STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cuaca Gerah Bikin Ingin Minum Terus? Hati-hati Overhidrasi! Ini Aturan Minum Banyak Air yang Benar!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Kamis, 19 May 2022 12:00 WIB
Cuaca Gerah Bikin Ingin Minum Terus? Hati-hati Overhidrasi! Ini Aturan Minum Banyak Air yang Benar!

Saat cuaca panas kita cenderung minum lebih banyak dari biasanya karena takut dehidrasi. Padahal, terlalu banyak minum air juga tak kalah berbahaya karena dapat memicu overhidrasi alias kelebihan air pada tubuh.

Lantas, bagaimana aturan minum yang tepat agar tubuh tidak justru mengalami overhidrasi? Simak penjelasannya disini ya, Beauties!

Mengenal Overhidrasi

overhidrasi
Asupan minum air/Foto: Freepik/Atlascompany

Tak hanya dehidrasi, overhidrasi juga memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Melansir dari Healthline, overdehidrasi adalah kondisi kelebihan air dalam tubuh yang dapat menyebabkan keracunan air.

Kondisi ini terjadi ketika jumlah garam dan elektrolit lain di dalam tubuh menjadi terlalu encer sehingga kadarnya berkurang. Padahal, jika kadar elektrolit berkurang terlalu rendah atau terlalu cepat, hal ini dapat berakibat fatal bagi tubuh

Umumnya, seseorang yang mengalami overhidrasi akan mengalami gejala-gejala seperti mual, sakit kepala, kelelahan, serta bengkak pada tangan, kaki, dan bibir.

Berapa Asupan Air Minum yang Tepat?

minum air putih
Asupan air minum yang tepat/Foto: Freepik/Tirachardz

Mengutip dari CNN Indonesia, umumnya orang dewasa disarankan mengonsumsi dua liter air minum per hari. Namun, ahli gizi mengungkapkan kebutuhan air setiap individu sebenarnya dapat berbeda-beda, tergantung pada faktor-faktor seperti cuaca, jenis kelamin, aktifitas fisik yang dilakukan hingga kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Dalam kondisi cuaca yang tengah panas seperti sekarang, kita memang disarankan  untuk mengonsumsi air lebih banyak, namun perlu diperhatikan juga frekuensinya agar tidak berlebihan.

Alih-alih mengonsumsi air dalam jumlah banyak sekaligus, kita sebaiknya mengonsumsinya dengan frekuensi "sedikit namun sering" untuk menghindari resiko overhidrasi.

Kiat Menghadapi Cuaca Panas

menghadapi cuaca panas
Kiat menghadapi cuaca panas/Foto: Freepik/Cookie_studio

Selain memperhatikan jumlah asupan air minum, ada beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan untuk membantu menghadapi cuaca panas. Di antaranya:

  • Kurangi konsumsi kafein, minuman tinggi kafein seperti kopi dan teh bersifat diuretik atau merangsang produksi urin lebih banyak sehingga tubuh semakin kekurangan air.
  • Kurangi konsumsi makanan tinggi natrium, jenis makanan ini dapat memicu rasa haus.
  • Hindari keluar rumah di siang hari, jika memungkinkan sebaiknya pilih bepergian di pagi atau sore hari untuk menghindari sengatan sinar matahari yang terik.
  • Gunakan pakaian tipis, pakaian berbahan tipis dan menyerap keringat membuat lebih nyaman beraktivitas di cuaca panas.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE