sign up SIGN UP

Nggak Hanya Lezat, 5 Makanan Pembakar Lemak Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 16 Jun 2022 23:30 WIB
Nggak Hanya Lezat, 5 Makanan Pembakar Lemak Ini Ampuh Bantu Turunkan Berat Badan!
caption
Jakarta -

Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan adalah tantangan tersendiri. Buat kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, berolahraga saja tidak cukup, nih, Beauties. Kamu juga perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, salah satunya makanan pembakar lemak yang bisa membantu menurunkan berat badan dengan ampuh.

Ada beberapa jenis makanan yang memang dinilai bisa membakar lemak, sebab mampu meningkatkan metabolisme sehingga membantu meluruhkan lemak di tubuh. Tapi, kamu juga harus berhati-hati, karena terkadang ada makanan yang diklaim mampu membakar lemak, namun justru sebaliknya.

Nah, makanan pembakar lemak apa saja yang ampuh untuk bantu turunkan berat badan? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

Ikan Kembung

Ikan memang menjadi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan secara umum, terlebih ikan-ikan berlemak. Misalnya ikan kembung, salmon, sarden, tuna, deretan ikan ini kaya akan kandungan asam lemak omega 3.

Dilansir dari Healthline, beberapa riset menunjukkan asam lemak omega 3 mampu mengurangi inflamasi, menurunkan risiko penyakit jantung serta membantu memangkas lemak tubuh. Selain itu, kandungan protein pada ikan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama dan meningkatkan kadar metabolisme lebih signifikan dibanding karbohidrat atau lemak.

Telur

Telur/foto: pexels.com/@shkrabaanthony/Ilustrasi telur/Foto: Pexels.com/@shkrabaanthony/

Telur menjadi makanan favorit banyak orang, karena selain lezat, telur juga mudah dan praktis diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa menyantap telur dapat meningkatkan kolesterol. Namun, sebenarnya telur yang kaya protein bisa menjadi salah satu makanan pembakar lemak yang efektif.

Studi menunjukkan sarapan berbasis telur mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang hingga beberapa jam pada orang dengan kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas.

Ubi

Ubi JalarIlustrasi ubi/Foto: Pexels.com/Ela Haney

Ketika sedang diet, sebagian orang cenderung memangkas asupan karbohidrat harian. Namun, karbohidrat tetap dibutuhkan agar tubuh dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jika menghindari nasi, kamu bisa memilih untuk mengonsumsi ubi untuk mendapatkan asupan karbohidrat.

Ubi merupakan salah satu pangan dengan kandungan karbohidrat kompleks yang memberikan rasa kenyang dan energi lebih lama. Seperti dilansir dari Eat This, Not That!, kandungan karotenoid akan membantu tubuh mengubah kalori jadi energi daripada disimpan sebagai lemak.

Namun yang harus diperhatikan adalah cara mengonsumsi ubi. Praktis dan paling baik untuk tubuh, makanlah ubi yang diolah dengan cara direbus, ya!

Dark Chocolate

Rutin konsumsi dark chocolateIlustrasi dark chocolate/Foto: Unsplash.com/Charisse Kenion

Beauties, tahukah kamu kalau dark chocolate alias cokelat hitam juga menyandang predikat sebagai makanan pembakar lemak? Yup, walaupun ada sensasi pahit, cokelat hitam bisa membantu menurunkan berat badan.

Peneliti di Louisiana State university menemukan mikroba usus memfermentasikan cokelat dan mendorong produksi senyawa polifenol yang menyehatkan usus termasuk butirat (butyrate). Komponen ini berupa asam lemak yang mendorong tubuh membakar lemak jadi energi dan mematikan gen yang berhubungan dengan inflamasi. 

Bayam

Sayuran kaya antioksidan yang baik dikonsumsi saat cuaca panas, salah satunya sayur bayam/Foto: pexels.com/PixabayIlustrasi bayam/Foto: Pexels.com/Pixabay

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi lebih banyak sayuran secara konsisten. Sayuran kaya serat dan nutrisi serta mineral menjadi makanan penting yang wajib kamu masukkan ke dalam menu diet.

Bayam jadi salah satu makanan pembakar lemak dengan kandungan vitamin A, zat besi dan asam folat. Kandungan tilakoid pada bayam sebagai makanan pembakar lemak akan mengurangi nafsu makan sehingga mengekang asupan kalori.

Itulah beberapa makanan pembakar lemak yang bisa bantu turunkan berat badan, dirangkum dari CNN Indonesia. Ada favoritmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id