sign up SIGN UP

4 Bahaya Mengintai dari Kebiasaan Sering Main HP di Tempat Gelap, Duh Ternyata!

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Selasa, 14 Jun 2022 08:00 WIB
4 Bahaya Mengintai dari Kebiasaan Sering Main HP di Tempat Gelap, Duh Ternyata!
caption

Kegunaan ponsel dalam kehidupan sehari-hari memang menjadi hal yang krusial. Ponsel atau HP menjadi barang penting untuk menerima pesan,  menelpon, dan menonton hiburan.

Bahkan tidak jarang sebelum tidur di malam hari kamu masih saja memeriksa HP meski lampu kamar sudah dimatikan, bukan? Tapi, ternyata kebiasaan main handphone di tempat gelap bisa berbahaya lho, Beauties.

Nggak cuma mata kamu yang bakal terkena imbas negatif, beberapa bahaya lainnya juga bisa mengintai kamu. Cek apa saja bahayanya yuk!

1. Merusak Retina Mata

Retina Mata Rusak/ Foto: pexels.com/Molly Champion
Merusak Retina Mata/ Foto: pexels.com/Molly Champion

Cahaya biru yang terpancar dari layar gadget seperti HP dan komputer mungkin terlihat tidak berbahaya. Tapi, menurut penelitian, cahaya tersebut bisa mengancam kesehatan mata kamu.

Dikutip dari PC Mag, Professor Ajith Karunarathne, seorang peneliti dari Universitas Toledo mengatakan kalau cahaya biru dari layar bisa merusak retina mata jika dilakukan dalam jangka waktu lama. Hal ini disebabkan karena cahaya biru memiliki gelombang pendek tapi mengandung energi yang banyak, sehingga bisa mematikan sel-sel penglihatan mata kamu.

2. Terganggunya Waktu Tidur

Terganggunya waktu tidur/ Foto: pexels.com/Cottonbro
Terganggunya waktu tidur/ Foto: pexels.com/Cottonbro

Sering ngerasa ngantuk tapi pas menyalakan HP kantuk kamu langsung hilang? Nah, itu dikarenakan penghambatan hormon melatonin.

Dikutip dari Cleveland Clinic, seorang pakar kesehatan tidur, Michelle Drerup, PsyD, DBSM mengatakan, ketika tubuh bersiap untuk tidur, hormon kantuk yaitu melatonin akan dilepaskan dan terjadi penurunan suhu tubuh.

Tapi kalau kamu mengecek HP, otak akan terdistraksi karena stimulus cahaya dari HP menyebabkan tubuh menjadi siaga dan menyebabkan kamu jadi sulit tidur.

3. Berisiko Terjadinya Kanker

Resiko terkena kanker/ Foto: unsplash.com/Anthony Tran
Resiko terkena kanker/ Foto: unsplash.com/Anthony Tran

Studi yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives menunjukkan kalau paparan sinar biru dari gadget meningkatkan risiko terkena kanker.

Seperti yang dilansir dari Moffit Cancer Center, peneliti mengukur hubungan antara paparan cahaya artifisial di indoor dan outdoor dan menemukan bahwa paparan cahaya biru dua kali lipat meningkatkan risiko kanker prostat bagi laki-laki  dan meningkatkan terjadinya kanker payudara sebanyak 50 persen bagi perempuan.

Peneliti kanker bernama Dr. Brian D. Gonzalez mengatakan kalau cahaya biru mengganggu ritme tidur tubuh yang diasosiasikan sebagai penyebab terjadinya kanker.

4. Melemahnya Kinerja Otak

Melemahnya kinerja otak/ Foto: pexels.com/Tim Gouw
Melemahnya kinerja otak/ Foto: pexels.com/Tim Gouw

Saat tubuh kamu tidak mendapatkan porsi tidur yang cukup, akan terjadi penurunan kemampuan otak. Recovery sel di otak akan terganggu dan konektivitas sel neuron di hippocampus akan menurun sehingga daya ingat menurun.

Ternyata nggak main-main ya efek main HP di tempat gelap. Mulai sekarang kurangi penggunaan gadget pada malam hari terutama menjelang tidur, ya, Beauties.

Kalau terpaksa harus memakainya, sesuaikan kecerahan layar setara dengan cahaya sekitar dan jangan terlalu lama menggunakannya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id