sign up SIGN UP

5 Ide Kegiatan yang Bisa Bikin Mood Naik Seketika!

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Jumat, 29 Jul 2022 08:15 WIB
5 Ide Kegiatan yang Bisa Bikin Mood Naik Seketika!
caption

Mood atau bisa disebut juga perasaan hati seseorang bisa berubah-ubah setiap waktunya. Terkadang ada kalanya mood menjadi buruk sekali, sehingga malas melakukan kegiatan apapun.

Namun, karena kamu perlu melakukan sesuatu yang penting, misal bekerja, kuliah, atau bertemu orang lain, mood kamu sebaiknya perlu diperbaiki terlebih dulu.

Ketika hal itu terjadi bisa coba lakukan 5 kegiatan yang bisa membuat mood naik dan positif kembali.

1. Berolahraga

Para wanita sedang yoga di pinggir pantai
Exercise/ foto: unsplash/ kayleegarrett

Berolahraga, seperti aerobic, yoga, jogging, berenang, dan sebagainya, dinilai bisa membuat kualitas mood menjadi lebih baik. Menurut review dari jurnal Brain Plasticity pada tahun 2017 via Verywell Mind, diketahui bahwa setelah berolahraga banyak orang yang merasa suasana hatinya menjadi lebih baik dan tenang. 

Harap diketahui untuk menaikkan mood, kamu bisa hanya dengan cukup olahraga ringan selama 30 menit saja. Usahakan jangan terlalu berlebihan saat berolahraga, karena hormon kortisol yang dikeluarkan oleh tubuh bisa membuat mood lebih jelek.

2. Berjalan Kaki untuk Mengganti Suasana

Gambar kaki
Berjalan santai/ foto: unsplash/ arekadeoye

Ketika mood jelek dan sangat suntuk, bisa dicoba untuk berjalan kaki keluar sejenak. Tidak perlu jauh-jauh bisa dilakukan di sekitar rumah saja, ataupun sekadar mencari angin sambil membeli keperluan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor GSE Daniel Schwartz dan GSE PhD Marily Oppezzo dikutip dari Colorado Spirit, membuktikan bahwa berjalan kaki dapat meningkatkan ide kreatif secara nyata dan cepat.

3 Mendengarkan Musik

wanita sedang mendengarkan musik
Mendengarkan musik/ foto: unsplash/ benblennerhassett

Musik yang menyenangkan dan menyegarkan bisa membantu menaikkan mood dengan cepat. Sebuah studi tahun 2013 di Journal of Positive Psychology dikutip dari laman Healthline menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik ceria dapat meningkatkan suasana hati mereka dan meningkatkan kebahagiaan.

4. Berbicara dengan Teman

Dua wanita sedang berbicara
Berbicara dengan teman/ foto: unsplash/ katietreadway

Saat mood sedang jelek cobalah berbicara dengan teman dekat Beauties. Melalui pembicaraan dan gurauan-gurauan yang terlontar secara alami tidak disadari bisa membuat mood jauh lebih baik.

Mengutip dari Healthsite teman bisa mengubah mood menjadi lebih baik, mendampingi saat kesepian, juga meringankan beban pikiran. Oleh karena itu, jika terlalu jenuh dan ingin keluar dari suasana mood yang jelek, cobalah untuk langsung menghubungi temanmu.

5. Merapikan Ruangan

Wanita merapikan ruangan
Merapikan ruangan/ foto: freepik/ prostooleh

Ternyata bersih-bersih ruangan bisa menaikkan mood menjadi lebih baik secara instan. Tidak perlu membersihkan seluruh ruangan di rumah jika terlalu malas. Coba saja mencuci piring, rapikan kamar atau meja belajar/kerja, Beauties.

Mengutip dari Verywell Mind membersihkan rumah bisa membuat stres menghilang dan mood meningkat. Selain itu juga ruangan yang tertata dan bersih membuat suasana hati lebih senang.

Itu dia 5 cara yang bisa meningkatkan mood dengan cepat. Silahkan dicoba saat ingin keluar dari perasaan mood buruk yang mengganggu ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id