sign up SIGN UP

Mindfulness, Keadaan Pikiran yang Hanya Berfokus pada Kondisi Saat Ini, Tapi Baik Bagi Kesehatan Kamu Lho!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Senin, 01 Aug 2022 21:30 WIB
Mindfulness, Keadaan Pikiran yang Hanya Berfokus pada Kondisi Saat Ini, Tapi Baik Bagi Kesehatan Kamu Lho!
caption
Jakarta -

Mindfulness adalah menyadari secara penuh tentang proses apa yang sedang terjadi saat ini, tanpa penilaian (judging). Misalnya, sungguh-sungguh merasakan proses menghirup pernapasan, merasakan betul-betul ketika udara masuk ke paru-paru, Beauties.

Meski kelihatannya sederhana, mindfulness dapat membuat kita memproses pikiran di dalam kepala, dan seolah bisa mengamati pikiran, sensasi, dan emosi yang sedang dirasakan, serta mengeluarkan pikiran serta perasaan negatif yang sedang mendera.

Dari hal tersebut, masih ada berbagai manfaat mindfulness bagi fisik dan mental kamu. Apa saja?

Memberikan Ketenangan

Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran serta perasaan.Ilustrasi meditasi untuk menerapkan mindfullness/Foto:Freepik.com/Freepik

Dilansir dari HelpGuide, dengan perhatian yang penuh, kamu bisa menemukan kebahagiaan, ketenangan, dan kemampuan untuk menerima perasaan atau kejadian negatif yang terjadi. Dengan berfokus pada apa yang terjadi saat ini, kamu juga bisa terhindar dari pikiran masa lalu yang kelam dan kekhawatiran tentang masa depan. Teknik ini juga bisa mengurangi kecemasan dan depresi yang kamu alami.

Memperbaiki Cara Berpikir

Dilansir dari Very Well Mind, selain meningkatkan ingatan, mindfulness juga dapat membantumu untuk dapat lebih berpikir dengan jernih dan tenang. Kamu juga dapat menata emosi dan mengatasi perasaan serta pikiran burukmu tentang sesuatu, terutama ketika menghadapi dan mengerjakan sesuatu yang sulit diterima, teguran orang lain tentangmu, bahkan caramu memandang diri sendiri dengan lebih positif.

Meningkatkan Daya Ingat

Ilustrasi perempuan yang sedang berpikirIlustrasi perempuan yang sedang berpikir/Foto: Freepik/Tirachardz

Beauties, apakah kamu sering lupa mengerjakan atau membawa sesuatu? Atau mungkin lupa di mana terakhir kali kamu meletakkan handphone atau kacamata? Itu bisa karena pikiranmu masih mengacu pada ingatan atau pikiran yang lebih dulu tercerna olehmu, sehingga kamu sulit mengolah instruksi atau pesan berikutnya. Nah, kamu bisa melakukan teknik mindfulness ini agar nantinya kamu bisa terlatih memperhatikan atau menyadari sesuatu secara penuh dan dapat meningkatkan daya ingat.

Selain itu, jika kamu sedang mengalami tekanan pikiran, tengah merasa sedih atau sakit hati, sulit berkonsentrasi, atau sedang merasa kehidupanmu sedang tidak baik-baik saja, kamu juga mengatasinya dengan melakukan mindfulness.

Lantas bagaimana cara melakukan mindfulness? Prinsipnya adalah mengarahkan pikiran untuk hanya memikirkan saat ini, Beauties. Kamu bisa melakukannya dengan meditasi, menghirup udara segar di luar rumah sambil memperhatikan sekitar dan tanpa membawa handphone, juga melakukan suatu hal yang kamu suka seperti hobi tanpa sambil melakukan hal lainnya (multitasking).

Selamat mencoba!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id