STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food untuk Perempuan, Termasuk Dapat Mengganggu Kesuburan?

Natasha Riyandani | Beautynesia
Kamis, 06 Oct 2022 10:30 WIB
5 Dampak Buruk Konsumsi Junk Food untuk Perempuan, Termasuk Dapat Mengganggu Kesuburan?

Tak bisa dipungkiri, jika junk food merupakan makanan favorit yang selalu dipilih oleh banyak orang. Rasanya yang enak dan harga terjangkau menjadi salah satu alasan orang-orang banyak mengonsumsi makanan cepat saji. Terlebih restoran tempat saji saat ini sangat mudah ditemukan, dan terus berkembang di setiap tempat.

Namun, sangat disayangkan di balik rasanya yang sangat lezat dan menggoda ternyata junk food memberikan dampak yang tidak baik untuk kesehatan, terutama pada perempuan. Pada beberapa penelitian pun dikatakan bahwa junk food dapat memberikan pengaruh buruk pada kesuburan perempuan.

Berikut ini adalah dampak buruk dari mengonsumsi junk food bagi perempuan yang dilansir dalam laman Healthline. Simak yuk!

1. Berdampak Pada Sistem Reproduksi

Sistem reproduksi perempuan dapat bermasalah akibat terlalu banyak mengonsumsi junk food
Berdampak Pada Sistem Reproduksi/ Foto: Freepik.com/author/nakaridore

Sering kali masakan cepat saji menggunakan bahan-bahan yang berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah flatat.

Flatat sendiri merupakan bahan kimia yang apabila dikonsumsi secara terus menerus dapat mengganggu kinerja hormon dalam tubuh. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah pada reproduksi, seperti cacat saat lahir.

2. Obesitas

Obesitas dapat terjadi karena junk food mengandung banyak lemak dan gula
Obesitas/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Tak heran banyak orang yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih akibat mengonsumsi junk food. Hal ini dapat terjadi karena masakan cepat saji mengandung banyak lemak, kalori, dan gula pada setiap sajiannya.

Jika sudah mengalami obesitas, tubuh akan mudah mengalami berbagai penyakit seperti diabetes, nyeri sendi, hingga serangan jantung. Maka dari itu, penting untuk mengurangi jumlah asupan junk food.

3. Masalah Kesehatan Kulit

Wajah dapat timbul jerawat karena mengonsumsi junk food
Masalah Kesehatan Kulit/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi gula dan lemak berlebih pada makanan menjadi salah satu alasan timbulnya jerawat. Orang yang gemar mengonsumsi makanan cepat saji berpotensi memiliki jerawat maupun kulit memerah di wajah.

4. Mengganggu Kinerja Pembelajaran dan Otak

Junk food mengandung banyak lemak dan gula yang dapat mengurangi kinerja otak
Mengganggu Kinerja Pembelajaran dan Otak/ Foto: Freepik.com/author/drazenzigic

Mengonsumsi terlalu banyak gula dan lemak ternyata dapat menekan fungsi dan kinerja otak saat belajar, loh. Otak memiliki tanggungjawab untuk belajar dan mengingat memori. Maka, sebaiknya kurangi jumlah asupan junk food karena perlahan dapat menurunkan daya ingat seseorang.

5. Masalah Pernafasan

Masalah pernafasan dapat terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi junk food
Masalah Pernafasan/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Selain dapat menyebabkan obesitas, mengonsumsi makanan cepat saji memiliki peluang mengalami penyakit pernafasan seperti asma dan sesak nafas karena kelebihan berat badan tersebut. Terutama pada perempuan, masalah pernafasan dapat mudah terjadi sehingga kamu akan merasa cepat lelah setelah menaiki beberapa anak tangga, berjalan, dan berolahraga.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE