 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id