sign up SIGN UP

5 Cara Agar Tetap Bugar di Bulan Puasa dengan Meningkatkan Kualitas Tidur

Fahira Mahza | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 03:30 WIB
5 Cara Agar Tetap Bugar di Bulan Puasa dengan Meningkatkan Kualitas Tidur
caption
Jakarta -

Selama berpuasa, sebagian orang seringkali mengalami banyak perubahan dalam pola hidup. Diantaranya perubahan pola makan dan jadwal tidur. Hal tersebut umum terjadi dikarenakan kita akan bangun lebih pagi untuk melaksanakan sahur untuk memperlancar kita dalam berpuasa.

Akibat perubahan pola tidur ini membuat banyak orang  lebih cepat mengantuk ketika berpuasa. Sebenarnya, hal ini umum terjadi ketika berpuasa namun seringkali rasa mengantuk tersebut membuat rasa malas dalam tubuh meningkat serta membuat tubuh semakin lemas.

Namun tak perlu khawatir, untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu meningkatkan kualitas tidurmu. Berikut 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur agar tubuhmu tetap bugar selama berpuasa.

1. Tidur Lebih Awal

Tidur lebih awal
Tidur lebih awal/foto: pexels.com

Faktor yang kerap kali membuat tubuh merasa lemas ketika berpuasa ialah tidur yang kurang cukup serta kualitas tidur yang rendah. Terlebih lagi ketika berpuasa kamu akan memiliki waktu tidur yang lebih sedikit dibanding hari biasanya untuk menunaikan ibadah.

Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan tidur lebih awal. Sebisa mungkin ketika kamu telah usai menunaikan ibadah di bulan suci  seperti sholat tarawih, kamu langsung bergegas untuk tidur agar ketika kamu bangun untuk sahur energimu telah terisi dan tidak ada lagi rasa lemas.

Kunci dari cara ini ialah kamu harus konsisten dengan jam tidur dan bangun tidur yang kamu buat supaya kualitas tidur tetap terjaga.

2. Buat Suasana Nyaman di Kamar Tidur

Buat suasana nyaman di kamar tidur
Buat suasana nyaman di kamar tidur/foto: pexels.com

Seringkali ketika kamu sudah berniat untuk tidur cepat namun kamu merasa kondisi kamarmu tak mendukungmu untuk tidur. Hal tersebut dapat disebabkan karena penuhnya barang di dalam kamar, banyaknya orang di dalam kamar, ataupun kondisi kamar yang kotor.

Jadi pastikan untuk dapat tidur dengan nyenyak kamu harus membuat suasana kamarmu senyaman mungkin. Kamu dapat mendekorasinya agar lebih nyaman, membersihkannya sebelum tidur, dan memastikan suasana kamarmu tenang.

Cara ini perlu diperhatikan karena semakin kamu merasa nyaman, otot-otot tubuh akan lebih rileks dan membuat kamu lebih cepat mengantuk.

3. Hindari Hal-Hal yang Mengganggu Tidur

Hindari hal-hal yang mengganggu tidur
Hindari hal-hal yang mengganggu tidur/foto: pexels.com

Penyebab kualitas tidurmu rendah salah satunya dikarenakan kamu seringkali terlalu sibuk melakukan berbagai kegiatan yang menyita waktumu ketika hendak tidur seperti halnya bermain handphone.

Kebiasaan tersebut dapat mengganggu pengaturan siklus tidur alami seseorang, atau dikenal sebagai ritme sirkadian. Paparan sinar biru dari telepon genggam dapat menghambat produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang mengatur siklus tidur seseorang.

Akibatnya, kamu menjadi semakin susah tidur bahkan efeknya bisa sampai mengubah jadwal tidur dalam jangka waktu lama.

4. Perhatikan Semua yang Kamu Konsumsi Sebelum Tidur

Perhatikan Semua yang Kamu Konsumsi Sebelum Tidur
Perhatikan Semua yang Kamu Konsumsi Sebelum Tidur/foto; pexels.com

Salah satu cara agar tidurmu nyenyak ialah dengan memastikan dirimu tidak  kelaparan atau  kekenyangan saat hendak tidur. Kamu dapat menghindari mengonsumsi makanan berat beberapa jam sebelum tidur, dan jangan langsung tidur setelah makan besar.

Namun jika kamu terlalu lapar sebelum tidur, kamu dapat mengonsumsi makanan yang mudah dicerna dan makan dalam porsi kecil, seperti buah atau biskuit gandum. Sebisa mungkin, kamu menghindari rokok dan kafein.

Sebab, efek stimulasi dari nikotin dan kafein membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk bisa luruh sepenuhnya. Hal ini dapat membuat kualitas tidur kamu selama puasa jadi berantakan.

5. Usahakan Tidur Siang Sejenak

Usahakan tidur siang sejenak
Usahakan tidur siang sejenak/foto: pexels.com

Meskipun kamu disibukkan dengan berbagai kegiatan selama berpuasa, namun kamu sebisa mungkin menggunakan waktu luangmu di sela-sela pekerjaan untuk tidur siang.

Tidur siang saat puasa tidak hanya membantu mengatasi rasa kantuk, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Menurut para ahli, tidur siang selama 15-30 menit dapat me-reset fungsi organ dalam tubuh.  

Nah, itulah 5 cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas tidurmu terutama ketika berpuasa. Kunci dari semua cara tersebut ialah konsisten dalam melakukan semua kegiatan agar tujuanmu dalam mendapatkan kualitas tidur yang semakin baik dapat tercapai.

--------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id