sign up SIGN UP

5 Jenis Teh dari Berbagai Negara di Dunia dan Sejarahnya, Cek Pernah Cobain Salah Satunya?

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Senin, 23 May 2022 06:15 WIB
5 Jenis Teh dari Berbagai Negara di Dunia dan Sejarahnya, Cek Pernah Cobain Salah Satunya?
caption

Menikmati secangkir teh setiap harinya seperti sudah menjadi bagian lifestyle banyak orang. Karena hal ini, berbagai jenis teh pun hadir. 

Ternyata nggak cuma di Indonesia, di negara lain pun, teh udah jadi sesuatu yang wajib ada. Saking wajibnya, tiap negara punya jenis teh dan cara penyajiannya sendiri nih, Beauties.

Seperti apa ya teh di berbagai negara? Kita “tea travelling” bareng yuk, Beauties!

1. Thai Tea – Thailand

Thai Tea/Foto : pinterest.com/delish.com
Thai Tea/Foto : pinterest.com/delish.com

Rasanya kurang lengkap membahas teh kalau nggak ada thai tea ya Beauties. Teh asal Thailand ini meningkat trennya mulai tahun 2017 dan masih menjadi salah satu jenis minuman teh yang banyak dicari orang.

Dilansir dari detikFood, warna oranye khas thai tea dibuat dari seduhan kuat jenis teh Ceylon asal Sri Lanka. Tapi karena terlalu mahal, akhirnya digantikan oleh jenis teh lokal Thailand yaitu teh hitam Assam atau sering disebut Bai Miang.

2. Teh Oolong – Asia Timur

Teh Oolong/Foto : pinterest.com/Organic Facts
Teh Oolong/Foto : pinterest.com/Organic Facts

Teh ini juga termasuk salah satu teh yang populer di dunia, terutama di Asia Timur seperti Cina, Jepang, Korea, Hong Kong, dan lainnya. Dilansir dari CNN Indonesia, teh oolong sudah dikonsumsi selama berabad-abad.

Teh bernama lain teh wulong ini memiliki warna kuning atau hijau muda saat diseduh dan rasanya lebih ringan daripada teh hitam. Uniknya, teh ini memiliki manfaat perpaduan teh hijau dan teh hitam, yaitu menurunkan kadar glukosa dan mengurangi kolesterol.

3. Teh Sage – Arab

Teh Sage Punya Banyak Manfaat/Foto : pinterest.com/@plantshospital
Teh Sage Punya Banyak Manfaat/Foto : pinterest.com/@plantshospital

Teh menjadi simbol keramahtamahan di negeri padang pasir ini. Berasal dari daun sage kering, teh ini dihidangkan setelah makan bersama dengan keluarga dan teman-teman.

Di Arab, teh ini disajikan dengan dari seduhan daun sage ditambah madu. Tapi ada juga yang menambahkan rempah seperti bunga kamomil, adas manis, thyme, dan kapulaga.

Uniknya, teh ini harus disajikan dalam keadaan panas. Hmm, sepertinya cocok banget ya Beauties kalau diminum pas hujan.

4. Teh Maghrebi – Afrika

Teh Maghrebi/Foto : youtube.com/My Savory Table
Teh Maghrebi/Foto : youtube.com/My Savory Table

Kita ke benua Afrika yuk, tepatnya di Afrika Utara. Terbuat dari daun teh hijau dan daun mint berjenis spearmint, teh ini jadi favorit warga Maroko, Tunisia, dan Aljazair.

Dikutip dari detikFood, teh yang jadi simbol tradisi dan pertemanan ini disajikan tiga kali untuk tamu. Biasanya, teh maghrebi dicampur dengan herba lainnya seperti daun sage, geranium liar, dan juga lemon.

5. Teh Mate – Argentina

Teh Yerba Mate/Foto : pinterest.com/@eatthisnotthat
Teh Yerba Mate/Foto : pinterest.com/@eatthisnotthat

Benua Amerika pun punya jenis teh sendiri loh Beauties, tepatnya Argentina di Amerika Selatan. Dibaca teh mate (ma-tay), teh ini bahkan sudah jadi makanan pokok di sana.

Teh ini terbuat dari tumbuhan yerba mate lokal. Uniknya, teh ini disajikan dalam dalam labu calabaza mini dan diminum dengan bombilla (sedotan saring).

Generasi zaman dahulu senang minum teh ini dengan gaya polos tanpa tambahan apapun, tapi generasi muda suka nambahin gula atau madu. Rutin minum teh mate tiap hari bisa jadi sumber antioksidan dan membantu menurunkan kolesterol.

Wah ternyata ada banyak jenis deh berbagai macam negara ya Beauties. Fun fact, saking populernya teh, PBB bahkan menetapkan setiap tanggal 21 Mei sebagai Hari Teh Sedunia loh Beauties. Kalau Beauties pengin cobain teh yang mana?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id