STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Jenis Makanan Tinggi Kadar Garam yang Jarang Kamu Sadari Sering Dikonsumsi

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 22 Jul 2022 07:00 WIB
5 Jenis Makanan Tinggi Kadar Garam yang Jarang Kamu Sadari Sering Dikonsumsi

Garam adalah salah satu bumbu yang bisa membuat masakanmu lebih sedap. Ibarat pepatah yang menyebutkan 'bagaikan sayur tanpa garam' untuk menggambarkan sesuatu yang kurang ideal dan kehilangan unsur penting jika tak memasukkannya.

Meski menjadi unsur penting dalam masakan, garam tidak bisa kamu tambahkan secara berlebihan. Sebab seperti dikutip dari laman Healthline, jika tubuh kelebihan garam, maka menimbulkan banyak efek samping. Di antaranya tekanan darah tinggi, rasa haus yang intens, bahkan jika berlangsung dalam jangka panjang bisa memicu kanker hingga penyakit jantung.

Ngeri banget ya, Beauties! Untuk itu kamu perlu hati-hati dalam memilih jenis makanan. Sebab terkadang jenis makanan yang kamu konsumsi mengandung garam yang cukup tinggi seperti berikut ini:

Mi Instan

Mie instan
Mie instan/ Foto: freepik.com/KamranAydlnov

Jika kamu mendapatkan anjuran untuk tidak sering-sering mengkonsumsi mi instan, ada baiknya kamu menaati anjuran tersebut. Sebab mi instan dikenal sebagai salah satu makanan yang tinggi garam.

Mi instan ada yang memiliki kandungan sodium sebanyak 2.700 mg (kandungan sodium berbeda-beda tergantung merk). Padahal asupan sodium harian disarankan tidak lebih dari 2000 - 2400 mg.

Jika kamu nekat sering mengkonsumsi mi instan, maka jangan heran kadar garam dalam tubuh meningkat. Untuk itu, kamu perlu mengurangi konsumsi mie instan dan beralih ke makanan sehat lainnya.

Fast Food

Fast food
Fast food/ Foto: freepik.com/topntp26

Tidak hanya terkandung dalam mie instan, jenis makanan lain yang tinggi garam juga dijumpai dalam fast food atau makanan cepat saji. Bahkan melansir dari laman Harvard Health Publishing, peneliti dari Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington, DC, mengevaluasi natrium dalam 78 makanan yang disajikan di restoran cepat saji dan jaringan restoran antara tahun 2005 dan 2011.

Hasilnya diperoleh bahwa rata-rata natrium dalam jaringan restoran meningkat 2,6% antara tahun 2005 dan 2011. Sementara dalam makanan kemasan, kandungan natrium turun rata-rata 3,5%.

Nah, untuk lebih amannya, kamu bisa memasak sendiri di rumah alih-alih sering membeli makan di restoran terlebih restoran cepat saji.

Olahan Susu

Olahan susu
Olahan susu/ Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

Ada banyak jenis olahan susu. Seperti keju, mentega, yogurt, es krim, krim, dan banyak lainnya. Meski sarat kalsium dan Vitamin D, nyatanya beberapa olahan susu juga bisa mengandung garam yang tinggi. Olahan seperti keju dan mentega terkadang memiliki kadar garam yang cukup tinggi.

Untuk itu, kamu memilih olahan susu yang rendah garam. Atau, kamu bisa batasi konsumsi olahan susu setiap harinya.

Keripik

Keripik
Keripik/ Foto: freepik.com/topntp26

Kamu mungkin salah satu yang tidak bisa lepas dari keripik. Camilan yang satu ini memang cocok sebagai teman nonton atau belajar. Namun hati-hati, keripik adalah salah satu jenis makanan yang tinggi garam lho, Beauties. Rasa dari keripik itu juga mempengaruhi kandungan garam di dalamnya.

Sebagai contoh melansir dari laman Our Everyday Life, satu porsi keripik kentang biasa mengandung 149 mg, dan satu porsi krim asam dan keripik kentang rasa bawang mengandung 177 mg sodium. Sementara jumlah natrium keripik kentang rasa barbekyu mengandung 213 mg sodium.

Tingginya kadar garam atau sodium di dalam keripik tersebut tentu membuatmu berpikir ulang untuk menjadikan keripik sebagai cemilan wajib, bukan?

Makanan Kaleng

Makanan kaleng
Makanan kaleng/ Foto: freepik.com/freepik

Makanan kaleng, termasuk sup kaleng dan sayuran kaleng juga bisa mengandung garam yang cukup tinggi. Jika memang kamu tetap ingin membeli makanan kaleng, ada baiknya kamu periksa kandungan nutrisinya dan mengecek benar-benar kandungan garam dalam produk tersebut.

Kamu bisa memilih makanan kaleng yang memiliki kandungan garam yang rendah. Atau kamu bisa tinggalkan makanan kaleng dan mulai membeli sayuran segar atau membuat sup sendiri sehingga penggunaan garam lebih terkontrol.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE