sign up SIGN UP

Optimalkan Fungsi Otak dengan Minum Air Putih, Ini 3 Tips yang Harus Diperhatikan

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Jumat, 14 Jan 2022 11:45 WIB
Optimalkan Fungsi Otak dengan Minum Air Putih, Ini 3 Tips yang Harus Diperhatikan
caption
Jakarta -

Beauties, kamu pasti sudah sering mendengar atau bahkan sudah menerapkan kebiasaan untuk meminum air putih selama dua liter per hari. Tapi, tahukah kamu? Selain dapat memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, minum air putih ternyata juga memiliki hubungan dengan kinerja otak dan memori, lho!

Berbekal fakta tersebut, kamu bisa memanfaatkan konsumsi air putih untuk meningkatkan kerja memorimu dengan tips-tips tertentu. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

Minum 350-450 ml Air Putih Setelah Bangun Tidur

Air Putih Optimalkan Otak/ Foto: Pexels/ Daria Shevtsova
Air Putih Optimalkan Otak/ Foto: Pexels/ Daria Shevtsova

Sebelum memulai hari, biasakan meminum air putih sebanyak 350 hingga 450 ml sesaat setelah bangun tidur di pagi hari ya, Beauties. Dilansir dari laman Psychology Today, tubuh yang terhidrasi dengan baik akan mempengaruhi mood dan keseimbangan mentalmu sebelum beraktivitas.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Pubmed menjelaskan lebih lanjut bahwa konsumsi air putih di sela-sela waktu istirahat dapat membuatmu lebih rileks, lebih fokus, dan lebih cepat dalam berpikir.

Untuk itu, selalu sediakan air mineral di dekatmu! Jika perlu, isi air dalam botol yang bisa kamu bawa kemana pun. Meski masih berkegiatan di dalam rumah, bawa botol air tersebut bersamamu. Jangan biarkan rasa malas pergi ke dapur malah membuat kamu dehidrasi. FYI, dehidrasi dapat memicu penyakit yang lebih serius seperti alzheimer dan sindrom parkinson. Seram!

Perhatikan Jenis Air Mineral yang Dikonsumsi

Air putih dapat membakar lemakIlustrasi minum air putih/Foto: Pexels/ Anna Shvets

Sebelum mengonsumsi air mineral, pastikan air yang kamu konsumsi terfiltrasi dengan baik dan terjaga kebersihannya. Tujuannya agar kamu tidak mengonsumsi zat-zat yang justru berbahaya bagi tubuh seperti kandungan fluorida berlebih atau bahkan partikel-partikel kapur.

Dilansir dari laman Plants Hospital, elektroda dari kandungan mineral yang imbang akan membantumu meningkatkan kinerja memori otak dan mengurangi rasa lesu dan stres. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk memilih air minum kemasan yang sudah kamu ketahui jelas kandungannya ya, Beauties.

Tambahkan Suplemen Hijau Pada Air Minum

Air Putih Optimalkan Otak/ Foto: Pexels/ Ivan Babydov
Air Putih Optimalkan Otak/ Foto: Pexels/ Ivan Babydov

Apakah kamu familiar dengan istilah suplemen hijau, Beauties? Suplemen hijau, atau juga disebut suplemen klorofil, adalah suplemen yang berisi campuran garam semi sintetik dari klorofil alami. Dilansir dari laman Water Benefits Health, membubuhkan suplemen hijau ke dalam air mineral sama seperti mengonsumsi kandungan superfood yang ada dalam berbagai sayuran, lho!

Jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat, meminum air mineral bersuplemen ini bisa menutrisi otak lebih dari sekedar asupan mineral, Beauties. Selain terhidrasi dengan baik, otak yang ternutrisi akan bekerja dua kali lipat lebih baik dari biasanya.

Itu dia tiga tips yang bisa kamu terapkan saat minum air putih untuk memaksimalkan kinerja otakmu. Meski memiliki segudang manfaat, tapi tetap seimbangkan asupan air mineralmu dengan nutrisi dari makanan yang bergizi ya, Beauties.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id