sign up SIGN UP

5 Minuman Tradisional Ini Menjadi Rahasia Kecantikan Banyak Perempuan Indonesia, Tertarik Mencobanya?

ira syafira | Beautynesia
Minggu, 15 Aug 2021 08:15 WIB
5 Minuman Tradisional Ini Menjadi Rahasia Kecantikan Banyak Perempuan Indonesia, Tertarik Mencobanya?
caption

Kecantikan tidak hanya dapat dijaga dari luar, namun bisa juga dari dalam. Salah satu cara yang telah dilakukan perempuan Indonesia sejak jaman dahulu adalah dengan mengonsumsi minuman tradisional atau jamu. 

Jamu merupakan warisan budaya nusantara yang menjadi minuman khas Indonesia dari bahan-bahan tanaman herbal alam dan rempah alami. Khasiat mengonsumsi jamu tidak hanya untuk kesehatan tubuh, namun juga kecantikan bagi para wanita. Jamu dapat membantu menurunkan berat badan, awet muda, mencegah bau badan, dan lain sebagainya. 

Jika kamu ingin menjaga kecantikan alami dari dalam, sepertinya kamu harus mencoba untuk mengonsumsi jamu. Mulai dari beras kencur hingga jamu pahitan, inilah beberapa jamu yang bisa kamu konsumsi.

1. Beras Kencur

Beras Kencur/Foto: Freepik/Jcomp
Beras Kencur/Foto: Freepik/Jcomp

Minuman yang satu ini sudah cukup dikenal oleh banyak perempuan dari berbagai kalangan, mulai anak muda hingga orang tua. Jamu beras kencur menjadi jamu herbal yang memiliki kemampuan menangkal radikal bebas, dimana ini merupakan salah satu penyebab penuaan.

Bahan-bahan dari beras kencur terdiri dari beras dan kencur yang diberikan tambahan asam, jahe, kunyit, kedaung, dan kapulaga, sehingga sangat pas dinikmati saat sedang dingin. Selain mencegah penuaan, beras kencur juga ampuh membuat kulit lebih cerah, mengatasi jerawat, dan membentuk tubuh tetap ramping.

2. Kunci Sirih

Kunci Sirih/Foto: Unsplash/Conscious Design
Kunci Sirih/Foto: Unsplash/Conscious Design

Kunci sirih menjadi ramuan jamu tradisional yang cukup melegenda. Manfaatnya pun sangat beragam, mulai dari mengurangi keputihan, mengatasi bau tak sedap, mencegah peradangan, hingga merapatkan area kewanitaan.

Jamu ini terbuat dari daun sirih dan temu kunci yang memiliki kaitan erat dengan kecantikan. Jika kamu ingin mencoba membuat sendiri di rumah, kamu cukup mengolah daun sirih dan temu kunci yang ditambahkan dengan gula merah. Jika ingin lebih terasa, coba untuk tambahkan kunyit, kencur, jahe, serai, hingga kayu manis ke dalamnya.

3. Kunyit Asam

Kunyit Asam/Foto: Freepik/Ededchechine
Kunyit Asam/Foto: Freepik/Ededchechine

Untuk jamu kunyit asam, sepertinya masyarakat sudah banyak yang mengenalnya. Sebagian besar orang menyebut bahwa jamu ini dapat memancarkan kecantikan alami seorang perempuan, sehingga penampilanmu akan tampak lebih menarik. 

Kunyit asam memiliki sifat antiinflamasi serta kandungan vitamin A dan C yang membuat kulit menjadi bersih dan bercahaya. Minuman ini juga bisa membantumu menurunkan berat badan, melancarkan haid, meredakan peradangan, mendetoks racun dari tubuh, hingga membuatmu tampak lebih awet muda.

Untuk membuatnya, kamu cukup sekedar merebus kunyit dan asam, lalu campurkan dengan gula merah asli. Rebus hingga mendidih dan sarinya tampak berwarna kekuningan, kemudian saring hingga tidak berampas. 

4. Sinom

Sinom/Foto: Unsplash/Fauzan H
Sinom/Foto: Unsplash/Fauzan H

Sinom biasanya diminum setelah meneguk jamu pahit. Mengonsumsi sinom tidak hanya berguna untuk meredakan rasa pahit, namun ternyata sinom juga memiliki banyak manfaat. Jamu sinom bisa membantu proses detoks dalam tubuhmu, membersihakan jerawat di wajah, hingga mencerahkan kulit.

Membuat simon di rumah juga bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa siapkan bahan-bahan seperti daun asam jawa atau disebut sinom, kapulaga, temulawak, kunyit, kayu manis, dan gula merah untuk menambah rasa manis kemudian campurkan bahan ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Terakhir, kamu bisa menyaringnya dan tuangkan ke dalam wadah.

5. Jamu Pahitan

Jamu Pahitan/Foto: Unsplash/Igor Miske
Jamu Pahitan/Foto: Unsplash/Igor Miske

Persis seperti namanya, jamu pahitan memang dikenal memiliki rasa yang pahit. Rasa pahit dari jamu ini berasal dari bahan-bahan yang digunakan, seperti sambiloto, brotowali, lempuyang, daun meniran, lengkuas, serai, temur ireng, widoro laut, danwidoro putih.

Jika kamu mengonsumsi minuman ini maka jerawatmu akan berkurang. Jamu pahitan akan membantu membersihkan pori-pori di wajahmu dari dalam, sehingga jerawat tidak akan muncul lagi. Selain itu, jamu ini juga bisa digunakan sebagai pencuci darah dan mengatasi masalah gatal di kulit. Walaupun pahit, namun banyak manfaat ya.

Beragam minuman tradisional atau jamu di atas bisa banget kamu coba, Beauties. Selain membantu menjaga tubuh tetap bugar, kamu akan lebih cantik luar dalam!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id