sign up SIGN UP

5 Makanan Enak Tapi Dilarang Dikonsumsi di Negara Lain

Dians Marfuah | Beautynesia
Jumat, 02 Jul 2021 07:30 WIB
5 Makanan Enak Tapi Dilarang Dikonsumsi di Negara Lain
caption
Jakarta -

Ada berbagai pilihan makanan enak yang disukai oleh banyak orang, mulai dari makanan asin, pedas, manis hingga makanan yang gurih. Selain menjadi kebutuhan nih, mengonsumsi makanan enak menjadi kebahagiaan tersendiri bagi siapapun penikmatnya. Meski demikian, siapa sangka ternyata ada beberapa makanan enak tapi dilarang dikonsumsi di beberapa negara tertentu. Kira-kira makanan apa, ya? Yuk, liat list di bawah!

Kinder Joy

Kinder Joy/Instagram.com/foodnewspolska
Kinder Joy/Instagram.com/foodnewspolska

Makanan anak kecil ini begitu mudah ditemui di kasir mini market di Indonesia. Itu di Indonesia, tapi kalau di Amerika Serikat jangan harap kamu bisa membelikan ponakanmu makanan coklat berisi hadiah mainan ini ya. Pasalnya nih makanan favorit anak kecil ini dilarang di negeri Paman Sam. Bukan karena faktor yang bikin kecanduan mengapa kinder joy sampai dilarang. Melainkan karena di dalam kinder joy ini ada benda yang tak bisa dimakan. Dikhawatirkan anak kecil bisa tersedak jika tidak sengaja memakan mainan yang ada di dalam coklat tersebut.

Permen Karet

Ilustrasi mengunyah permen karet/Pexels.com/ Edu Carvalho
Ilustrasi mengunyah permen karet/Pexels.com/ Edu Carvalho

Jika kamu penggemar permen karet dan pengen jalan-jalan ke Singapura, simpan dulu ya permen karetmu. Yap berbeda dengan negara lainnya mengunyah permen karet di Singapura rupanya adalah hal yang dilarang. Yang mana larangan mengunyah permen karet ini sudah diberlakukan sejak tahun 1992 silam.  Awalnya larangan ini diberlakukan ketika Menteri Perdana Singapura saat itu melihat sampah bekas permen karet dimana-mana. Ada di kursi, meja, trotoar, lubang kunci hingga di kotak surat. Sampah bekas permen karet ini juga bikin biaya pembersihan fasilitas umum jadi naik loh.

Daging Kuda

Coto Kuda Khas Jeneponto Sulawesi Selatan/Instagram.com/christginzel55
Coto Kuda Khas Jeneponto Sulawesi Selatan/Instagram.com/christginzel55

Salah satu makanan khas yang terkenal di Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan adalah coto kuda. Sajian  lezat seperti soto berbahan utama daging kuda.  Nah di negara di Amerika dan Inggris sendiri daging kuda dilarang dikonsumsi. Hal ini disebabkan organisasi pecinta hewan di Inggris dan Amerika sudah menyetujui tidak menyembelih kuda untuk dikonsumsi. Lainnya halnya di negara Italia dan beberapa negara lainnya di Eropa daging kuda justru jadi menu kuliner yang lezat.

Caviar

Ilustrasi hidangan dengan caviar/Instagram.com/realcaviaroficial
Ilustrasi hidangan dengan caviar/Instagram.com/realcaviaroficial

Sudah menjadi pengetahuan umum jika caviar adalah salah satu makanan termahal dan termewah di dunia. Ngga tanggung-tanggung, harga caviar ini bisa mencapai 35ribu dolar perkilo setara dengan 490 juta rupiah. Telur caviar sendiri dapat diperoleh dari Ikan Sturgeon Beluga yang sangat langka. Pula mengonsumsi telur caviar ini dipecaya bisa bikin kekuatan fisik meningkat serta daya tahan tubuh. Walaupun dikenal sebagai makanan mahal, kamu ngga akan bisa menjumpai di Amerika Serikat.

Karena sejak tahun 2005 lalu The United States Fish and Wildlife Service telah mengeluarkan larangan mengonsumsi caviar ikan beluga. Hal ini dikarenakan ikan beluga sendiri adalah ikan yang dilindungi dan sudah terancam punah.

Saus Tomat

Ilustrasi kentang goreng dan saus tomat/Pexels.com/Alena Shekhovtcova
Ilustrasi kentang goreng dan saus tomat/Pexels.com/Alena Shekhovtcova

Di negara Prancis penggunaan saus tomat ternyata dilarang, loh. Hal ini dilakukan agar kelestarian makanan tradisional Prancis tetap terjaga. Walaupun begitu anak-anak mendapat keringanan dari aturan ini. Anak-anak masih boleh mencicipi enaknya saus tomat ini namun hanya sekali dalam seminggu. Pun cara mengonsumsinya harus berdampingan dengan kentang goreng.

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id