sign up SIGN UP

5 Cara Makan Sehat Selama Hari Raya Idulfitri, Biar Badan Nggak Ikut 'Lebar-an' Beauties!

Zeyra Haya | Beautynesia
Minggu, 01 May 2022 21:00 WIB
5 Cara Makan Sehat Selama Hari Raya Idulfitri, Biar Badan Nggak Ikut 'Lebar-an' Beauties!
caption

Usai berpuasa sebulan penuh, akhirnya kita sampai pada hari kemenangan yakni Hari Raya Idulfitri 1443 H. Momen berkumpul bersama keluarga yang kita nanti akhirnya dapat kita rasakan kembali pada tahun ini.

Suasana lebaran tentu akan dimeriahkan dengan berbagai hidangan khas Hari Raya, mulai dari ketupat, opor ayam, daging rendang dan kue-kue lebaran. Banyaknya hidangan yang terjadi membuat kita kerap lapar mata dan lupa menjaga pola makan.

Kebiasaan inilah yang kemudian membuat berat badan naik drastic usai hari lebaran. Tidak mengontrol asupan makanan saat lebaran juga memicu naiknya kolesterol dan gangguan pencernaan.

Supaya Nggak 'Lebar-an', 5 Cara Makan Sehat Saat Lebaran Ini Wajib Kamu Terapkan!

Usai berpuasa di bulan Ramadan, tentu kebiasaan dan pola makan kita sedikit banyak akan mengalami perubahan. Sebab itu, makan berlebihan saat hari lebaran justru akan memicu berbagai gangguan kesehatan karena tubuh akan bekerja ekstra mencerna asupan makanan yang terlalu banyak secara tiba-tiba.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk dapat menahan diri dan mengatur pola makan. Beauties, berikut adalah beberapa cara makan saat lebaran yang bisa kita terapkan.

1. Hindari Lemak Berlebih

Tips makan sehat saat lebaran, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak/Foto: food.detik.com
(Tips makan sehat saat lebaran, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak/Foto: food.detik.com)

Menu khas Hari Raya terkenal tinggi lemak karena mengandung santan dan didominasi oleh daging-dagingan. Terlalu banyak mengonsumsi lemak akan menimbulkan risiko naiknya kolesterol dan tekanan darah tinggi usai hari lebaran.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari konsumsi lemak berlebih. Bukan berarti tidak boleh makan masakan lebaran, namun sebaiknya siasati dengan mengatur porsi dan memilih daging yang rendah lemak saja.

2. Ganti Gula Alami Dari Buah

Supaya gula darah tidak naik drastis, kurangi makanan terlalu manis saat lebaran dan ganti dengan buah-buahan/Foto: pexels.com/PhotoMIX Company
(Supaya gula darah tidak naik drastis, kurangi makanan terlalu manis saat lebaran dan ganti dengan buah-buahan/Foto: pexels.com/PhotoMIX Company)

Mengutip dari detikEdu, pakar gizi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dwi Budiningsari menjelaskan pentingnya mengurangi gula karena dapat memicu resiko obesitas dan penyakit jantung.

"Kurangi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan atau minuman yang terlalu manis," ujar Dwi.

Sebagai gantinya, agar terhindar dari risiko gula darah tinggi sebaiknya ganti makanan manis dengan gula alami dari buah-buahan. Mengonsumsi buah juga dapat sekaligus memenuhi kebutuhan vitamin dan serat bagi tubuh.

3. Jangan Skip Minum Air Putih

Pastikan tubuh tetap terhindrasi, jangan sampai skip minum air putih/Foto: pexels.com/Lisa Fotios
(Pastikan tubuh tetap terhindrasi, jangan sampai skip minum air putih/Foto: pexels.com/Lisa Fotios)

Memastikan tubuh terhidrasi juga jadi salah satu hal yang wajib dilakukan selama hari lebaran. Minum air putih dapat membantu tubuh mengembalikan kadar glikogen yang berkurang selama kita berpuasa.

Dwi mengatakan, mengatur minum dan pola tidur adalah hal yang wajib dilakukan.

"Tidak lupa juga penting untuk memperhatikan konsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter dalam sehari dan istirahat yang cukup yaitu minimal 8 jam sehari," katanya.

4. Atur Porsi dan Waktu Makan

Supaya berat badan stabil, hindari kalap makan. Atur porsi makan dan jeda waktu makanmu selama lebaran/Foto: detik.com
(Supaya berat badan stabil, hindari kalap makan. Atur porsi makan dan jeda waktu makanmu selama lebaran/Foto: detik.com)

Tips makan saat lebaran selanjutnya adalah dengan mengatur porsi dan waktu makan. Dengan begitu, kita tetap dapat menikmati hidangan lebaran sekaligus menjaga pola makan. Sebaiknya, ambil porsi sedikit agar tidak makan berlebihan.

Penting juga untuk menjeda waktu makan dari satu waktu ke waktu selanjutnya. Dwi juga menyarankan untuk menghindari makan berat 2 jam sebelum tidur.

"Asam lambung dari perut rentan naik ke kerongkongan saat seseorang langsung tidur setelah makan. Hal itu bisa menyebabkan seseorang merasa mulas, dada atau perut bagian atas nyeri, mual, sampai sakit tenggorokan," katanya.

5. Makan Buah dan Sayur Antioksidan

Agar tubuh tetap sehat, selingi hidangan lebaran dengan buah dan sayur antioksidan/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko
(Agar tubuh tetap sehat, selingi hidangan lebaran dengan buah dan sayur antioksidan/Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Cara makan sehat selama lebaran 2022 yang terakhir adalah dengan menyelingi hidangan lebaran dengan buah dan sayuran kaya antioksidan. Buah dan sayur mengandung serat yang akan membantu melancarkan pencernaan. Sementara antioksidan dapat menangkal radikal bebas.

Dwi menjelaskan, "Antioksidan juga penting karena dapat menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh dan membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Antioksidan dapat diperoleh dari apel, jeruk, ubi jalar, asparagus, bawang merah, bawang putih, brokoli, pepaya, dan wortel,” jelasnya.

Melansir dari CNN Indonesia, itulah beberapa tips makan sehat saat lebaran untuk menjaga pola makan agar dapat tetap sehat di hari raya. Beauties, selamat Hari Raya Idulfitri 1443 H. Mohon maaf lahir dan batin ya, Beauties!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id