sign up SIGN UP

10 Sayuran Ini Nggak Cuma Menyehatkan, Tapi Bisa Bantu Ratakan Perut Buncit! Tertarik Coba?

Diny Putri | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 09:00 WIB
10 Sayuran Ini Nggak Cuma Menyehatkan, Tapi Bisa Bantu Ratakan Perut Buncit! Tertarik Coba?
caption

Beauties, apakah kamu punya perut bucit yang membuatmu tidak percaya diri? Perut buncit bukan saja mengganggu penampilan, namun juga mengganggu kesehatan. Bukan penyakit biasa, perut buncit bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker.

Tentu saja perut buncit juga menjadi masalah paling besar bagi para pejuang diet. Sayangnya, perut merupakan bagian tubuh yang cukup sulit untuk dikecilkan. Berbagai usaha dilakukan, seperti melakukan berbagai jenis gerakan olahraga hingga mengonsumsi makanan sehat yang bisa meratakan perut buncit.

Makanan sehat yang mampu membantu mengecilkan perut buncit adalah sayuran. Sayuran mengandung banyak serat dan penuh nutrisi seperti mineral dan vitamin esensial yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di perut.

Lantas, sayuran apa saja yang dapat membantu menurunkan perut buncit? Dirangkum dari berbagai sumber, yuk simak!

Bayam

Ilustrasi Bayam/Pexels/Pixabay
Ilustrasi Bayam/Pexels/Pixabay

Bayam adalah sayuran berdaun hijau kaya serat, sehingga dapat menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan. Bayam juga mengandung vitamin K yang tinggi, sehingga dapat membantu pengurangan berat badan, termasuk lemak visceral atau lemak yang menumpuk di perut.

Paprika Merah

Ilustrasi Paprika Merah/Pexels/Magda Ehlers
Ilustrasi Paprika Merah/Pexels/Magda Ehlers

Paprika merah adalah sayuran yang memiliki kalori rendah, namun tinggi nutrisi. Paprika merah juga mengandung serat dan capsaicin yang dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu, paprika merah juga membantu merasa kenyang lebih lama setelah makan, sehingga dapat mencegah makan berlebih sepanjang hari.

Brokoli

Ilustrasi Brokoli/Pexels/Pixabay
Ilustrasi Brokoli/Pexels/Pixabay

Dikutip dari Eat This, Not That, para ahli diet berpendapat bahwa brokoli adalah salah satu sayur yang paling kaya nutrisi. Brokoli kaya akan antioksidan yang membantu menurunkan peradangan. Selain itu, brokoli juga mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu meratakan perut buncit.

Vitamin C dalam brokoli membantu metabolisme lemak menjadi energi dan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi membantu mempertahankan rasa kenyang, memberikan energi, dan membantu melancarkan pencernaan. Brokoli juga mengandung kalsium dan kromium yang baik bagi tubuh.

Wortel

Ilustrasi Wortel/Pexels/Mali Maeder
Ilustrasi Wortel/Pexels/Mali Maeder

Wortel adalah salah satu sayuran terbaik yang harus dimasukkan ke dalam daftar menu diet, nih, Beauties. Sebab sayur berwarna oranye ini kaya akan serat larut dan tidak larut, sehingga sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

Jamur

Ilustrasi Jamur/Pexels/Pixabay
Ilustrasi Jamur/Pexels/Pixabay

Jamur adalah sayuran yang berkontribusi menurunkan berat badan dan pembakaran lemak dengan mengatur kadar glukosa dalam darah. Jamur juga kaya akan protein yang membantu meningkatkan metabolisme.

Cabai

Ilustrasi Cabai/Pexels/Artem Beliaikin
Ilustrasi Cabai/Pexels/Artem Beliaikin

Dikutip dari NDTV, sebuah studi menunjukkan bahwa panas yang timbul pada saat mengonsumsi cabai dapat membakar banyak kalori dan mengoksidasi lapisan lemak pada tubuh. Rasa panas ini ditimbulkan oleh zat yang bernama capsaicin.

Labu

Ilustrasi Labu/Pexels/Meruyert Gonullu
Ilustrasi Labu/Pexels/Meruyert Gonullu

Labu menjadi salah satu menu diet yang sangat baik karena mengandung serat yang tinggi dan juga rendah kalori. Tentu saja hal ini akan membantu pencernaan dan metabolisme, sehingga membantu juga untuk meratakan perut.

Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan/Pexels/Monstera
Ilustrasi Kacang-kacangan/Pexels/Monstera

Kacang-kacangan bagus untuk menghilangkan lemak perut karena kaya akan serat larut. Serat larut ini dapat melawan peradangan yang menyebabkan penumpukan lemak perut. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi kacang-kacangan berhubungan dengan penurunan risiko obesitas.

Mentimun

Ilustrasi Mentimum/Pexels/Radoslaw Wisniewski
Ilustrasi Mentimum/Pexels/Radoslaw Wisniewski

Kandungan air dan serat yang berlimpah dalam mentimun membantu mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga dapat menghindari dari makan berlebih. Selain itu, mentimun juga baik untuk detoksifikasi.

Asparagus

Ilustrasi Asparagus/Pexels/Aphiwat Chuangchoem
Ilustrasi Asparagus/Pexels/Aphiwat Chuangchoem

Mungkin masih ada beberapa orang yang asing dengan sayur ini, karena tidak mudah ditemui seperti beberapa sayur di atas. Namun, asparagus juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam mengurangi lemak di perut. Hal ini ini karena asparagus mengandung bahan kimia asparagin, yang merupakan alkaloid yang bekerja langsung pada sel dan memecah lemak.

Nah, Beauties, itulah beberapa sayuran yang dapat membantu meratakan perut buncit. Yuk beralih ke gaya hidup sehat demi tubuh yang bugar. Cobalah lebih rajin lagi konsumsi sayuran dan makanan bernutrisi lainnya, ya. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id