sign up SIGN UP

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Hebat dari Kebiasaan Makan Sayur Saat Program Diet

Yemima Prasetya Christiana Putri | Beautynesia
Kamis, 08 Sep 2022 06:45 WIB
Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Hebat dari Kebiasaan Makan Sayur Saat Program Diet
Ini Manfaat Hebat dari Kebiasaan Makan Sayur Saat Program Diet/Foto: Freepik.com/jcomp

Banyak ahli nutrisi, tenaga kesehatan, bahkan orangtua kita sendiri selalu mengingatkan untuk makan sayur sejak kita masih kecil. Saat masih kecil mungkin ibu kita mungkin akan memarahi jika kita tidak mau makan sayur. Ya, karena ibu tahu memang sayuran sangat baik untuk tubuh kita.

Kita tahu bahwa sayur mayur sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Bahkan saat kita menjalankan program diet kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak makan sayur.

Namun, karena alasan tertentu sering kali seseorang mengabaikan makan sayur dan hanya terfokus pada mengurangi lemak dan karbohidrat saat melakukan program diet. Berikut ini merupakan manfaat hebat dari kebiasaan makan sayur saat program diet yang dilansir dari Eating Well. Simak yuk!

1. Meningkatkan Serat dalam Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan serat agar jantung dan usus kita selalu sehat/Foto: id.pinterest.com/Sepanta Irani
Sayur Mayur/Foto: id.pinterest.com/Sepanta Irani

Tubuh kita sangat membutuhkan serat agar jantung dan usus kita selalu sehat. Saat kita kekurangan serat, yang paling sering dirasakan adalah susah buang air besar.

Selain itu, serat dalam sayuran juga membuat kita selalu kenyang. Dengan menambahkan sayur mayur pada menu dietmu sangatlah berguna, karena serat dalam sayur dapat mengurangi rasa lapar saat menjalani program diet.

2. Meremajakan Kulit

Kandungan air yang tinggi pada sayuran dapat membuat kulit kita tampak cerah bercahaya karena kulit kita selalu terhidrasi/Foto: freepik.com/Freepik
Ilustrasi kulit yang sehat/Foto: freepik.com/Freepik

Kandungan air yang tinggi pada sayuran dapat membuat kulit tampak cerah bercahaya karena kulit kita selalu terhidrasi. Jika kadar air dalam kulit kita cukup, maka kulit akan terasa kenyal dan lebih elastis.

Terlebih saat kita bepergian di siang hari, tentunya kita mengoleskan tabir surya di kulit kita bukan? Nah, sayur tomat yang kadang kita anggap sepele justru memberikan manfaat yang bagus untuk menyempurnakan kegunaan tabir surya tersebut, sebab tomat memiliki kandungan likopen yang dapat membantu melindungi kulit dari sengatan matahari.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

sayuran dapat membantu menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh serta mengurangi tekanan di jantung kita/Foto: id.pinterest.com/Ramazingmom
Ilustrasi sakit jantung/Foto: id.pinterest.com/Ramazingmom

Penyakit jantung merupakan hal sangat ditakuti oleh banyak orang karena serangannya yang mendadak dan berakibat fatal. Sayuran memiliki kandungan potasium, serat, dan banyak nutrisi untuk jantung kita.

Menambahkan sayuran ke dalam menu diet kita akan membantu menyeimbangkan kadar lemak dalam tubuh serta mengurangi tekanan di jantung kita. Meskipun semua sayuran bermanfaat untuk kesehatan jantung, namun sayuran hijau dan tomat merupakan sayur terbaik untuk kesehatan jantung.

4. Menutrisi Otak

sayuran hijau banyak mengandung antioksidan dan folat yang dapat mencecgah penyakit Azhemier dan demensia/Foto: freepik.com/cookie_studio
Ilustrasi seorang yang mudah lupa/Foto: freepik.com/cookie_studio

Tentunya kita tidak mau dikatakan pikun di saat usia masih muda, bukan. Oleh sebab itu kita harus rajin makan sayuran hijau.

Karena sayuran hijau banyak mengandung antioksidan dan folat, maka penyakit Azhemier dan demensia akan jauh-jauh dari otak jika kita rajin makan sayuran hijau.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

kita wajib mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin C agar tubuh tetap sehat dan kuat/Foto: id.pinterest.com/POPSUGAR
Ilustrasi tubuh yang bugar/Foto: id.pinterest.com/POPSUGAR

Kita tahu bahwa masa sekarang ini banyak penyakit dan virus bertebaran di udara. Meski sudah memakai masker dan minum multivitamin, tetap saja tubuh kita masih bisa terserang penyakit.

Untuk itu, kita wajib mengkonsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin C seperti yang ada pada sayur brokoli dan paprika. Selain itu, untuk menjaga kekebalan tubuh kita juga perlu protein yang bisa didapatkan melalui mengonsumsi biji-bijian dan buah-buahan.

Bagaimana Beauties, masih malas untuk mengonsumsi sayuran? Mulai sekarang tambahkan banyak sayuran ke dalam menu makananmu agar program dietmu semakin maksimal, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id