STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Sulit Tidur di Malam Hari? Ini 5 Hal yang Dapat Beauties Lakukan Biar Auto Ngantuk!

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Selasa, 03 May 2022 20:30 WIB
Sulit Tidur di Malam Hari? Ini 5 Hal yang Dapat Beauties Lakukan Biar Auto Ngantuk!

Siapa yang memiliki masalah sulit tidur di malam hari? Walaupun sudah berusaha memejamkan mata, tetapi setiap malam selalu saja bisa tahan main gadget hingga begadang sampai subuh. Kebiasaan yang satu ini selain berpotensi nggak bermanfaat, tetapi juga membawa pengaruh buruk bagi kesehatan, lho. Tubuh yang seharusnya memiliki jatah istirahat, namun tetap dipaksa untuk melakukan aktivitas di luar kapasitasnya.

Melansir dari detikHealth, begadang dapat membawa pengaruh pada penurunan fungsi otak karena saat kamu kurang tidur, tubuh akan kelelahan dan mengakibatkan suplai oksigen ke otak akan mengalami kekurangan sehingga kamu akan sulit fokus dan mudah lupa.

Selain itu, kurang tidur juga akan mengganggu aktivitas kamu keesokan harinya sehingga tubuh terasa kurang fit dan bahkan bisa sampai telat bangun, hingga membuat jadwal pekerjaan berantakan.

Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa mencoba melakukan beberapa cara ini agar mudah ngantuk. Yuk, simak:

1. Mengurangi Konsumsi Kafein

Ilustrasi Mengkonsumsi Kopi Hanya di Pagi Hari/Foto: Freepik/Diana.grytsku
Ilustrasi Mengkonsumsi Kopi Hanya di Pagi Hari/Foto: Freepik/Diana.grytsku

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi kopi sudah menjadi hal yang wajib untuk menemani hari-hari saat bekerja. Kopi seringkali diminum untuk membantu membuat pikiran makin segar dan tahan ngantuk saat mengerjakan tugas maupun laporan. Namun, bagi kamu yang sulit tidur di malam hari, maka ada baiknya mulai membatasi konsumsi kafein, nih!

Mengutip dari detikHealth, efek meminum kopi setelah 6 jam pun masih terasa, sehingga kamu harus sudah stop konsumsi kopi pada pukul 15.00 agar lebih mudah terlelap.

2. Menghindari Tidur pada Siang Hari

Ilustrasi Menghindari Tidur Siang Dengan Bekerja/Foto: Freepik/Rawpixel.com
Ilustrasi Menghindari Tidur Siang Dengan Bekerja/Foto: Freepik/Rawpixel.com

Tidur siang sebenarnya memiliki manfaat yang baik karena tubuh akan terasa lebih segar, meningkatkan konsentrasi, dan menurunkan darah tinggi. Tidur siang sangat berguna bagi kamu yang kelelahan bekerja dan ingin mengembalikan stamina. Namun, kamu perlu memperhatikan bahwa tidur siang yang baik itu hanya berkisar 20 hingga 30 menit.

Lebih dari itu, tidur siang yang terlalu lama justru akan membuat kamu semakin mengantuk, kurang fokus, pusing pada saat bangun, dan hal ini juga yang memicu kamu menjadi sulit tidur pada malam hari.

Sehingga kamu perlu mengatur jadwal tidur dan bekerja agar tidak mengganggu jam tidur di malam hari. Usahakan mengurangi dan mengatur jam tidur siang, dengan cara fokus menyelesaikan pekerjaan pada siang hari agar di malam harinya kamu tidak begadang dan mudah terlelap ya!

3. Membaca Buku

Ilustrasi Membaca Buku/Foto: Freepik/Pvproductions
Ilustrasi Membaca Buku/Foto: Freepik/Pvproductions

Sebenarnya hal ini seringkali kita rasakan saat memiliki tugas untuk membaca buku, pasti rasa kantuk akan seketika menyerang. Hal ini memang alami terjadi karena saat membaca, lama kelamaan tubuh akan merasa rileks dan mata akan mulai terasa berat, karena lelah membaca. Apalagi momen membaca buku ini pada saat yang tepat yaitu di malam hari.

Namun, ada yang perlu kamu perhatikan juga sebagaimana mengutip dari detikHealth, kamu harus mengubah kebiasaan bekerja dan mengerjakan sesuatu sesuai pada tempatnya. Jadi, usahakan jangan membaca buku di tempat tidur dan mulailah membiasakan tempat tidur hanya dipakai untuk tidur.

4. Mencoba Relaksasi dan Metode Pernapasan 4-7-8

Ilustrasi Mengambil Napas dan Relaksasi/Foto: Freepik/Benzoix
Ilustrasi Mengambil Napas dan Relaksasi/Foto: Freepik/Benzoix

Melansir dari detikHealth, trik ini adalah Latihan pernapasan yang diadopsi dari meditasi penggiat yoga berabad-abad lalu dengan melakukan hal berikut:

  1. Rebahkan tubuh di tempat tidur dengan posisi nyaman
  2. Tarik napas melalui hidung selama 4 detik
  3. Tahan selama 7 detik
  4. Lalu keluarkan secara perlahan dari mulut selama 8 detik

Cara ini dapat kamu ulangi hingga kamu mulai merasa mengantuk. Selain itu, kamu juga dapat mencoba cara lain dengan menarik napas dalam-dalam dan menghitung mundur. Kamu juga bisa melakukan relaksasi otot progresif dengan menegangkan dan mengendurkan otot.

Hal ini dilakukan untuk membuat ritme jantung melambat dan seluruh tubuh terasa rileks.

5.  Mengurangi Penggunaan Gadget

Ilustrasi Menjauhkan Jangkauan Gadget/Foto: Freepik/Stockking
Ilustrasi Menjauhkan Jangkauan Gadget/Foto: Freepik/Stockking

Sesaat sebelum tidur, pastikan jauhkan letak gadget dari kamu, ya. Hal ini berguna agar kamu tidak fokus untuk berkeinginan berselancar di dunia maya karena sekali membuka sosial media, biasanya akan kebablasan hingga lupa waktu.

Melansir dari CNBC, Hindari penggunaan gadget setidaknya 1 jam sebelum tidur karena cahaya biru yang dipantulkan oleh perangkat elektronik dapat membuat tubuhmu sulit rileks.

Well, itu dia beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mudah terlelap di malam hari. Semoga membantu ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE