sign up SIGN UP

5 Buah Tinggi Protein Ini Pilihan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Bikin Badan Lebih Fit!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 02:30 WIB
5 Buah Tinggi Protein Ini Pilihan Terbaik untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Bikin Badan Lebih Fit!
caption

Menjalankan ibadah puasa tak hanya dengan fisik yang kuat dan sehat. Memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh juga harus diperhatikan saat berpuasa.

Tak hanya mengonsumsi cukup mineral, telur, dan daging. Namun, tubuh pun membutuhkan nutrisi dari buah-buahan yang dapat memenuhi jumlah protein dalam tubuh. Tubuh membutuhkan setidaknya 75gr protein pada orang dewasa agar tetap fit dan tidak lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Protein memiliki fungsi menghasilkan enzim dan hormon yang dapat menjaga fungsi sel dan organ dalam tubuh. Mengonsumsi protein setiap hari sangat penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh, karena berperan untuk pembentukan otot. Lalu, buah apa saja ya Beauties yang mengandung protein tinggi untuk mencukupi kebutuhan tubuh saat berpuasa? Simak, yuk!

Mengutip dalam MyFoodData, yang ditulis oleh Daisy Whitbread seorang ahli gizi dan terapi nutrisi. Berikut buah dengan protein tinggi yang dapat dikonsumsi saat berpuasa. Simak yuk!

1. Jambu Biji

Jambu biji memiliki protein tinggi
Jambu Biji/ Foto: Freepik.com/freepik

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam satu buah jambu biji mengandung 1.4gr protein dan 4.2gr dalam satu cangkir.

Selain itu, jambu biji mengandung kalium, lycopene, antikarsinogenik yang dapat menjaga tubuh agar tetap fit selama berpuasa. Dapat dikonsumsi saat sahur, baik dimakan langsung maupun dijus.

2. Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi
Alpukat/ Foto: Freepik.com/dashu83

Alpukat merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan baik dikonsumsi saat puasa untuk memenuhi nutrisi selama berpuasa dan menghindari berbagai penyakit. Protein yang terkandung dalam satu buah alpukat adalah 4gr, untuk kamu yang sedang diet buah alpukat cocok dikonsumsi saat puasa karena dapat membantu menyingkirkan lemak perut dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Bagus untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa nih, Beauties.

3. Pisang

Pisang kaya akan serat
Pisang/ Foto: Freepik.com/kamranaydinov

Buah pisang kaya akan kalium, serat, karbohidrat, berbagai vitamin yang dapat membantu stamina tubuh tetap terjaga agar tubuh tetap fit. Dalam satu buah pisang mengandung 1.3gr protein. Sehingga, pisang dapat menjadi pelengkap menu sahur dan berbuka puasa sebagai sumber energi.

4. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C
Jeruk/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Mengonsumsi buah jeruk saat berpuasa dapat membantu menjaga cairan tubuh agar tetap terhidrasi. Selain kaya akan vitamin C, jeruk mengandung 1.2gr protein yang baik untuk tubuh. Nutrisi pada jeruk mampu menjaga tubuh agar tidak lemas saat berpuasa.

5. Melon Kuning

Melon kuning memiliki protein tinggi
Melon Kuning/ Foto: Freepik.com/jcomp

Rasa manis alami yang dimiliki melon kuning ternyata memiliki banyak manfaat, lho Beauties. Dalam satu buah melon kuning memiliki 4.6gr protein, sedangkan 1.5gr per cangkirnya.

Mengonsumsi melon kuning saat berpuasa dapat menggantikan cairan tubuh setelah berpuasa seharian. Kandungan vitamin A dan C di dalamnya dapat menjaga kesehatan kulit selama berpuasa, lho Beauties. Tertarik untuk mencoba?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id