sign up SIGN UP

4 Keluhan Ini Ternyata Gejala Diabetes di Usia Muda, Termasuk Sering Buang Air Kecil!

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 29 May 2022 11:00 WIB
4 Keluhan Ini Ternyata Gejala Diabetes di Usia Muda, Termasuk Sering Buang Air Kecil!
caption

Penyakit diabetes terjadi karena seseorang terlalu banyak mengonsumsi gula. Diabetes tidak hanya menyerang para lansia atau orang dewasa, tapi juga bisa terjadi pada anak muda.

Diabetes di usia muda bisa terjadi akibat pola hidup tidak sehat dan faktor keturunan. Yang sering terjadi pada usia muda adalah diabetes tipe 1 atau juvenil, tapi tak menutup kemungkinan ada pula kasus terkena diabetes tipe 2 apabila memiliki riwayat penyakit turunan.

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 adalah kondisi yang berbeda, tetapi keduanya sama-sama memengaruhi penggunaan insulin oleh tubuh. Meskipun tipe 1 lebih sering terjadi pada anak muda, kedua tipe tersebut dapat menyerang semua rentan umur.

Mengenal Gejala Diabetes pada Anak Muda

Penyakit DiabetesPenyakit Diabetes/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Beauties, gejala diabetes yang dialami remaja dan orang dewasa kerap serupa. Gejala diabetes tipe 1 pada anak muda cenderung berkembang pesat jika dibandingkan dengan gejala diabetes 2.

Bahaya diabetes di usia muda akibat diabetes tipe 1 terjadi ketika pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Sedangkan diabetes tipe 2 dapat terjadi ketika insulin tidak bekerja dengan benar. Tanpa insulin yang cukup, glukosa dapat menumpuk di aliran darah.

Untuk menghindari diabetes, menjaga kadar gula juga harus di imbangi dengan mewaspadai gejala-gejalanya agar diabetes dapat ditangani dengan cepat.

Melansir dari Medical News Today, berikut adalah beberapa keluhan yang patut diwaspadai sebagai gejala diabetes pada usia muda. Simak yuk!

1. Sering Buang Air Kecil

Waspadai gejala diabetes pada anak muda, sering buang air kecil salah satu cirinya/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
(Waspadai gejala diabetes pada anak muda, sering buang air kecil salah satu cirinya/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bahaya diabetes di usia muda harus mulai diwaspadai jika muncul keluhan terlalu sering buang air kecil. Terutama jika sering buang air kecil di malam hari.

Tingginya gula darah menyebabkan tubuh akan berusaha mengeluarkannya lewat urine. Anak muda dengan diagnosa diabetes akan lebih sering buang air kecil bahkan tak mampu menahannya hingga kerap mengompol.

2. Mudah Haus dan Sering Lapar

Gejala diabetes di usia muda, salah satunya mudah lapar dan haus/Foto: pexels.com/Vlada Karpovich
(Gejala diabetes di usia muda, salah satunya mudah lapar dan haus/Foto: pexels.com/Vlada Karpovich)

Reaksi tubuh berusaha mengurangi kadar gula pada darah melalui urine juga mengakibatkan seorang penderita diabetes akan mudah haus. Begitu juga dengan penderita diabetes di usia muda, banyak membuang urine akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak pasokan air.

Kondisi ini kemudian akan membuat tubuh mengirim sinyal rasa haus ke otak. Kurangnya insulin pada tubuh juga akan menyebabkan makanan yang dikonsumsi sulit sekali diubah menjadi energi, sehingga penderita cenderung mudah lapar.

3. Cepat Lelah

Jangan sepelekan, mudah lelah bisa jadi gejala diabetes pada anak muda/Foto: pexels.com/cottonbro
(Jangan sepelekan, mudah lelah bisa jadi gejala diabetes pada anak muda/Foto: pexels.com/cottonbro)

Biasanya, anak muda cenderung lebih berenergi dari para orang dewasa. Namun, jika seorang anak mudah lelah dan lemas, patut dicurigai sebagai gejala diabetes.

Kurangnya insulin pada tubuh akan menyebabkan asupan makanan sulit diubah menjadi energi. Akibatnya, beberapa akan mengalami kondisi ketoasidosis diabetik (DKA) yakni tubuh mulai membakar lemak untuk energi. Kurangnya lemak akan membuat penderita diabetes lebih cepat lelah dibanding orang normal lainnya.

4. Berat Badan Menyusut

Alami penyusutan berat badan secara tiba-tiba meski tak diet, waspadai ciri-ciri penyakit diabetes/Foto: pexels.com/Pixabay
(Alami penyusutan berat badan secara tiba-tiba meski tak diet, waspadai ciri-ciri penyakit diabetes/Foto: pexels.com/Pixabay)

Diabetes di usia muda juga bisa ditandai dengan menurunnya berat badan secara tiba-tiba dan signifikan. Bahkan gejala ini dapat terjadi sebelum adanya diagnosa.

Kondisi ketoasidosis diabetik (DKA) yang kerap dialami penderita diabetes juga mempengaruhi berat badannya. Pembakaran lemak secara terus menerus akan mengakibatkan berat badan menurun bahkan dalam waktu yang cepat. Pada kondisi inilah pasien harus sudah mendapat perawatan secara intensif.

Beauties, itulah beberapa gejala diabetes pada anak usai muda yang harus kita waspadai sedini mungkin. Selalu jaga kesehatanmu ya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id