sign up SIGN UP

6 Jenis Makanan & Minuman yang Berdampak Buruk pada Kulit, Bikin Jerawatan Hingga Mempercepat Penuaan!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 15 Jul 2022 09:45 WIB
6 Jenis Makanan & Minuman yang Berdampak Buruk pada Kulit, Bikin Jerawatan Hingga Mempercepat Penuaan!
caption

Munculnya berbagai masalah kulit tidak hanya dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan salah merawat wajah atau penggunaan skincare yang kurang tepat. Konsumsi makanan-makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab kulit mengalami sederet masalah, seperti jerawat, peradangan hingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan kulit.

Untuk menghindarinya, pastikan kamu rajin merawat kulit dan mengurangi konsumsi makanan-makanan yang berdampak buruk pada kecantikan kulit ya, Beauties. Mengutip dari Eat This, Not That!, 6 makanan berikut ini juga termasuk yang perlu kamu hindari agar kulit tetap sehat!

1. Daging Berlemak

daging merahMengonsumsi daging berlemak bisa berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Jenylk

Salah satu makanan yang banyak digemari namun tidak disadari memiliki dampak buruk pada kecantikan kulit adalah daging berlemak. Daging ini bisa memicu munculnya jerawat karena kandungan lemak jenuhnya yang tinggi. Hal ini berkaitan dengan konsentrasi faktor pertumbuhan insulin yang tinggi, sehingga merangsang peningkatan produksi sebum yang menjadikan kulit lebih rentan terkena jerawat.

2. Daging Olahan

daging olahan
Mengonsumsi daging olahan bisa berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Serhiibobyk

Selain daging berlemak, kamu juga perlu menghindari daging dalam bentuk produk olahan seperti sosis, burger dan hotdog. Tidak hanya mengandung lemak jenuh tinggi, daging yang telah melewati proses pengolahan ini juga tinggi kandungan nitrat yang menyebabkan peradangan hingga memicu timbulnya kerutan di kulit.

3. Produk Susu

susu olahan
Mengonsumsi produk susu bisa berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Racool-studio

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi susu hewani, terutama susu sapi dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan kulit rentan berjerawat. Hal ini karena susu dan produk-produk olahannya telah terbukti dapat meningkatkan kadar insulin yang menyebabkan peningkatan ukuran kelenjar sebaceous, sehingga kulit lebih banyak memproduksi sebum yang menjadi penyebab jerawat.

4. Makanan dengan Indeks Glikemik Tinggi

makanan tinggi gula
Mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi bisa berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Jcomp

Indeks glikemik adalah nilai yang diberikan pada makanan berdasarkan kecepatannya meningkatkan kadar gula darah. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dinilai bisa merusak kolagen pada kulit, yang menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit muncul lebih cepat.

Makanan-makanan dengan indeks glikemik tinggi di antaranya gula pasir, roti putih, kentang dan tepung.

5. Makanan dengan Pemanis Buatan

permen
Mengonsumsi makanan dengan pemanis buatan bisa berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Rawpixel

Pemanis buatan dapat mempengaruhi hormon dan menyebabkan jerawat. Oleh karena itu, kamu sebaiknya menghindari makanan-makanan dengan pemanis buatan seperti permen, es krim hingga oatmeal instan karena disebut dapat meningkatkan sekresi insulin dan hormon, seperti IGF-1 yang dikenal sebagai kontributor utama perkembangan jerawat.

6. Minuman Beralkohol

minuman beralkohol
Mengonsumsi minuman beralkohol bisa berdampak buruk pada kulit/Foto: Freepik/Master1305

Konsumsi minuman alkohol secara berlebihan dapat mempercepat proses penuaan dan munculnya perubahan tekstur kulit. Selain dapat memicu dehidrasi yang dapat menghilangkan kelembapan dan keelastisan kulit, alkohol juga dapat mengurangi kadar vitamin A yang berperan penting dalam produksi kolagen. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id