STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Menurut Para Ahli, Ini Cara Mudah Mengontrol Nafsu Makan Biar Diet Nggak Jadi Berantakan!

Zeyra Haya | Beautynesia
Sabtu, 20 Aug 2022 08:00 WIB
Menurut Para Ahli, Ini Cara Mudah Mengontrol Nafsu Makan Biar Diet Nggak Jadi Berantakan!

Program diet bisa berjalan dengan efektif apabila kita turut memerhatikan pola makan. Tak hanya pemilihan bahan dan menu makanan, porsi dan nafsu makan pun turut harus kita sesuaikan.

Beberapa orang kerap mengaku kesulitan mengatur nafsu makan, terutama saat sedang diet. Hal ini wajar terjadi, sebab saat diet kita cenderung mengurangi porsi makan kita.

Tak hanya saat sedang diet, pada kondisi tertentu nafsu makan juga bisa meningkat secara tiba-tiba. Maka, sebaiknya kita perlu mengetahui tips mengontrol nafsu makan yang sehat.

Ampuh dan Sehat, Ini 5 Cara Mengontrol Nafsu Makan Menurut Para Ahli

Cara diet sehat adalah tetap memastikan nutrisi tubuh terpenuhi. Oleh sebab itu, hindari konsumsi makanan ringan atau junk food yang rendah gizi hanya karena kesulitan mengatur nafsu makan.

Beauties, mengontrol nafsu makan adalah hal yang wajib dilakukan. Maka dari itu, melansir dari Detik Food, berikut beberapa tips mengatur nafsu makan secara sehat dari para ahli yang harus mulai kita terapkan. Simak yuk!

1. Sarapan Pagi

Jangan sepelekan sarapan pagi, ternyata menjadi salah satu solusi untuk mengatur nafsu makan/Foto: pexels.com/Julian Jagtenberg
(Jangan sepelekan sarapan pagi, ternyata menjadi salah satu solusi untuk mengatur nafsu makan/Foto: pexels.com/Julian Jagtenberg)

Cara diet sehat untuk mengatur nafsu makan adalah dengan sarapan pagi. Siapa sangka, sarapan justru adalah waktu makan yang paling tepat untuk menjaga kesehatan. Sebab dengan sarapan, tubuh kita dapat menyeimbangkan gula darah dan mencegah nafsu makan berlebihan.

Mengutip dari Detik Food, sarapan juga dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi karena tubuh akan mendapat bahan bakar yang cukup untuk bekerja seharian secara optimal. Tak hanya itu, sarapan juga dapat mendorong metabolisme tubuh.

2. Menjaga Kadar Gula Stabil

Selain dapat menghindari diabetes, dengan mengurangi asupan gula juga dapat mengatur nafsu makan/Foto: pexels.com/Tara Winstead
(Selain dapat menghindari diabetes, dengan mengurangi asupan gula juga dapat mengatur nafsu makan/Foto: pexels.com/Tara Winstead)

Cara mengatur nafsu makan selanjutnya adalah dengan menjaga kadar gula dalam tubuh tetap seimbang. Sebab, kadar gula dapat meningkat karena banyak faktor, yang kemudian menimbulkan rasa lapar berlebih.

Makanan pertama yang masuk ke dalam tubuh akan membantu gula darah menjadi seimbang sekaligus menahan lapar lebih lama. Inilah sebabnya sarapan menjadi sangat penting.

3. Memilih Camilan Sehat

Memilih camilan yang sehat juga bisa menjadi tips untuk mengontrol nafsu makan/Foto: pexels.com/Tree of Life Seeds
(Memilih camilan yang sehat juga bisa menjadi tips untuk mengontrol nafsu makan/Foto: pexels.com/Tree of Life Seeds)

Tak hanya makanan pokok, memilih camilan sehat juga tak kalah penting. Dengan memilih camilan yang mencukupi gizi, maka kita dapat memenuhi nutrisi butuh sekaligus menghalau rasa lapar.

Makanan yang kaya nutrisi dan lemak sehat akan lebih baik dalam mempertahankan rasa kenyang. Sebaliknya, konsumsi makanan ringan terutama makanan olahan seperti permen dan keripik akan membuat tubuh lebih lama dalam mengelola glukosa tinggi dan lemak olahan. Yang justru memicu timbulnya rasa lapar.

4. Memastikan Tubuh Terhidrasi

Tidur dan minum air putih yang cukupMinum/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Menjaga tubuh tetap terhidrasi nyatanya tak hanya penting untuk menjaga keseimbangan mineral tubuh, namun juga untuk mengontrol nafsu makan. Sebab, beberapa studi mengatakan bahwa rasa haus cenderung mendorong rasa lapar dan ingin makan. Padahal yang tubuh butuhkan adalah air.

Untuk itu, sangat penting memastikan tubuh selalu terhidrasi. Dengan meminum air putih atau minuman non kafein agar mengekang keinginan ngemilmu.

5. Tidur Cukup

Tak hanya pola makan, pola tidur yang baik juga akan mempengaruhi nafsu makan. Ini faktanya/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto
(Tak hanya pola makan, pola tidur yang baik juga akan mempengaruhi nafsu makan. Ini faktanya/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tips mengontrol nafsu makan yang disarankan para ahli lainnya adalah memastikan waktu tidur cukup. Kurang tidur selain dapat menurunkan imunitas tubuh, dapat juga menyebabkan perubahan kadar gula darah karena akan membangun resistensi insulin.

Resistensi insulin inilah yang kemudian akan memicu rasa lapar berlebih. Disamping itu, menjalankan pola tidur yang baik dapat membuat tubuh lebih sehat dan segar saat bangun di pagi hari.

Beauties, itulah beberapa cara mengatur nafsu makan dengan cara sehat yang direkomendasikan para ahli. Tertarik mencobanya?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE