sign up SIGN UP

Kata Orang Tertua di Dunia, Ini 3 Kebiasaan Makan Sehari-hari yang Bisa Bikin Panjang Umur!

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 27 May 2022 07:14 WIB
Kata Orang Tertua di Dunia, Ini 3 Kebiasaan Makan Sehari-hari yang Bisa Bikin Panjang Umur!
caption
Jakarta -

Di luar sana mungkin banyak yang berhadap hidup dengan umur yang panjang. Namun, sadarkah kamu? Bahwa umur yang panjang saja tidak cukup jika tidak diiringi dengan kualitas hidup dan kesehatan yang baik.

Baru-baru ini, seorang biarawati katolik di Prancis dinobatkan sebagai orang tertua di dunia. Adalah Suster André, biarawati berusia 118 tahun yang melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil yang mengantarkannya pada usia yang panjang dan berkualitas.

Dihimpun dari Eat This, Suster André membocorkan kebiasaan-kebiasaan yang ia lakukan setiap hari pada sebuah wawancara. Apa saja? Let's check it out.

Parkinson and Alzheimer female senior elderly patient with caregiver in hospice care. Doctor hand with stethoscope check up older woman people. Old aging person seeing medical physician in hospital.Ilustrasi lansia. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Pornpak Khunatorn

Makan Bareng

Menurut Suster André, rahasia panjang umur versi dirinya adalah makan bersama. Sejak Perang Dunia II, Suster André telah menjadi anggota ordo Katolik Sisters of Charity, yang melayani anak yatim, orang tua, dan pasien rumah sakit.

Hal tersebut merupakan ciri kehidupan beragama Katolik yang biasanya berkegiatan secara komunal, termasuk makan bersama. Kiat panjang umur ini didukung oleh penelitian dari Universitas Oxford yang mengungkapkan bahwa semakin sering orang makan bersama orang lain, semakin bahagia dan puas perasaan mereka.

top view muslim family enjoy the iftar meal dinner together in dining roomIlustrasi makan bersama. / Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto

Di sisi lain, sebuah studi tahun 2013 di Journal of Nutrition Education and Behavior juga menunjukkan bahwa sepanjang umur, makan bersama orang lain memiliki kaitan dengan pola makan yang lebih sehat. Orang Prancis memang sangat terkenal dengan acara makan komunal.

Nikmati Makanan Favorit

Suster André juga mengatakan bahwa rahasia panjang umurnya adalah dengan menikmati makanan favorit. Kamu mungkin akan terkejut dengan pilihan makanan Sister André.

Chocolate dessert dengan isian karamel/Foto: Pexels.com/Gustavo PeresIlustrasi dark chocolate. / Foto: Pexels.com/Gustavo Peres

Pasalnya, biarawati tersebut sangat menikmati cokelat dan anggur secara teratur. Meskipun terdengar seperti paradoks, tapi makanan kesukaan terbukti bisa meningkatkan mood dan menghilangkan stres

Bagaimanapun, kebahagiaan berkaitan dengan umur yang lebih panjang. Studi menunjukkan bahwa orang dengan suasana hati yang baik memiliki kemungkinan 35% lebih kecil untuk meninggal selama lima tahun.

Fakta menariknya adalah Sister André bukan orang tertua pertama di dunia yang gemar makan cokelat dan anggur sebagai rahasia umur panjangnya. Guinness Book of World Records mencatat, Jeanne Louise Calment, orang tertua yang sama-sama orang Prancis, juga percaya cokelat dan anggur port sangat berperan dalam umur panjangnya.

Pilih Makanan Tinggi Antioksidan

Veggie drawer in the fridgeIlustrasi makanan tinggi antioksidan. / Foto: Getty Images/iStockphoto/gyro

Selain makan makanan kesukaan, Suster André juga mengonsumsi makanan tinggi antioksidan. Kabar baiknya, zat tersebut ditemui pada makanan kesukaannya tersebut.

Anggur merah mengandung resveratrol antioksidan, yang dapat mendukung kesehatan jantung dengan cara menangkal kerusakan pembuluh darah, mengurangi kolesterol LDL yang berbahaya, dan mencegah pembekuan darah.

Cokelat hitam kesukaannya juga memiliki banyak antioksidan yang juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Secara umum, ketika kamu ingin panjang umur, kamu tidak boleh salah memilih makanan yang padat nutrisi dan tinggi antioksidan.

Dalam hal ini, cokelat dan anggur bukan satu-satunya, Beauties. Buah-buahan seperti beri dan jeruk, sayuran seperti sayuran hijau dan protein nabati seperti kacang-kacangan dan kacang-kacangan juga mengandung antioksidan utama.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id