sign up SIGN UP

Ups, Jangan Sampai Overhidrasi! Ini 7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Minum Air Putih Menurut Dokter

Retno Anggraini | Beautynesia
Rabu, 08 Jun 2022 07:15 WIB
Ups, Jangan Sampai Overhidrasi! Ini 7 Tanda Kamu Terlalu Banyak Minum Air Putih Menurut Dokter
caption

Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak heran jika banyak yang menyarankan untuk rajin mengonsumsi air putih setiap hari. Tapi, kamu juga harus berhati-hati, Beauties. Jangan sampai kamu mengalami overhidrasi karena terlalu banyak minum air putih.

Dalam kondisi tertentu, overhidrasi bisa menyebabkan penyakit ekstrem bahkan kematian, lho! Kira-kira apa saja, ya, tandanya? Yuk, cari tahu tanda-tanda kamu mengalami overhidrasi yang telah dirangkum dari The Healthy.

Mengalami Sakit Kepala Sepanjang Hari

Sakit kepala
Sakit kepala/Foto: Freepik.com/jcomp

Sakit kepala bisa menjadi tanda overhidrasi atau dehidrasi. Ketika kamu minum banyak air, sel-sel dalam tubuh akan membengkak. Selain itu, minum banyak air dapat membuat otak menekan tengkorak yang menyebabkan sakit kepala dan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti gangguan otak dan kesulitan bernapas.

Urine Berwarna Bening

Warna urin bening
Warna urine bening/Foto: Freepik.com/user3802032

Tanda kamu cukup minum air putih adalah urine yang kamu keluarkan berwarna kuning pucat hingga kuning transparan. Urine yang berwarna bening merupakan tanda nyata kalau kamu mengalami overhidrasi.

Kamu pasti tahu kalau jumlah konsumsi air putih yang disarankan adalah 8 sampai 10 gelas per hari. Tapi menurut Dr. Caudle, jumlah air putih yang dibutuhkan tiap orang berbeda-beda. Tergantung pada tinggi badan, berat badan, usia, aktivitas, dan status kesehatan.

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil
Sering buang air kecil/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Rata-rata, manusia akan buang air kecil sebanyak 6 sampai 10 kali. Jika lebih dari itu, kemungkinan kamu mengalami overhidrasi. Tidak hanya karena terlalu banyak minum air putih, meski kamu minum air putih dalam jumlah normal namun tetap sering buang air kecil, bisa jadi karena kandung kemih terlalu aktif atau terlalu banyak konsumsi kafein.

Mengalami Diare atau Mual

Mual
Mual/Foto: Freepik.com/jcomp

Tanda overhidrasi sangat mirip dengan dehidrasi. Ketika kamu terlalu banyak minum air putih, ginjal kamu akan mencapai titik di mana tidak dapat membuang kelebihan cairan. Ini dapat menyebabkan sejumlah gejala, seperti mual, muntah, bahkan diare.

Mengalami Pembengkakan atau Perubahan Warna di Tubuh

Terjadi pembengkakan atau perubahan warna
Terjadi pembengkakan atau perubahan warna/Foto: Freepik.com/master1305

Dalam banyak kasus hiponatremia, orang akan mengalami pembengkakan atau perubahan warna yang nyata di tangan, kaki, dan bibir mereka. Ketika semua sel di seluruh tubuh membengkak, kulit akan ikut membengkak juga.

Jika kamu minum banyak air putih, ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan secara tiba-tiba karena pembengkakan dan kelebihan air dalam aliran darah.

Otot Terasa Lemah dan Mudah Kram

Mudah merasa kram
Mudah merasa kram/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Memiliki tubuh yang sehat adalah impian semua orang. Ketika kamu minum banyak air putih, kadar elektrolit kamu akan menurun dan mengganggu keseimbangan tubuh. Kadar elektrolit yang rendah dapat menyebabkan sejumlah gejala, termasuk kejang otot dan kram. 

Mudah Merasa Lelah

Mudah merasa lelah
Mudah merasa lelah/Foto: Freepik.com/Racool_studio

Ginjal bertanggung jawab menyaring air yang kamu minum melalui tubuh dan memastikan tingkat cairan dalam aliran darah tetap seimbang. Ketika kamu minum terlalu banyak air putih, ginjal akan bekerja jauh lebih keras yang nantinya menyebabkan reaksi stres dari hormon. Hal ini akan membuat tubuh kamu mudah merasa lelah.

Itulah 7 tanda overhidrasi yang mungkin tanpa sadar sedang kamu alami. Minum air putih memang sangat disarankan, namun dalam porsi yang cukup. Ingat, sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id