sign up SIGN UP

5 Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari, Sebab Bisa Tingkatkan Imun Tubuh

Ayuliy Lestari | Kamis, 08 Jul 2021 11:00 WIB
5 Kiat Agar Bisa Tidur Nyenyak di Malam Hari, Sebab Bisa Tingkatkan Imun Tubuh
caption

Beauties, tak hanya minum vitamin atau suplemen, aktivitas tidur juga merupakan salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Tak hanya menjaga jarak hingga memakai masker, kekebalan tubuh atau imunitas juga wajib diperhatikan.

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa waktu tidur ideal untuk orang dewasa antara 7-8 jam. Yups, setiap orang membutuhkan waktu tidur ideal tersebut untuk menjaga kesehatan fisik dan mental secara menyeluruh. Masalahnya, tidak semua orang benar-benar menerapkannya.

Sebuah penelitian dari Monika Haack, psikoneuroimunolog asal Harvard dan Sheldon Cohen dari Universitas Carnegie Mellon, juga mengungkapkan fakta bahwa kurang tidur sangat berpengaruh terhadap tubuh.

Menurutnya, Sel T yang merupakan bagian dari sistem kekebalan, digambarkan sebagai tentara yang melawan infeksi. Selama tidur, sel T yang keluar dari darah, kemungkinan besar masuk ke kelenjar getah bening dan mengawasi patogen yang menyerang. Sedangkan, saat begadang, sel T menjadi kurang responsif terhadap virus dan kekuatannya melawan infeksi juga berkurang.

Nah, agar sistem imun meningkat dan sel T menjadi lebih aktif, kamu perlu tidur nyenyak setiap malam. Tips Rita Aouad, MD, asisten profesor di The Ohio State University Wexner Medical Center berikut bisa dicoba, Beauties!

1. Membuat Jadwal Waktu Tidur dengan Memasang Reminder

Cara meningkatkan imunitas tubuh
Cara meningkatkan imunitas tubuh/Foto: Freepik.com/Racoolstudio

Dikutip dari Everyday Health, memiliki jadwal tidur, membuat seseorang bisa tertidur nyenyak. Jadi, kamu hanya perlu mengatur jadwal tidur dan memasang reminder atau alarm agar kamu ingat jika sudah waktunya tubuh beristirahat. Dengan begitu kamu akan terbiasa tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya.

2. Hindari Konsumsi Makanan dengan Kandungan Zat Tertentu

Cara meningkatkan imunitas tubuh
Cara meningkatkan imunitas tubuh/Foto; Freepik.com/Lookstudio

Sebelum tidur, sebaiknya kamu menghindari makanan dengan kandungan zat-zat tertentu yang dapat menghilangkan kantuk, seperti kafein dan tembakau. Bahkan Menurut dr. Aouad, ada beberapa orang yang berpikir bahwa alkohol dapat membantu untuk tidur lebih nyenyak, namun faktanya alkohol malah bisa mengacaukan waktu tidur, Beauties.

3. Membatasi Waktu Tidur Siang

Cara meningkatkan imunitas tubuh
Cara meningkatkan imunitas tubuh/Foto: Freepik.com/Lookstudio

Jika kamu ingin beristirahat di siang hari, sebaiknya batasi waktunya. Pasalnya ketika tidur terlalu lama di siang hari, kamu akan kesulitan tidur nyenyak di malam harinya. Dokter Aouad menyarankan untuk tidur siang tidak lebih dari 30 menit.

Untuk mengetahui kiat agar dapat tidur nyenyak sebagai salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh, klik DI SINI, ya Beauties!


Our Sister Site

mommyasia.id