sign up SIGN UP

4 Jenis Makanan dan Minuman yang Dicerna Tubuh Kurang dari 1 Jam, Bisa Berikan Energi dengan Cepat

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 20:30 WIB
4 Jenis Makanan dan Minuman yang Dicerna Tubuh Kurang dari 1 Jam, Bisa Berikan Energi dengan Cepat
caption

Setiap makanan memiliki waktu yang berbeda-beda dalam proses pencernaannya. Seperti contohnya daging, bisa membutuhkan waktu hingga 3 jam untuk melalui proses pencernaan. Namun, adapula beberapa jenis makanan yang membutuhkan waktu singkat untuk dicerna.

Kelebihannya, jenis makanan yang mudah dicerna akan lebih cepat menyediakan energi bagi tubuh. Terlebih saat pagi hari di mana kamu terburu-buru untuk berangkat kerja. Melansir dari laman My Recipes, untuk memulai hari, kamu perlu makan sarapan sehat yang mengandung nutrisi untuk meningkatkan mood, fungsi otak, dan tingkat energi, serta mudah dicerna. 

Namun tahukah kamu makanan dan minuman apa saja yang mudah dicerna bahkan kurang dari 1 jam? Berikut ini ulasannya.

Air Putih

Air putih
Air putih/ Foto: freepik.com/freepik

Saat dahaga dan lelah, hal pertama yang muncul di pikiranmu tentu saja menenggak air putih yang menyegarkan kerongkongan. Air putih sendiri termasuk yang paling cepat dicerna oleh tubuh. Melansir dari laman Healthline, setelah kamu minum air, tidak butuh waktu lama bagi tubuh untuk menyerapnya. Tidak seperti makanan, air dapat dicerna hanya dalam waktu 5 menit.

Tidak heran kamu disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih dibandingkan jenis minuman lain. Sebab tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna minuman yang mengandung tambahan seperti jus, kopi, atau jenis minuman manis lainnya.

Sayuran

Berbagai jenis sayuran
Berbagai jenis sayuran/ Foto: freepik.com/jcomp

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencerna sayuran? Ternyata waktunya berbeda-beda tergantung jenis sayur yang dikonsumsi lho, Beauties. Melansir dari laman The Whole Portion, dibutuhkan 30-40 menit untuk mencerna sayuran padat air. Sayuran ini termasuk selada, seledri, selada air, asparagus, mentimun, paprika, tomat, dan lobak.

Sayuran berdaun hijau dan cruciferous termasuk kangkung, kubis Brussel, brokoli, kembang kol, dan bok choy dicerna dalam waktu sekitar 40-50 menit setelah dimasak dalam air. Bit, ubi jalar, dan wortel siap dimasak masing-masing dalam 50 hingga 60 menit.

Buah-buahan

Buah-buahan
Buah-buahan/ Foto: freepik.com/lifeforstock

Sama halnya dengan sayuran yang terdiri dari beberapa jenis, buah juga demikian halnya sehingga membutuhkan waktu yang berbeda-beda dalam mencernanya. Hal tersebut tergantung pada banyaknya kandungan serat, karbohidrat, gula, serta kandungan air di dalam buah. 

Lebih spesifiknya, melansir dari laman Times Food, semangka dicerna dalam 20-25 menit dan berbagai melon lainnya membutuhkan waktu 30 menit. Buah-buahan seperti jeruk, jeruk bali dan pisang sekitar 30 menit sedangkan apel, pir, ceri, kiwi membutuhkan waktu 40 menit untuk dicerna.

Telur

Telur
Telur/ Foto: freepik.com/lifeforstock

Apabila daging ayam membutuhkan waktu berjam-jam untuk dicerna, beda halnya dengan telur. Melansir dari laman Get Belly Fix, kuning telur membutuhkan waktu yang berbeda dalam mencernanya dibandingkan ketika mengkonsumsi keseluruhan telur beserta bagian putihnya.

Kuning telur sendiri membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk dicerna, sementara keseluruhan telur (putih telur bersama kuning telur) membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk dicerna.

Tak heran ketika diet kamu diimbau untuk mengkonsumsi telur rebus yang notabene membuatmu cepat kenyang dan tidak mudah lapar karena telur memang mudah dicerna serta tinggi protein.

Nah, itu tadi beberapa jenis makanan yang bisa dicerna dalam waktu kurang dari satu jam. Semoga infonya bermanfaat ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id