sign up SIGN UP

5 Manfaat Ajaib Saat Rutin Minum Jus Mentimun, Kamu Pernah Cobain Beauties?

Zeyra Haya | Beautynesia
Rabu, 10 Aug 2022 08:00 WIB
5 Manfaat Ajaib Saat Rutin Minum Jus Mentimun, Kamu Pernah Cobain Beauties?
caption

Menjaga pola makan adalah bagaimana kita mengatur porsi dan kandungan nutrisi pada makanan dan minuman. Terutama saat diet, mengonsumsi makanan dan minuman sehat menjadi kunci utamanya.

Berbagai menu makanan sehat tentu sudah dengan mudah dapat kita temukan dimana-mana. Namun terkadang, pilihan menu minuman sehat lah yang justru menjadi kesulitan kita.

Nggak perlu khawatir, buat kamu yang ingin mengonsumsi minuman sehat yang simple dan mudah dibuat di rumah, jus buah dan sayur bisa jadi pilihanmu. Salah satu menu jus yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh adalah jus mentimun.

Selain Menyegarkan, Ternyata Ini 5 Manfaat Minum Jus Mentimun

Timun / foto : freepikTimun / foto : freepik

Selain menyegarkan, mentimun adalah salah satu sayuran yang diketahui baik untuk menurunkan tekanan darah. Mentimun mengandung banyak nutrisi seperti vitamin K, vitamin C, magnesium, zat besi, kalsium dan lain sebagainya.

Selain dapat dikonsumsi langsung, mentimun ternyata juga bisa di jus lho, Beauties. Melansir dari Wolipop, berikut manfaat ajaib mengonsumsi resep jus mentimun.

1. Mendetoks Tubuh

Kaya antioksidan dan mineral, jus mentimun dipercaya ampuh mendetoks tubuh/Foto: pinterest.com/Topwisata.info
(Kaya antioksidan dan mineral, jus mentimun dipercaya ampuh mendetoks tubuh/Foto: pinterest.com/Topwisata.info)

Manfaat ajaib jus mentimun yang pertama adalah dapat mendetoks tubuh. Tingginya kandungan air pada jus mentimun dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran. Itulah sebabnya banyak orang memilih jus mentimun untuk minuman detoksifikasi.

2. Meningkatkan Imunitas

Dapat meningkatkan imunitas, beragam kandungan vitamin pada jus mentimun juga mampu menghidrasi tubuh/Foto: pexels.com/Toni Cuenca
(Dapat meningkatkan imunitas, beragam kandungan vitamin pada jus mentimun juga mampu menghidrasi tubuh/Foto: pexels.com/Toni Cuenca)

Salah satu manfaat minum jus sayur adalah dapat meningkatkan imunitas, begitu pula dengan jus mentimun. Seorang ahli ayuverdic, yakni B.N. Sinha mengungkapkan bahwa mentimun mampu mencukupi kebutuhan mineral, hormon dan senyawa pelindung tubuh lainnya. Sehingga tak hanya mampu menghidrasi tubuh, jus mentimun juga dapat ampuh meningkatkan imunitas.

3. Memberikan Energi Bagi Tubuh

Kandungan vitamin B pada mentimun bantu tingkatkan tenaga. Rutin mengkonsumsi jus mentimun dapat mengurangi kelelahan dan iritabilitas/Foto: pexels.com/Karen Laårk Boshoff
(Kandungan vitamin B pada mentimun bantu tingkatkan tenaga. Rutin mengkonsumsi jus mentimun dapat mengurangi kelelahan dan iritabilitas/Foto: pexels.com/Karen Laårk Boshoff)

Manfaat lain dari resep jus mentimun yakni dapat membuat tubuh menjadi bertenaga dan meningkatkan konsentrasi. Bukan tanpa alasan, mentimun mengandung vitamin B yang mampu meningkatkan energi kita. Dengan rutin mengonsumsi jus atau infused water mentimun, kita dapat terhindar dari rasa mudah lelah, lemas serta iritabilitas.

4. Menjaga Kecantikan Kulit

Selain detoks, antioksidan dan vitamin pada jus mentimun juga ampuh menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini/Foto: pinterest.com/Topwisata.info
(Selain detoks, antioksidan dan vitamin pada jus mentimun juga ampuh menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini/Foto: pinterest.com/Topwisata.info)

Tak hanya sampai di situ, manfaat jus mentimun nyatanya juga baik untuk menjaga kecantikan kulit. Sebab, mentimun kaya antioksidan dan vitamin serta mineral yang mampu menjaga kesehatan kulit sehingga dapat memperbaiki kulit dan mencegah penuaan dini.

Mengutip dari Detik Health, mentimun mengandung silikon dan belerang yang dapat pula membantu pertumbuhan rambut. Sifat anti-inflamasi mentimun juga sekaligus dapat mengatasi iritasi kulit.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kaya antioksidan dan rendah kalori, jus mentimun juga efektif bantu turunkan berat badan/Foto: wolipop.detik.com
(Kaya antioksidan dan rendah kalori, jus mentimun juga efektif bantu turunkan berat badan/Foto: wolipop.detik.com)

Siapa sangka, rutin meminum jus mentimun pun dapat membantu kita untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Sebab, antioksidan yang terkandung dalam mentimun juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, olahan mentimun sudah dipastikan rendah kalori, jadi sudah dipastikan kita bisa menikmati manfaat jus mentimun tanpa harus khawatir berat badan naik.

Nah Beauties, itulah beberapa manfaat ajaib yang bisa kita dapatkan jika rutin meminum jus mentimun. Bagaimana menurutmu?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id