BILLBOARD
970x250

5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Memperburuk Kesehatan Otak, Sering Kamu Lakukan?

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Senin, 05 Jun 2023 08:00 WIB
5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Dapat Memperburuk Kesehatan Otak, Sering Kamu Lakukan?

Menjaga kesehatan otak merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap orang. Mengingat otak merupakan organ yang berperan penting dalam mengendalikan seluruh fungsi tubuh. Maka apabila tidak dijaga dengan baik, berbagai fungsi organ tubuh pun jadi terganggu. 

Sementara itu, tanpa disadari ada begitu banyak kebiasaan sehari-hari yang dilakukan yang dapat memperburuk kesehatan otak. Dilansir dari laman Eat This, Not That!, berikut 5 kebiasaan sehari-hari yang dapat memperburuk kesehatan otak. Simak!

1. Tidak Cukup Tidur

Tidak cukup tidur dapat memperburuk kesehatan otak.
Tidak cukup tidur/Foto: Pexels.com/cottonbro studio 

Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Karena di saat itulah, pikiran dapat diisi ulang dan dipulihkan. Sementara itu, National Institute on Aging menjelaskan, jika kamu tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka hal tersebut dapat membuatmu menjadi pelupa, mudah tersinggung, depresi, dan lainnya. 

Karena itu, sangat penting bagimu untuk bisa mengatur waktu tidur dengan baik. Untuk dapat meningkatkan kualitas tidur yang baik di malam hari, jagalah ruang tidur pada suhu yang tepat, hindari kafein di sore hari, dan hindari juga paparan layar biru dari gawai sebelum tidur. 

2. Tidak Bersosialisasi

Tidak bersosialisasi bisa memperburuk kesehatan otak.
Tidak bersosialisasi/Foto: Pexels.com/Math!!s BRZB 

Mempertahankan lingkaran sosial yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Dr. Mike Bohl, MD, MPH, ALM, anggota Dewan Pakar Medis menyarankan untuk bisa bersosialisasi dengan orang lain, seperti berjalan-jalan dengan teman atau bercakap-cakap dengan anggota keluarga di telepon. 

Menurut komunitas lansia Asbury, bersosialisasi adalah kebutuhan bagi orang yang ingin tetap sehat hingga lanjut usia. Membangun jaringan pertemanan dan terlibat dalam aktivitas kelompok mirip dengan cara melatih otak. Hal ini dikarenakan bersosialisasi dapat membuat otak tajam dan meningkatkan fungsi kognitif. 

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di PLOS One mengungkapkan, bahwa menjaga kelompok teman yang kuat seiring bertambahnya usia dikaitkan dengan penurunan kognitif yang lebih bertahap.

Kebiasaan yang Dapat Memperburuk Kesehatan Otak: Tidak Banyak Bergerak!

3. Tidak Banyak Bergerak

Gaya hidup tidak aktif merupakan salah satu kebiasaan buruk sehari-hari yang tidak baik bagi kesehatan otak. 

Dikutip dari detikHealthpeneliti dari Northern California Institute for Research and Education di Veterans Affairs Medical Center, San Fransisco menemukan dalam studinya, bahwa orang dewasa muda yang menonton TV terlalu lama dan tidak berolahraga, lebih besar kemungkinan efek buruk pada otak mereka saat bertambah tua. 

 

4. Minum Alkohol

Minum alkohol dapat merusak kesehatan otak.
Minum alkohol/Foto: Pexels.com/Polina Tankilevitch 

Minuman alkohol nyatanya juga dapat memperburuk kesehatan otak. Menurut Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme, minuman alkohol dapat mempersulit area otak yang bertanggung jawab atas ingatan, keseimbangan, dan ucapan untuk melakukan tugasnya secara efektif. Hal ini dapat meningkatkan risiko kamu mengalami cedera atau risiko kesehatan lainnya.

5. Stres Terus-menerus

Stres terus-menerus dapat memperburuk kesehatan otak.
Stres terus-menerus/Foto: Pexels.com/Anna Shvets 

Terus-menerus membiarkan diri dalam stres dapat berdampak negatif pada otak. Menurut Premier Neurology Center, berada dalam keadaan stres yang konstan akan secara teratur mengaktifkan pusat rasa takut di otak.

Tingkat kortisol akan meningkat secara teratur, sehingga dapat menyebabkan masalah tidur, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, stres juga dapat mengubah struktur otak, membunuh sel-sel baru di otak, dan membuat seseorang lebih besar berisiko mengalami penyakit mental. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE