STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

4 Tanda Kamu Olahraga Berlebihan dan Cara Menghindarinya

Agesti | Beautynesia
Sabtu, 31 Oct 2020 07:00 WIB
4 Tanda Kamu Olahraga Berlebihan dan Cara Menghindarinya

Olahraga menjadi salah satu gaya hidup sehat yang wajib dilakukan setiap orang. Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan maka bukan efek baik yang dirasakan malah justru sebaliknya.

Menurut National Safety Council Amerika Serikat, olahraga berlebihan bisa memperbesar risiko cedera. Sayangnya, seringkali cedera tersebut tidak disadari oleh tubuh. Akibatnya, seseorang masih masih memaksakan tubuh untuk berolahraga meski kondisinya sedang tidak baik-baik saja. 

Untuk menghindari hal tersebut, kita perlu tahu nih, apa saja tanda ketika kita sudah berlebihan dalam berolahraga. Seperti dilansir dari Wolipop, berikut 4 tandanya.

Kesulitan Berbicara

Wanita dan olahraga
Kesulitan berbicara merupakan tanda tubuh kelelahan. Sumber: Unsplash/Hipcravo

Tanda umum tetapi jarang disadari ketika tubuhmu sudah mencapai titik lelah akibat olahraga adalah kesulitan berbicara. Selama aktifitas, periksa dan lihat apakah kamu dapat membentuk kalimat tanpa kesulitan. Sebab jika terlalu lelah maka ritme nafas akan lebih cepat sehingga akan menyulitkanmu untuk bisa berbicara dengan lancar. Jika sudah demikian, maka turunkan intensitas olahraga perlahan kemudian istirahat sejenak.

Nyeri dan Cedera

Ilustrasi tangan cedera
Kelelahan memperbesar risiko cedera. Sumber: Unsplash/Brian PPatrick Tagalog

Olahraga berlebihan menyebabkan tubuh dan pikiran menjadi kurang fokus sehingga berisiko tinggi alami cedera. Selain itu, gerakan fisik berulang dari waktu ke waktu baik yang berhubungan dengan olahraga atau pekerjaan bisa menyebabkan fraktur stres atau tendinitis yang ditandai dengan rasa nyeri, sesak hingga sensasi berdenyut atau terbakar.

Jika kamu sudah mengalami tanda ini maka sebaiknya kamu konsultasikan kepada ahlinya dan menghindari aktivitas fisik berat untuk penyembuhan.


Dehidrasi

Ilustrasi wanita minum air
Dehidrasi merupakan salah satu tanda olahraga berlebihan. Sumber: Unsplash/Houston Max

Olahraga berlebihan juga bisa sebabkan dehidrasi. Oleh karena itu, jika kamu sudah alami tanda-tanda seperti mulut kering, kelelahan hingga pusing maka sebaiknya kamu menurunkan intensitas aktifitas fisik kemudian isi kembali cairan tubuh dengan air putih. 

Kelelahan

Ilustrasi wanita olahraga boxing
Olahraga berlebihan sebabkan kelelahan tubuh. Sumber: Unsplash/Logan Weaver

Olahraga berlebihan tentu sebabkan rasa lelah. Selain rasa lelah, kamu mungkin akan mengalami pusing, rasa amarah yang tidak terkontrol hingga menjadi kurang rasional. 

Agar tak mengalami hal demikian, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengontrol olahraga. Pertama, selalu lakukan peregangan sebelum dan setelah melakukan olahraga. Hal ini penting untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan latihan agar otot menjadi lebih dinamis. Kedua, lakukan olahraga secara perlahan guna menyesuaikan tubuh dengan beban latihan. Ketiga, pastikan untuk beristirahat cukup agar tubuh menjadi segar setelah berolahraga.

(kik/kik)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE