STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

10 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Bisa Membuat Otak Menjadi Kurang Cerdas, Cek Ada Menu Favoritmu Nggak?

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Senin, 05 Dec 2022 21:00 WIB
10 Makanan Sehari-hari yang Ternyata Bisa Membuat Otak Menjadi Kurang Cerdas, Cek Ada Menu Favoritmu Nggak?

Makanan merupakan salah satu sumber tenaga untuk membangkitkan semangat seseorang ketika menjalankan aktivitasnya. Selain itu, makanan yang memiliki kandungan nutrisi dapat meningkatkan kemampuan otak, yakni dalam berpikir maupun meningkatkan konsentrasi. Maka dari itu, makanan yang kita konsumsi harus memiliki kandungan yang baik agar otak dapat bekerja secara optimal. 

Apalagi, otak merupakan salah satu organ yang cukup vital dalam tubuh kita dan apabila organ tersebut rusak, maka organ lain dalam tubuh juga akan bermasalah. Oleh karena itu, agar otak dapat menyerap pembelajaran, memori, kreativitas, dan lainnya kamu harus mengurangi atau bahkan menghindari beberapa makanan yang dapat membuat otak menjadi kurang cerdas. Berikut beberapa makanannya. Simak!

1. Makanan Manis atau Makanan yang Mengandung Gula Berlebih

Makanan Manis atau Makanan yang Mengandung Gula Berlebih / foto : pexels.com/SkylerEwing
Makanan Manis atau Makanan yang Mengandung Gula Berlebih / foto : pexels.com/SkylerEwing

Makanan pertama yang harus kamu kurangi adalah makanan manis. Makanan manis tidak hanya buruk bagi tubuh, tetapi juga berakibat buruk bagi fungsi otak. Dilansir dari Chicago Internal Cleansing, mengonsumsi gula secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menimbulkan berbagai masalah neurologis dan dapat menurunkan daya ingat seseorang. 

Hal ini diketahui bahwa gula dapat mempengaruhi kemampuanmu untuk belajar, sehingga ada baiknya untuk menghindari produk manis atau produk yang memiliki kandungan fruktosa yang tinggi. 

2. Makanan Instan atau Olahan

Makanan Instan atau Olahan / foto :  pexels.com/malimaeder
Makanan Instan atau Olahan / foto : pexels.com/malimaeder

Makanan kedua yang harus dihindari adalah makanan instan, seperti mie instan, sosis, nugget, dan lainnya. Seperti yang kita ketahui, nutrisi merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh dan nutrisi yang terdapat pada makanan instan atau olahan biasanya sudah tergantikan dengan gula, garam, dan lemak. Apabila kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula, garam, dan lemak akan menyebabkan tumpukan lemak pada bagian organ vital tubuh. 

Melansir dari detikHealth, apabila tumpukan lemak sudah menyebar di beberapa organ tubuh, maka akan menyebabkan kerusakan pada jaringan otak dan pengurangan volume. Sehingga hal ini dapat menyebabkan otak menjadi tidak berfungsi secara maksimal. Selain itu, penumpukan lemak tersebut juga dapat menghalangi aliran darah ke membran otak, sehingga otak dapat terkontaminasi oleh zat berbahaya. 

3. Makanan dengan Kandungan Lemak Trans

Makanan dengan Kandungan Lemak Trans / foto : pexels.com/VincentRivaud
Makanan dengan Kandungan Lemak Trans / foto : pexels.com/VincentRivaud

Lemak trans adalah salah satu kandungan lemak tak jenuh yang memiliki risiko buruk bagi otak. Dilansir dari detikEdu, yang menjadi masalah utama adalah lemak trans yang diproduksi dalam industri yang biasa disebut sebagai minyak nabati terhidrogenasi yang menjadi penyebab utama makanan yang kamu konsumsi akan berisiko menyebabkan alzheimer dan demensia. 

Berdasarkan penelitian juga diketahui bahwa mengonsumsi makanan dengan kandungan tinggi lemak trans dapat menyebabkan penurunan kognitif, membuat volume otak lebih rendah, dan kemampuan mengingat akan berkurang. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE