sign up SIGN UP

8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Sumber Penyebab Perut Bunci, Salah Satunya Kurang Minum!

Tim Redaksi CNN | Beautynesia
Selasa, 12 Apr 2022 16:00 WIB
8 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Sumber Penyebab Perut Bunci, Salah Satunya Kurang Minum!
caption
Jakarta -

Perut buncit masih menjadi salah satu permasalahan pada penampilan. Bukan cuma pada perempuan tetapi juga pada laki-laki. Konon, penyebab perut buncit pun beragam sumbernya. Namun, banyak yang bilang bahwa makanan berlemak adalah sumber utamanya.

Dihimpun dari CNN Indonesia, rupanya perut buncit yang dapat meningkatkan risiko penyakit bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari. Dengan kata lain, aktivitas yang dilakukan berulang sehari-hari dapat menyebabkan akumulasi pada perut.

the warrior dietIlustrasi diet. (Foto: pexels.com/Andres Ayrton) 

Nggak cuma dari pola makan, tetapi juga kebiasaan-kebiasaan yang mungkin nggak kita sadari. Apa saja? Dihimpun dari CNN Indonesia, berikut ulasannya.

Kurang Minum

Selama ini, kurang minum kerap dikaitkan dengan hidrasi kulit. Padahal, kurang minum juga bisa menyebabkan perut buncit, lho. Pasalnya, asupan air yang cukup bagi tubuh bisa mempercepat lipolisis atau proses tubuh membakar lemak untuk energi.

Minum Banyak AirIlustrasi minum. (Foto : pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kekurangan cairan, maka fungsi pemrosesan tersebut menurun. Ditambah lagi, tubuh mengalami dehidrasi, hingga fungsi tubuh bekerja tidak maksimal. Tak ayal, lemak pun menumpuk sehingga terjadi perut buncit.

Tidur Terus

Manusia memang membutuhkan tidur sebagai cara mengistirahatkan tubuh. Di sisi lain, tidur dapat membantu mempercepat metabolisme untuk melunturkan lemak. Sayangnya, jika kebanyakan tidur atau tidur melebihi batas waktu ideal, lemak justru malah susah hilang.

Melakukan rutinitas menenangkan sebelum tidur untuk bantu meningkatkan kualitasnya.Ilustrasi tidur. (Foto: freepik/benzoix)

Hal ini dibuktikan oleh para peneliti di Wake Forest. Penelitian yang mereka lakukan menemukan orang yang tidur lebih dari 8 jam punya lemak perut lebih banyak, sehingga berisiko terhadap penyakit diabetes, jantung, dan stroke.

Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Siapa yang suka makan sambil nonton scrolling Instagram atau nonton video di YouTube? Baca efeknya di SINI.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id