sign up SIGN UP

5 Ide Sarapan Sehat dan Simpel untuk Penderita Asam Lambung, Siapkan Waktu 5 Menit!

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 06:15 WIB
5 Ide Sarapan Sehat dan Simpel untuk Penderita Asam Lambung, Siapkan Waktu 5 Menit!
Ide Sarapan untuk Kamu yang Menderita Asam Lambung/Foto: Freepik.com/Tirachardz

Bagi penderita asam lambung terkadang bingung dalam memilih menu sarapan. Sebab, terkadang takut sarapan yang dikonsumsi dapat membuat asam lambung menjadi naik di pagi hari.

Duh... ribet, bukan? Tetapi bagi kamu yang memiliki asam lambung tidak perlu khawatir. Sebab, terdapat beberapa ide menu sarapan yang cocok bagi kamu si penderita asam lambung lho!

Dilansir dari detikHealth, ini dia ide sarapan bagi kamu si penderita asam lambung! Yuk simak informasi selengkapnya.

1. Oatmeal

Oatmeal
Oatmeal/Foto: Freepik.com/Freepik

Oatmeal merupakan menu sarapan sehat untuk jantung. Selain itu, oatmeal menyerap asam lambung, sehingga menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengurangi penyakit refluks asam.

Beauties dapat menikmati oatmeal dengan buah pepaya, yang mengandung enzim papain, yang dapat menjadi obat alami untuk sakit maag. Cara menghidangkan oatmeal pun sederhana, bisa dibuat overnight oatmeal, atau dimasak dahulu seperti bubur baru diberi tambahan buah pepaya. Sederhana dan cepat bukan?

2. Smoothies

Smoothies
Smoothies/Foto: Freepik.com/Freepik

Ide sarapan untuk penderita asam lambung berikutnya yaitu smoothies. Smoothies kaya akan vitamin dan bisa menjadi pilihan sarapan yang lezat dan sehat.

Kombinasikan beberapa buah favorit kamu agar kamu bisa lebih menikmatinya. Kamu bisa mulai dengan stroberi dan mengikuti buah-buahan beku dan buah non jeruk lainnya. Kamu juga bisa menambahkan selai kacang ke protein dan satu sendok susu almond ke dalam krim. 

Karena dibuat smoothies, tentu akan sangat mempersingkat waktumu. Tinggal blend semua buah-buahan yang tersedia deh.

3. Daging Tanpa Lemak

Daging Tanpa Lemak
Daging Tanpa Lemak/Foto: Freepik.com/Racool_Studio

Dilansir dari detikFood, daging tanpa lemak menjadi ide sarapan yang tepat bagi kamu yang memiliki asam lambung. Meskipun daging tinggi lemak dapat menurunkan tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah. Daging tinggi lemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Menurut IFFGD, daging dapat meningkatkan risiko penyakit refluks. Pilihan daging rendah lemak yang direkomendasikan termasuk dada ayam tanpa kulit dan kalkun. Kamu dapat memasak dada ayam sederhana, hanya dengan memanggangnya, lalu tambahkan garam dan merica. Jadi deh untuk sarapan!

4. Telur

Telur
Telur/Foto: Freepik.com/Azerbaijan_Stockers

Telur merupakan pilihan protein yang baik untuk menu sarapan bagi mereka yang memiliki asam lambung. Menurut sebuah studi tahun 2015 oleh Journal of Nutrition, telur dikatakan makanan rendah kalori.

Selain itu, protein dalam telur bisa lebih mengenyangkan dari karbohidrat dan lemak. Ini berarti telur dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, disarankan untuk tidak makan kuning telur secara berlebihan, terutama kuningnya.

Kamu bisa membuatnya dengan diceplok, didadar, dibuat omelette, atau direbus agar lebih sehat. Praktis deh!

5. Umbi-Umbian

Ubi JalarUbi Jalar/Foto : pexels.com/Ela Haney

Kentang, ubi jalar, dan umbi-umbian juga merupakan menu sarapan yang baik untuk penderita asam lambung. Menurut IFFGD, umbi-umbian mengandung karbohidrat kompleks.

Umbi-umbian ini dikemas dengan berbagai nutrisi dan serat yang sangat baik. Namun, perlu diperhatikan pengolahannya. Para peneliti menyarankan untuk merebus atau mengukus umbi daripada menggoreng. Sangat sederhana, tapi bermanfaat!

Nah Beauties, itu dia ide sarapan bagi kamu penderita asam lambung. Jadi, bagi kamu si penderita asam lambung, tidak perlu bingung lagi dalam memilih menu sarapan ya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id