sign up SIGN UP

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Termasuk Bikin Program Diet Makin Sukses?

Zeyra Haya | Beautynesia
Kamis, 31 Mar 2022 17:30 WIB
5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan, Termasuk Bikin Program Diet Makin Sukses?
caption

Fenomena minyak goreng langka mendorong sebagian besar masyarakat mulai beralih pada jenis minyak yang lain. Salah satu jenis minyak yang banyak jadi pilihan adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa atau virgin coconut oil adalah minyak yang berasal dari olahan daging buah kelapa tua yang masih segar. Proses pembuatannya yang alami dan tanpa campuran zat kimia, membuat minyak kelapa mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Beralih ke Minyak Kelapa, Berikut 5 Manfaatnya yang Harus Kamu Tahu!

Minyak kelapa dikenal berkat segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan tekanan darah hingga memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer. Kandungan minyak kelapa yang alami juga sangat mudah ditemukan bahkan kini banyak digunakan pada produk-produk kemasan.

Beauties, siap beralih ke minyak kelapa? Berikut sederet manfaat minyak kelapa yang harus kamu ketahui. Simak yuk!

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Baik untuk kesehatan jantung, berikut sederet manfaat minyak kelapa/Foto: pexels.com/Tijana Drndarski
(Baik untuk kesehatan jantung, berikut sederet manfaat minyak kelapa/Foto: pexels.com/Tijana Drndarski)

Manfaat minyak kelapa salah satunya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung. komponen dalam minyak kelapa dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, sehingga minyak hasil dari olahan daging buah kelapa ini efektif menjaga serta meningkatkan kesehatan jantung.

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa meskipun seseorang mengonsumsi 60 persen kalori dari kelapa, tingkat penyakit jantungnya masih rendah. Hal ini dapat terbukti dengan kebiasaan orang Kitavan di Papua Nugini juga banyak mengonsumsi kelapa untuk menghindari penyakit stroke dan jantung.

2. Membantu Pembakaran Lemak

Manfaat minyak kelapa, cegah obesitas dan mempercepat pembakaran lemak/Foto: Pexels.com/Kamaji Ogino
(Manfaat minyak kelapa, cegah obesitas dan mempercepat pembakaran lemak/Foto: Pexels.com/Kamaji Ogino)

Selain mengandung kolesterol baik, minyak kelapa nyatanya juga dapat efektif membantu proses pembakaran lemak. Trigliserida rantai menengah atau MCT dalam minyak kelapa dapat lebih meningkatkan jumlah kalori yang dibakar tubuh jika dibandingkan dengan asam lemak rantai panjang.

Sebuah studi menemukan bahwa makan 15-30 gram MCT per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi 24 jam sebesar 5 persen. Hal ini tentu sangat baik agar tubuh terhindar dari ancaman obesitas. Selain itu, minyak kelapa pun sering kali digunakan banyak orang untuk melancarkan program dietnya. 

3. Mengandung Efek Antimikroba

Mampu halau virus dan bakteri, ini manfaat minyak kelapa sebagai bahan alami anti mikroba/Foto: Pexels.com/SHVETS production
(Mampu halau virus dan bakteri, ini manfaat minyak kelapa sebagai bahan alami anti mikroba/Foto: Pexels.com/SHVETS production)

Tak hanya sampai di situ, minyak kelapa juga mengandung asam laurat. Kandungan minyak kelapa yang satu ini diketahui dapat membunuh patogen berbahaya seperti bakteri, virus dan jamur.

Asam laurat pada minyak kelapa setidaknya akan membentuk sekitar 50 persen dari asam lemak. Saat tubuh mencerna asam laurat, akan terbentuk zat yang disebut dengan monolaurin. Inilah mengapa minyak kelapa juga memiliki manfaatefek antimikroba.

4. Menjaga dan Meningkatkan Fungsi Otak

Memiliki segudang manfaat, minyak kelapa juga baik untuk kesehatan otak hingga cegah Alzheimer/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska
(Memiliki segudang manfaat, minyak kelapa juga baik untuk kesehatan otak hingga cegah Alzheimer/Foto: Pexels.com/Karolina Grabowska)

Pemicu utama penyakit Alzheimer adalah lemak trans yang berlebihan. Oleh karena itu, mengganti minyak goreng atau margarin dengan minyak kelapa bisa jadi solusinya.

Minyak kelapa telah teruji sebagai minyak sehat bebas lemak trans, sehingga dapat bermanfaat menjaga kesehatan otak. Untuk meningkatkan fungsi otak, mulailah mengonsumsi minyak kelapa sebagai minyak goreng atau sekedar untuk campuran salad dan potongan buah.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Juga bermanfaat untuk kecantikan, minyak kelapa juga efektif melindungi kesehatan kulit dan rambut/Foto: Pexels.com/Gustavo Fring
(Juga bermanfaat untuk kecantikan, minyak kelapa juga efektif melindungi kesehatan kulit dan rambut/Foto: Pexels.com/Gustavo Fring)

Last but not least, minyak kelapa juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan alami minyak kelapa dapat membantu menjaga kesehatan kulit juga rambut.

Sebuah studi menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim. Tak hanya itu, minyak kelapa juga terbukti dapat menghalangi sekitar 20 persen sinar UV. Sehingga juga baik untuk melindungi rambut dari kerusakan.

Melansir dariDdetikNews, itulah sederet manfaat dari minyak kelapa. Beauties, tertarik mencoba pakai minyak kelapa?

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id