sign up SIGN UP

5 Ide Self-care Buat Si Introvert, Sendirian Bukan Berarti Kesepian

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 03 Aug 2022 17:15 WIB
5 Ide Self-care Buat Si Introvert, Sendirian Bukan Berarti Kesepian
Ilustrasi introvert/ Foto: freepik/ Jcomp
Jakarta -

Kepribadian introvert sering diartikan dengan mereka yang pemalu, pendiam, dan lebih suka menyendiri. Nggak salah sepenuhnya, sih. Namun apakah kamu cenderung introvert atau ekstrovert, hal itu lebih merujuk pada cara kamu memproses sesuatu, serta mendapat energi, Beauties. Demikian dikutip dari WebMD.

Carl Jung, masih dikutip dari laman yang sama diketahui menjadi yang pertama menggunakan kata 'introvert' dan 'ekstrovert' pada tahun 1920. Introvert, menurutnya, beralih ke pikiran sendiri untuk mengisi energi dirinya, sementara ekstrovert akan mencari orang lain demi memenuhi kebutuhannya.

Nggak heran, introvert akan lebih menyukai kegiatan yang ia lakukan sendiri, atau bila melibatkan orang lain maka cukup 1-2 orang saja. Secara umum, ciri dari seseorang dengan kepribadian introvert yakni kurang begitu menyukai group work, lebih suka menulis daripada harus bicara, merasa lelah setelah berada di keramaian, tidak terlalu punya banyak teman, serta merasa nyaman saat sendiri.

Kalau kamu merasa ciri-ciri itu cukup mendeskripsikanmu, berikut adalah ide self-care yang bisa dilakukan ---atau mungkin juga ada yang sudah jadi andalan alias mevalidasi yang telah kamu lakukan.

Nonton Series atau Film Kesukaan

Ilustrasi makan sambil menontonIlustrasi menonton serial atau film kesukaan/ Foto: pexels.com/KoolShoters

Nonton series atau film kesukaan memang menyenangkan, Beauties. Sebagai introvert, kamu pun merasa nggak perlu nunggu teman untuk bisa dulu baru melakukannya bersama. Nggak cuma nonton di rumah, kamu juga nggak masalah untuk pergi ke bioskop sendiri. Menonton serial atau film bagus yang menggugah, nggak cuma bikin kamu merasa bahagia, tapi juga terinspirasi.

Pergi ke Tempat Baru

Negara terbaik untuk solo traveling versi Forbes/Foto: Freepik.comIlustrasi traveling/Foto: Freepik.com

Introvert bukan berarti nggak suka keluar rumah. Karena kamu bisa aja mengeksplor tempat baru, termasuk traveling --dan meski nggak harus bersama orang lain. Mengutip tulisan Frascesca Brooking, seorang introvert kepada Little Lost Travel, salah satu keuntungan dari traveling adalah bertemu orang baru, dan ketika kamu berbagi keantusiasan bersama tidak merasa terintimidasi.

Beli Bunga untuk Diri Sendiri

Mengirim bunga yang cantik dapat dijadikan opsi untuk seorang introvert mengungkapkan permintaan maaf.Membeli bunga cantik untuk menaikkan mood/foto: freepik.com/freepik

Why, not? Bunga yang cantik dan bikin bahagia saat melihatnya berlama-lama, nggak harus nunggu hari besar dulu untuk didapat dari orang terdekat. Ya, karena kamu bisa membelinya sendiri untuk menaikkan mood!

Bersih-bersih dan Merapikan Kamar

Merapikan KamarMerapikan kamar/ Foto: Freepik.com

Bersih-bersih terkadang ampuh juga untuk kegiatan self-care, lho. Karena dengan melakukan hal ini kamu tengah mempraktikkan mindfulness, yang bisa merilis stres. Merapikan kamar juga jadi kegiatan yang menyenangkan, karena kamu sadar tempat yang paling sering kamu menghabiskan waktu tersebut perlu dirawat kebersihan dan kerapihannya.

Membaca Buku

Ilustrasi perempuan membaca buku/Foto: Freepik.com/FreepikIlustrasi perempuan membaca buku/Foto: Freepik.com/Freepik

Membaca buku bisa menjadi cara untuk melepas stres juga, lho. Terlebih bila genre buku yang dipilih ada self-improvement, Beauties. Dengan membaca kamu jadi bisa tenggelam dengan bacaan tersebut dan merasa bahagia setelahnya.

Ingat, introvert bukan berarti kesepian atau benci orang lain. Justru dengan menyukai apa yang kamu lakukan di tas, kamu telah mengenal dan mengerti diri sendiri soal self-care yang ampuh buat kamu. Jadi mana yang bakal kamu coba nih, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id