sign up SIGN UP

Viral TBL, Pengkor Style, dan Lagu 2000-an di Media Sosial, Bondol Jpg: Awalnya Bercandaan Tongkrongan

Cica Rahmania | Beautynesia
Sabtu, 27 Nov 2021 12:30 WIB
Viral TBL, Pengkor Style, dan Lagu 2000-an di Media Sosial, Bondol Jpg: Awalnya Bercandaan Tongkrongan
caption
Jakarta -

Kata "TBL" belakangan ini santer dibicarakan di berbagai lini media sosial, seperti TikTok, Twitter, dan Instagram. Banyak pula warganet kebingungan dengan kata TBL yang diiringi dengan konten foto atau video pose khas era 2000-an. Lalu, apakah itu TBL dan siapa siapa 'biang keladinya'?

Adalah Rifaldi Pratama, sosok pencetus kata TBL "Takut Banget Lho" dengan pose-pose dan lagu-lagu era 2000-an yang kembali bersemi di media sosial. Di balik akun TikTok @bondol_jpg, pria 27 tahun ini tanpa canggung berpose pengkor persis remaja-remaja tahun tersebut bergaya ketika difoto.

Sejak diunggah pertama kali pada September 2021, konten pose jadul @bondol_jpg masuk beranda FYP (For Your Page) dan semakin viral di konten-konten berikutnya, hinggal TBL menjadi trending di berbagai platform media sosial.

Kepada Beautynesia, Faldi, begitu ia akrab disapa, mengaku bahwa konten tersebut berasal dari kesehariannya di lingkungan pertemanan alias tongkrongan. Di mana ia dan teman-temannya kerap mendengarkan lagu era 2000-an sebagai lelucon. 

"Lagu dan pose 2000-an ini sebenarnya bercandaan teman-teman sekitar yang memang suka nge-play lagu-lagu jadul, lalu gue bawa ke TikTok, tapi kayaknya nggak seru kalau lagu doang, jadi pose-pose Facebook ini mengiringi konten lagu yang mau gue buat," kata Faldi.

Asal-usul TBL

[Gambas:Instagram]

Trending TBL di mana-mana merupakan satu paket dari viralnya konten pengkor style dan lagu jadul yang Faldi buat. TBL sendiri berawal dari ketidaksengajaan dirinya saat live atau siaran langsung di TikTok bersama Nonik Manieszt, yang juga content creator TikTok.

"Kepikiran kata TBL viral itu dari live TikTok sama Noniek Manieszt, saat live itu kami sering pose-pose ala 2000-an, jadi kami bilang ke penonton yang mulai merasa takut, jijik, mual, pengin muntah, untuk komen 'TB TB TB atau TBL TBL TBL' sebanyak-banyaknya," jelas karyawan di salah satu perguruan tinggi swasta di Bintaro ini.

[Gambas:Instagram]

Ya, di media sosial, Faldi dan Nonik kerap menghibur para followers dengan siaran langsung dan membahas kehidupan di era 2000-an. Menurut Faldi, dirinya merasa nyambung dengan Nonik dalam membicarakan segala sesuatu yang berbau 2000-an.

TBL Bukan yang Pertama

Di deretan konten Faldi yang viral di media sosial, khususnya TikTok, TBL bukan yang pertama. Sebelumnya ada beberapa konten buatan Faldi yang masuk FYP dan mendulang jutaan penonton, di antaranya ialah konten SPB (Sales Promotion Boy), pernikahan santai, customer service, dan parodi Ayah Ojak, orangtua Ayu Ting-Ting.

Melihat kepiawaian Faldi membuat konten viral, pria asal Tangerang Selatan ini mengaku bahwa membuat konten itu passion, bukan paksaan. Dirinya juga tidak pernah merencanakan konten seperti apa yang akan ia buat melalui timeline atau storyboard. Semua ia buat spontan sesuai ide yang timbul.

[Gambas:Instagram]

Selain itu, menurut Faldi, perlu juga seorang content creator perlu memiliki keunikan sendiri. "Kalau dilihat dari konten-konten yang ramai ditonton, biasanya itu karena kontennya belum ada atau sudah ada tapi dibawakan dengan cara yang unik, mungkin para creator lain bisa punya ciri khas dan keunikan sendiri walau kontennya parodi kayak gue," ujar Faldi.

Kendati konten buatannya sering viral, memiliki ribuan pengikut di media sosial, dan diundang ke berbagai stasiun televisi, Faldi sendiri tidak langsung terbuai dengan ketenaran. Ia sadar bahwa sebuah ketenaran sifatnya sementara, bukan selamanya.

"Perasaan gue biasa aja, karena memang TikTok tempatnya sesuatu yang viral, jadi setelah TBL ini pasti ada lagi yang viral dari creator lain, jadi bergilir aja," tandas Faldi.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id