sign up SIGN UP

4 Kebiasaan yang Bisa Dilakukan Anak Muda untuk Bantu Cegah Penuaan Dini

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 11:45 WIB
4 Kebiasaan yang Bisa Dilakukan Anak Muda untuk Bantu Cegah Penuaan Dini
caption

Semakin bertambahnya usia, proses internal tubuh menjadi melambat dan diiringi munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kelelahan. Umumnya, seseorang mengalami penuaan ketika umurnya di atas 35 tahun.

Namun, penuaan dini bisa dialami seseorang ketika umurnya di bawah 35 tahun. Faktor yang menjadi penyebabnya mulai dari merokok, kualitas tidur yang buruk, pola makan tidak sehat, stres, hingga konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan.

Beauties, menghindari terjadinya penuaan memang tidak bisa kamu lakukan. Namun, kamu bisa mencegah penuaan dini dengan mengubah kebiasaanmu selama ini.

Dilansir dari Eat This, Not That!, ada beberapa kebiasaan yang bisa dilakukan anak muda untuk mencegah penuaan dini. Apa saja, sih? Check this out!

Jangan Begadang

 

Kualitas tidur baik dan cukup/Foto: Freepik.com/tirachardz
Kualitas tidur baik dan cukup/Foto: Freepik.com/tirachardz

Begadang dapat membahayakan kesehatan, seperti berat badan bertambah, sistem kekebalan yang melemah hingga menyebabkan penuaan dini. Jika kamu sering begadang, sebaiknya hindari kebiasaan ini.

Seorang ahli gizi, Sarah Greenfield menjelaskan bahwa saat tidur, tubuh sedang memperbaiki dan mendetoksifikasi sehingga hormon menjadi seimbang. Saat tubuh tidak mendapatkan kualitas dan durasi tidur yang cukup, kulit bisa menjadi terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, dan membuat otak menua dengan cepat. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam setiap hari, sementara untuk remaja sebaiknya tidur selama 8 jam.

Rutin Menggunakan Sunscreen

Ilustrasi menggunakan sunscreen/Foto: Freepik.com/gpointstudio
Ilustrasi menggunakan sunscreen/Foto: Freepik.com/gpointstudio

Menggunakan sunscreen setiap hari merupakan kebiasaan baik yang penting dilakukan dari rangkaian rutinitas perawatan kulit. Sunscreen berperan untuk melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya sehingga potensi kerusakan yang diakibatkan dapat berkurang.

Sebagai investasi kulit, rutin mengaplikasikan sunscreen pada kulit juga untuk mencegah penuaan dini. Selain itu, menggunakan sunscreen tidak hanya saat berkegiatan di luar rumah, namun juga saat berada di dalam rumah. Hal ini dikarenakan sengatan sinar matahari yang paling ringan juga dapat memiliki efek merusak kulit.

Tetap Terhidrasi

Minum air mineral yang cukup/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Minum air mineral yang cukup/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Setiap orang membutuhkan jumlah air yang berbeda, tergantung tingkat aktivitas. Minum air mineral dalam jumlah yang cukup dapat membantu tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, dan menjaga kulit tetap sehat serta tampak awet muda. Jika kamu tidak cukup minum, maka dapat menyebabkan dehidrasi dan dapat meningkatkan munculnya kerutan serta area kering dan kusam pada kulit.

Menghindari Makanan dan Minuman Manis

Aneka permen/Foto: Freepik.com/wirestock
Aneka permen/Foto: Freepik.com/wirestock

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan mengonsumsi gula berlebihan seperti makanan dan minuman manis bisa menyebabkan terjadinya proses glikasi. Saat gula yang berlebih di tubuh bergabung dengan protein, maka membentuk suatu komponen yaitu advanced glycation end prooducts (AGES).

Komponen AGES dapat merusak kolagen dan elastin di kulit, sehingga mengakibatkan kulit mengendur dan munculnya kerutan. Fungsi kolagen dan elastin di kulit yang awalnya menjaga kulit menjadi tetap kencang, kenyal, serta terlihat awet muda pun menjadi berkurang.

Nah, itulah kebiasaan yang bisa dilakukan anak muda yang bisa cegah penuaan dini. Sudahkah kamu terapkan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id