sign up SIGN UP

5 Makanan Populer saat Sarapan Ini Sebaiknya Dihindari! Duh, Kenapa? Ternyata...

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 14 Jul 2022 07:15 WIB
5 Makanan Populer saat Sarapan Ini Sebaiknya Dihindari! Duh, Kenapa? Ternyata...
caption

Salah satu rutinitas pagi yang tidak boleh dilewatkan adalah sarapan. Ini pun berlaku untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet. Bahkan dalam sebuah penelitian National Weight Control Registry, sebagaimana yang dilansir dari Eat This, Not That!, 78 persen orang yang mampu menurunkan berat badan adalah orang yang tidak melewatkan sarapan.

Selain bisa menurunkan berat badan, sarapan juga bisa menurunkan risiko serangan jantung, menurunkan risiko diabetes, dan meningkatkan fokus pikiran. Mengingat pentingnya sarapan untuk kesehatan tubuh maka kamu harus mengonsumsi makanan sehat ketika sarapan. Namun sayangnya, alih-alih mengonsumsi makanan sehat, orang-orang lebih suka sarapan dengan makanan populer yang penyajiannya mungkin dinilai lebih praktis.

Padahal, makanan populer tidak sehat jika harus dikonsumsi saat sarapan dan harus dihindari karena cenderung hanya akan memberikan rasa lapar berlebihan dengan sedikit kandungan protein. Nah, kira-kira makanan populer apa saja ya yang harus dihindari saat sarapan? Melansir dari Eat This, Not That!, berikut 5 makanan populer yang harus dihindari saat sarapan jika ingin memiliki tubuh sehat.

Sereal Manis

Ilustrasi sereal manis
Ilustrasi sereal manis/Foto: Freepik

Beauties, apakah kamu termasuk orang yang suka sarapan dengan sereal manis? Meskipun sereal manis lezat dan praktis untuk dijadikan sarapan, namun faktanya sereal manis tidak sehat dan harus dihindari ya, Beauties.

Sereal manis cenderung mendatangkan kembali rasa lapar karena kandungan bahan yang ada di dalamnya. Kelli McGrane MS, RD, seorang ahli diet terdaftar, mengatakan, "Memulai hari dengan semangkuk sereal kemungkinan akan membuat rasa lapar kembali karena sebagian besar sereal dibuat dengan tepung halus, yang berarti mereka rendah serat."

Kelli juga menambahkan, "Sereal cenderung tinggi gula dan rendah protein. Perlu diingat, bahkan sereal yang mengklaim dibuat dengan biji-bijian, seringkali mengandung sangat sedikit biji-bijian."

Sosis

Ilustrasi sosis
Ilustrasi sosis/Foto: Pexels/Mali Maeder

Sosis adalah makanan populer yang simpel dan banyak digemari anak-anak. Tak jarang banyak ibu rumah tangga yang membawakan bekal anaknya dengan lauk sosis. Meskipun simpel dan lezat, ternyata sosis tidak sehat lho, Beauties.

Roxana Ehsani, MS, RD, CSSD, LDN, seorang ahli gizi diet terdaftar dan Juru Bicara Academy of Nutrition and Dietetics, mengatakan, "Meskipun sosis adalah makanan yang banyak disantap untuk sarapan atau brunch di akhir pekan, namun sosis bukanlah pilihan yang paling bergizi untuk disantap saat sarapan. Sosis terbuat dari daging giling, lemak, dan bumbu penyedap."

Selain itu, sosis juga merupakan makanan tinggi sodium yang dapat meningkatkan tekanan darah seseorang dan dapat meningkatkan kolesterol jahat. Alih-alih memilih sosis sebagai menu sarapan, kamu bisa memilih pilihan protein tinggi lainnya seperti telur dan Greek yogurt.

Roti Gandum

Ilustrasi roti gandum
Ilustrasi roti gandum/Foto: Pexels/Hermaion

Sebagian orang akan memilih roti gandum sebagai menu sarapan karena berpikir roti gandum adalah roti yang terbuat dari gandum utuh. Padahal kenyataannya, tidak.

Dawn Jackson Blatner, RDN, seorang penulis The Superfood Swap dan ahli gizi Daily Harvest, mengatakan, "Roti gandum terbuat dari roti putih halus yang dapat membuat gula darah naik dan tingkat energi naik dengan cepat, lalu hilang."

Kopi dengan Rasa

Ilustrasi kopi rasa
Ilustrasi kopi rasa/Foto: Pexels/Decha Huayyai

Secangkir kopi di pagi hari memang nikmat. Apalagi jika kopi dengan varian rasa, sungguh menyenangkan bukan? Meskipun nikmat dan menyenangkan, tetapi meminum kopi rasa di pagi hari tidaklah sehat karena sebagian besar minuman kopi beraroma tinggi kalori dan gula tidak mengandung nutrisi.

Jus Buah

Ilustrasi jus buah
Ilustrasi jus buah/Foto: Freepik/Jcomp

Hampir sebagian orang telah keliru dengan konsep jus buah sehingga banyak orang yang mengonsumsi jus buah di pagi hari. Amy Shapiro, MS, RD, CDN, seorang Founder dan Director of Real Nutrition, mengatakan, "Meskipun kamu mungkin menginginkan vitamin C atau nutrisi yang cepat, jus bukan pilihan yang baik. Saat membuat jus, kamu menghilangkan semua serat tetapi tetap mendapatkan semua gula dan kalori. Minum segelas jus jeruk sama dengan makan sekitar 5-6 jeruk dengan lebih dari 300 kalori." Sebagai ganti dari jus, kamu bisa membuat smoothies ya, Beauties.

Nah, Beauties, itulah tadi 5 makanan populer yang harus dihindari saat sarapan jika ingin memiliki tubuh sehat. Apakah selama ini kamu sudah menghindarinya? Atau justru baru mengetahuinya?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id