sign up SIGN UP

5 Bahaya Minum Sambil Berdiri, Salah Satunya Berisiko Bikin Ginjal Rusak

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 27 Aug 2021 10:00 WIB
5 Bahaya Minum Sambil Berdiri, Salah Satunya Berisiko Bikin Ginjal Rusak
caption

Minum adalah kebutuhan utama bagi tubuh agar tidak kekurangan cairan sehingga kesehatan organ tubuh tetap terjaga. Namun Beauties, kamu tidak disarankan untuk minum sambil berdiri, ya. Selain terlihat tidak sopan, minum sambil berdiri juga bisa menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, lho. 

Bahkan mengutip Only My Health, tidak hanya minum, bahkan makan sambil berdiri juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Lalu dampak buruk apa yang ditimbulkan karena minum sambil berdiri? Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Tersedak

Tersedak
Tersedak/ Foto: freepik.com

Bahaya pertama yang mungkin kamu alami ketika minum sambil berdiri adalah tersedak. Terlebih jika kamu minum sambil berdiri dan dalam kondisi tergesa-gesa.

Jangan anggap tersedak karena minum adalah hal yang sepele, sebab tersedak bisa menyebabkan komplikasi hingga mengancam nyawa, lho. Jadi minumlah dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa ya, Beauties.

2. Kerusakan pada Pencernaan dan Ginjal

Masalah pada pencernaan dan ginjal
Masalah pada pencernaan dan ginjal/ Foto: freepik.com

Ketika minum sambil berdiri, air akan mengalir dengan cepat ke perut bagian bawah dan menimbulkan percikan yang bisa melukai dinding perut bagian bawah. Hal tersebut berisiko mengakibatkan masalah pencernaan yang serius.

Dilansir Doctor NDTV, minum sambil berdiri juga bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal, karena air yang mengalir tidak melewati sistem penyaringan yang sempurna. Akibatnya, kotoran dapat terkumpul dalam darah dan kandung kemih sehingga ginjal menjadi rusak.

3. Radang Sendi

Radang sendi
Radang sendi/ Foto: freepik.com

Minum sambil berdiri juga bisa mengganggu kesehatan sendi, Beauties. Ini karena bisa membuat keseimbangan cairan dalam tubuh terganggu. Air dalam tubuh bisa terakumulasi pada sendi sehingga berpotensi menyebabkan radang sendi.

Lebih baik cari tempat duduk yang nyaman untuk minum ya, Beauties. Agar kesehatan sendi tetap terjaga.

4. Perut Kembung

Perut kembung
Perut Kembung/ Foto: freepik.com

Ketika minum sambil berdiri, biasanya kamu akan lebih banyak dan lebih lama menenggak air. Semakin lama kamu menenggak air dengan posisi berdiri, maka semakin banyak pula udara yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, kamu akan mudah mengalami perut kembung dan terasa tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitasmu. 

5. Masih Merasa Haus

Masih terasa haus
Masih terasa haus/ Foto: freepik.com

Minum sambil berdiri tidak serta merta bisa memuaskan dahaga sehingga kamu justru akan semakin banyak minum. Padahal seperti yang sudah dijelaskan, semakin banyak air yang kamu minum ketika berdiri, semakin besar pula potensinya dalam merusak organ dalam.

Untuk itu kamu perlu mengubah kebiasaan dengan minum air sambil duduk dan tidak perlu tergesa-gesa.


Our Sister Site

mommyasia.id