sign up SIGN UP

Rekomendasi Makanan untuk Meredakan Stres, Ada Andalanmu Selama Ini?

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 26 Jul 2022 11:15 WIB
Rekomendasi Makanan untuk Meredakan Stres, Ada Andalanmu Selama Ini?
caption

Ketika rutinitas sehari-hari mulai terasa berat dan penat, berpotensi membuat seseorang merasa sangat stres. Inginnya sih liburan atau sekadar jalan-jalan ke tempat baru sebagai betuk refresh diri, akan tetapi bisa jadi belum ada waktu untuk merealisasikannya. Kenyataan itu malah membuat stres semakin menjadi-jadi! Beauties pernah mengalami hal itu?

Tenang saja ada hiburan lain yang tidak memerlukan banyak waktu, yaitu dengan makan. Dikutip dari Harvard T.H Chan bahwa makan bisa menjadi pereda stres tapi harap diperhatikan jangan keterusan dan harus tetap lakukan diet seimbang ya, Beauties.

1. Makanan Pedas

Sop Pedas
Makanan penghilang stres/ Foto: unsplash/ emy

Makan makanan pedas ketika sedang jenuh dan stres ternyata bisa mengubah mood menjadi lebih baik. Dikutip dari halaman lifehack.org penyebab membaiknya mood karena ketika seseorang memakan makanan pedas, otak akan mengeluarkan salah satu hormon bahagia yaitu serotonin. 

Hormon tersebutlah yang membuat mood menjadi baik dan level stres pun berkurang. Jangan lupa juga sehabis makan makanan pedas, minum susu atau es krim agar 'lambung tetap aman' ya, Beauties!

2. Makanan Manis

Donat
Makanan penghilang stres/ Foto: unsplash/ glr0115

Sudah dikenal bahwa makan makanan manis seperti permen dan es krim bisa mengurangi level stres. Menurut peneliti dari University of Cincinnati (UC) dikutip dari laman Science daily  memakan atau meminum yang manis-manis bisa menurunkan hormon glukokortikoid yang berhubungan dengan stres.

Lebih efektif lagi apabila pemanis yang digunakan adalah pemanis alami bukan buatan. Tapi, perlu diingat ya Beauties untuk tidak makan terlalu berlebihan Dikarenakan jika terlalu banyak mengkonsumsi yang manis-manis bisa membuat berat badan naik!

3. Buah-Buahan Kaya Vitamin C

Buah-buahan
Makanan penghilang stres/ Foto: unsplash/ amy shamblen

Buah yang mengandung vitamin c, seperti jeruk atau strawberry diketahui juga bisa mengurangi stres. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Biological Sciences dikutip dari Everyday Health bahwa vitamin C dapat mengurangi tingkat stres pada peserta yang mengonsumsi 500 mg per hari, dan juga menunjukkan kemungkinan bisa mencegah kecemasan.

4. Sayuran Hijau

Sayuran Salad
Makanan Penghilang Stres/ Foto: unsplash/ annapelzer

Mengkonsumsi sayuran hijau juga bisa menurunkan kadar stres. Dikutip dari web Forbes  bahwa sayuran hijau, seperti kangkung dan bayam bisa melepaskan hormon bahagia yaitu dopamin dan serotonin. Karena itu tubuh pun menjadi lebih santai, nyaman, dan tentunya mengurangi ketegangan yang membuat stres, Beauties.

Itulah empat jenis makanan yang bisa menurunkan kadar stres. Perlu diingat untuk hindari makan terlalu berlebihan ketika stres. Karena berisiko bisa menyebabkan masalah baru pada kesehatan. Jadi, makanlah secukupnya dan usahakan pilih menu yang sehat.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id