sign up SIGN UP

Untuk Kamu yang Ekstrovert, Waspada 5 Perilaku Ini Bisa Jadi Pertanda Sebenarnya Kamu Lagi Depresi!

Ni Made Dwi Agustina | Beautynesia
Senin, 27 Jun 2022 23:15 WIB
Untuk Kamu yang Ekstrovert, Waspada 5 Perilaku Ini Bisa Jadi Pertanda Sebenarnya Kamu Lagi Depresi!
caption
Jakarta -

Berbicara soal kepribadian ekstrovert, ciri khas yang terlihat dari individu dengan kepribadian ekstrovert, misalnya terlihat aktif, suka keramaian, pandai berbicara, dan masih banyak lagi. Ciri khas tersebut yang bisa membedakan antara kepribadian ekstrovert dengan kepribadian introvert. Meski terlihat lebih aktif dibandingkan dengan individu introvert, individu ekstrovert juga bisa mengalami depresi, loh!

Individu dengan kepribadian ekstrovert juga bisa alami depresi. Tanda-tanda depresi ini seperti yang dijelaskan pada laman Optimist Minds bisa berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari dari individu ekstrovert. Agar tidak semakin berbahaya, berikut adalah tanda-tanda depresi kepribadian ekstrovert yang perlu diwaspadai!

Menolak Keramaian

Individu ekstrovert menolak keramaian
Individu ekstrovert menolak keramaian/ foto: Freepik.com/ drobotdean

Individu dengan kepribadian ekstrovert biasanya menyukai keramaian dan senang menghabiskan waktu dengan banyak orang. Jika individu ekstrovert mulai merasa tidak nyaman berada dalam keramaian, bisa menjadi pertanda individu tersebut mengalami depresi.

Depresi ini dapat menyebabkan individu menjadi tidak menikmati kebersamaan sepenuhnya. Selain itu, individu tersebut cenderung merasa tidak menjadi diri yang seutuhnya ketika berada dalam keramaian.

Memilih Berdiam Diri

Individu ekstrovert berdiam diri
Individu ekstrovert berdiam diri/ foto: Freepik.com/ lookstudio

Menjadi pusat perhatian adalah salah satu hal yang disukai oleh individu ekstrovert. Kemudian, biasanya individu ekstrovert tidak mudah merasa gugup ketika berada dalam lingkungan baru dan aktif saat bersosialisasi dengan sekelilingnya. Akan tetapi, situasi ini dapat berubah ketika individu dengan kepribadian ekstrovert mengalami depresi.

Dari yang terlihat percaya diri menjadi senang berdiam diri dan enggan menjadi pusat perhatian. Saat terlibat dalam percakapan pun, depresi yang dialami individu ekstrovert akan membuatnya terlihat tidak memiliki banyak energi untuk berbicara.

Tidak Bersemangat

Individu ekstrovert tidak bersemangat
Individu ekstrovert tidak bersemangat/ foto: Freepik.com/ tonodiaz

Salah satu ciri khas yang nampak dari kepribadian ekstrovert yaitu individu yang terlihat selalu bersemangat, termasuk di situasi yang hectic. Ciri khas inilah yang menjadi perbedaan introvert atau ekstrovert yang mudah dijumpai. Situasi berbeda dapat terjadi ketika individu dengan kepribadian ekstrovert mulai merasa kekurangan energi.

Bahkan, sering merasa lelah ketika dikelilingi banyak orang. Situasi ini bisa mengganggu kesehatan mental, misalnya depresi. Adapun cara untuk mengatasinya bisa dimulai dengan melakukan kegiatan yang disukai untuk mendapatkan kembali energi yang mulai hilang. Jangan lupa istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

Menutup Diri

Individu ekstrovert menutup diri
Individu ekstrovert menutup diri/ foto: Freepik.com/ diana.grytsku

Salah satu tanda-tanda depresi yang bisa dialami oleh individu dengan kepribadian ekstrovert adalah menutup diri. Umumnya, individu ekstrovert senang berinteraksi dengan orang, sampai bertukar pikiran maupun perasaan kepada orang lain. Dengan kata lain, individu ekstrovert memiliki sifat keterbukaan dibandingkan dengan individu introvert. Depresi yang bisa dialami oleh individu ekstrovert akan membuatnya menjadi tidak ekspresif.

Banyak Pikiran

Individu ekstrovert banyak pikiran
Individu ekstrovert banyak pikiran/ foto: Freepik.com/ freepik

Seseorang yang mulai banyak pikiran sesungguhnya adalah hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, jika terlalu sering dilakukan dapat memungkinkan terjadi depresi. Kondisi inilah yang bisa terjadi oleh individu dengan kepribadian ekstrovert.

Depresi yang dialami oleh individu ekstrovert dapat membuatnya terlalu banyak berpikir dan sering menunda pekerjaan. Bahkan, cenderung menjadi overthinking dan tidak percaya diri dengan kemampuan sendiri.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id