sign up SIGN UP

Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Buruk Ini Justru Membuat Pola Hidup Kita Tidak Sehat

Zeyra Haya | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 08:00 WIB
Tanpa Disadari, 5 Kebiasaan Buruk Ini Justru Membuat Pola Hidup Kita Tidak Sehat
caption

Membiasakan diri menjaga pola hidup adalah hal yang penting. Sebab, pola hidup tidak hanya mempengaruhi aktivitas seseorang, tapi juga sedikit banyak berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Untuk membentuk pola hidup yang sehat, perlu menjauhi kebiasaan-kebiasaan buruk. Tak boleh disepelekan, kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita sepelekan justru kerap menjadi penyebab munculnya pola hidup tidak sehat.

Stop! 5 Kebiasaan Buruk Ini Justru Buat Tubuh Jadi Tak Sehat

Beauties, penting bagi kita untuk selalu memerhatikan kebiasaan yang sering kita lakukan demi menjaga kesehatan. Terkadang tanpa disadari, kita memiliki kebiasaan yang membuat pola hidup tidak sehat.

Melansir dari Eat This Not That, berikut adalah 5 kebiasaan buruk yang dapat membuat pola hidup kita tidak sehat. Penting untuk menghindarinya mulai dari sekarang.

1. Menghabiskan Waktu untuk Hal-hal Tidak Penting

Salah satu kebiasaan buruk yang harus kita hindari, bermain game dan membuang waktu terlalu lama/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko
(Salah satu kebiasaan buruk yang harus kita hindari, bermain game dan membuang waktu terlalu lama/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kita semua perlu bersantai untuk menghilangkan penat dan stres. Seperti bermain handphone, berbelanja dan aktivitas santai lainnya.

Namun, jangan terlalu terlena dengan bersantai terlalu lama. Tanpa disadari, kamu bisa kehilangan waktu berhargamu. Tentu masih banyak aktivitas produktif dan lebih bermanfaat lainnya yang dapat dilakukan.

2. Tidak Beristirahat Setiap 40-90 Menit

Stop kebiasaan buruk mengabaikan istirahat. Ini pentingnya selingan istirahat ditengah pekerjaan/Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich
(Stop kebiasaan buruk mengabaikan istirahat. Ini pentingnya selingan istirahat ditengah pekerjaan/Foto: pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Terlalu asik  mengerjakan sesuatu mungkin membuat kita terkadang lupa untuk beristirahat. Akan ada momen dimana kita tak sadar telah duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama. Di saat seperti ini kita perlu mengubah posisi badan kita.

Istirahat yang teratur bisa bantu kamu meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi. Mengutip dari detikHealth, kita bisa memanfaatkan waktu beristirahat disela pekerjaan dengan membebaskan waktu beristirahat, mengetahui manfaatnya, dan mengaturnya se-efektif rupa.

3. Mengurangi Waktu Tidur

Stop bergadang! Bahaya kebiasaan mengurangi waktu tidur bagi kesehatan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Stop bergadang! Bahaya kebiasaan mengurangi waktu tidur bagi kesehatan dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sering begadang adalah pola hidup tidak sehat yang sering dilakukan banyak orang. Tidur larut malam otomatis akan membuat tubuh kekurangan waktu tidur. Sebagai tips menjaga kesehatan, sebaiknya kita kurangi bahkan hindari kebiasaan yang satu ini.

Kurang tidur bisa buat tubuh menjadi lemas, konsentrasi berkurang, dan bisa memicu depresi dan gangguan tidur seperti insomnia. Bahkan lebih parahnya, kurang tidur dapat memicu serangan jantung. Untuk itu, menjaga waktu tidur tetap teratur sangat penting supaya bisa menghasilkan tubuh yang sehat dan suasana hati yang stabil.

4. Tidak Mendengarkan Orang Lain

Komunikasi itu penting. Hindari kebiasaan menyepelekan percakapan dengan orang lain/Foto: pexels.com/Vera Arsic
(Komunikasi itu penting. Hindari kebiasaan menyepelekan percakapan dengan orang lain/Foto: pexels.com/Vera Arsic)

Kadang kita terlalu menyepelekan ucapan lawan bicara ketika dalam percakapan. Pikiran kita jauh dari percakapan tersebut. Kebiasaan seperti ini bisa mengisolasi orang lain dan tidak memberikan kamu kesempatan untuk belajar, mengasah kecerdasan, terhubung dan membantu orang lain merasa didengar.

Untuk melakukan percakapan yang lebih baik, kita harus benar-benar fokus pada konteks pembicaraan tersebut. Selanjutnya, ajukan pertanyaan yang bisa memperdalam percakapan.

5. Tidak Fokus Pada Makanan yang Dimakan

Salah satu kebiasaan makan yang harus dihindari, tidak fokus pada makanan/Foto: pexels.com/Adrienn
(Salah satu kebiasaan makan yang harus dihindari, tidak fokus pada makanan/Foto: pexels.com/Adrienn)

Sering kali kita merasa ada yang harus kita lakukan sembari makan. Seperti menyalakan TV, bermain handphone dan lain sebagainya. Tanpa sadar kebiasaan makan ini akan membuat kita menghilangkan kesempatan kita untuk menikmati makanan itu.

Kebiasaan buruk yang satu ini yang kerap menyebabkan kita lebih sering membeli makanan siap saji yang mudah dimakan. Selama kita mengunyah dengan baik, tidak terburu-buru dan memperhatikan makanan kita dengan benar, kita akan lebih menikmatinya sehingga kesehatan pencernaan akan terjaga, serta juga untuk menjaga kesehatan jantung.

Beauties, itulah beberapa kebiasaan buruk yang harus mulai kita hindari karena dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan baik fisik maupun mental. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id